Home Featured Ingin Kadar Kolesterol Turun? Ini 8 Tips Memasak Sehat di Rumah

Ingin Kadar Kolesterol Turun? Ini 8 Tips Memasak Sehat di Rumah

by Erlita

Saat kolesterol tinggi tak kunjung turun dan normal juga atau malah yang tadinya rendah kemudian melonjak drastis, ini berpotensi besar disebabkan oleh asupan makanan yang kurang sehat. Jika Anda suka memasak sendiri di rumah, maka beberapa tips ini bisa ditengok agar kolesterol tinggi dapat Anda turunkan secara alami.

  1. Tidak Makan Makanan Kemasan

Jika biasanya lebih banyak mengonsumsi makanan-makanan kemasan sehingga kenaikan kadar kolesterol dalam darah tak terkontrol, kini saatnya untuk beralih pada masakan sendiri yang sehat. Hindari makanan kemasan karena kaya akan kandungan pengawetnya, apalagi makanan instan. Ada banyak kok masakan praktis yang tidak harus pakai bahan dan makanan kemasan.

  1. Memakai Minyak Sehat

Daripada menggunakan minyak goreng biasa apalagi mentega yang sangat berisiko meningkatkan kadar kolesterol, cobalah untuk memasak menggunakan minyak yang sehat. Minyak zaitun atau canola adalah yang paling baik karena kandungan lemak yang rendah. Minyak bunga matahari pun termasuk minyak sehat yang bisa dicoba lho.

  1. Memasak Lebih Banyak Sayuran

Protein hewani memang tubuh butuhkan, hanya saja penting untuk menggantinya dengan protein nabati beberapa kali seminggu secara bertahap supaya kolesterol yang sudah tinggi bisa berangsur turun dan normal. Masaklah polong-polongan, kacang-kacangan, tahu atau juga lentil; pelan-pelan, yang tadinya sering makan daging sapi pun bisa diganti dengan ikan yang menawarkan asam lemak omega-3 tinggi.

  1. Memasak Daging Tanpa Lemak

Supaya jauh lebih aman dan kolesterol tinggi bisa normal kembali, pastikan untuk memilih daging fillet, yakni bagian dada ayam misalnya lalu hindari kulit ayam. Kalau Anda penggemar daging sapi, daging bagian kepala, has dalam, has luar, paha depan, dan round adalah yang paling rendah kandungan lemaknya sehingga sangat pas kalau ingin mengonsumsi dalam rangka diet rendah kolesterol.

  1. Membuat Makanan Crispy Tiruan yang Lebih Sehat

Mungkin Anda suka mengonsumsi makanan-makanan yang renyah? Buat saja makanan yang renyah atau crispy tanpa digoreng dengan minyak, melainkan menggunakan teknik goreng oven di mana ini merupakan tiruan yang aman dan sehat karena lemaknya rendah.

Cukup minyak zaitun bisa Anda sempritkan ke daging tanpa lemak yang Anda pilih untuk konsumsi, beri bubuhan tepung roti gandum secara merata, dan pangganglah di dalam oven. Daging yang crispy seperti biasanya tetap bisa Anda nikmati tapi dengan risiko kolesterol tinggi yang lebih kecil.

  1. Menerapkan Teknik Memanggang

Jika ingin memasak yang sehat, salah satu metode pengolahan makanan yang bisa diterapkan adalah memanggang, apalagi untuk daging-dagingan. Daging tanpa lemak yang sudah dipilih bisa dipanggang di atas rak atau panci kering yang memungkinkan tetesan lemak dari daging bukannya mengendap tapi bisa jatuh.

Tak ada salahnya juga meneteskan perasan jeruk, memberi sedikit bumbu rempah dan garam secukupnya sebagai penambah cita rasa sekaligus membuat daging tetap lembab tak kering. Selain rendah kolesterol, cara ini tetap membuat daging beraroma sedap, jadi layak dicoba.

  1. Memasak Putih Telur

Karena kuning telur cukup berbahaya kalau dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi dan mampu meningkatkan potensi kenaikan kadar kolesterol lebih lagi, masaklah bagian putihnya saja jika ingin makan telur. Protein sehat pada bagian putihnya bakal menjauhkan Anda dari risiko jenis-jenis penyakit jantung. Sebagai pengganti nutrisi dari telur utuh, masaklah dua putih telur.

  1. Memakai Dressing dan Saus Lemak Rendah

Dressing pada salad yang kita kira selama ini aman sebenarnya mampu menambah jumlah lemak dan kolesterol dalam tubuh; sebab faktanya 10 gram lemak ada pada seporsi mayones lho. Jika ingin tetap menikmati salad, sandwich, atau segala makanan yang memerlukan dressing, buatlah menggunakan saus apel, minyak zaitun, greek yogurt atau dressing dan saus lainnya yang pasti rendah lemak.

Kalau selama berpuasa Anda cukup khawatir menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah, semoga tips memasak tersebut bisa bermanfaat agar diet rendah kolesterol selama bulan Ramadhan tetap berjalan lancar. Tak ada salahnya tetap konsisten mengurangi makanan-makanan yang mengandung kolesterol tinggi selama berpuasa agar tidak jatuh sakit usainya.

You may also like