Agar Saat Mudik Tubuh Tidak Drop, Intip 7 Tips Jaga Kebugaran

313

Memasuki masa mudik lebaran, antusias jelas boleh, tapi jangan sampai lupa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar liburan menjadi lebih memuaskan. Karena musim mudik lebaran rentan penyakit dan berbagai gangguan kesehatan dari kontaminasi bakteri, polusi, makanan yang kurang bersih, hingga tertular penyakit dari orang lain, jadi inilah beberapa tips jaga kesehatan selama mudik.

  1. Menambah Asupan Vitamin C

Sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tak gampang sakit, setiap hari pastikan asupan vitamin C Anda terpenuhi dengan baik, entah itu dari suplemen vitamin ataupun dari sumber makanan yang mengandung vitamin C langsung. Penambahan multivitamin lain juga boleh dilakukan disesuaikan dengan kondisi tubuh saja.

  1. Olahraga

Menjelang mudik, ada baiknya mulai mempersiapkan fisik dengan baik, seperti berolahraga lebih rutin. Tak perlu latihan fisik yang terlalu berat, jogging hingga keringat keluar atau jalan kaki selama 30 menit setiap pagi boleh dicoba. Ketika daya tahan tubuh terjaga baik, penyakit tak akan mudah menyerang jadinya.

  1. Cukup Istirahat

Sebelum dan selama mudik lebaran, penting untuk banyak-banyak beristirahat atau setidaknya beristirahat secara cukup dan disiplin dalam melakukannya. Kualitas tidur yang baik adalah 7-8 jam setiap harinya, hal ini penting untuk mencegah tubuh cepat lelah apalagi jika harus mengemudi sendiri pada saat mudik.

Kalaupun sudah dalam kondisi perjalanan mudik dan merasa lelah sekaligus mengantuk, jangan paksakan diri untuk melanjutkan perjalanan. Berhentilah sebentar dan ambil waktu untuk beristirahat atau tidur supaya energi bisa terisi kembali. Memaksakan diri hanya akan memperbesar potensi kecelakaan lalu lintas.

  1. Mengasup Makanan Bernutrisi Tinggi

Mudik lebaran memerlukan fisik yang kuat dan segar, oleh sebab itu olahraga dan istirahat belum cukup kalau asupan makan kurang dijaga. Konsumsilah makanan tinggi serat dan mulailah membatasi makanan-makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi pada waktu sahur dan berbuka. Penuhi juga asupan sumber lemak baik, protein, karbohidrat, mineral dan berbagai vitamin.

  1. Minum Air Putih Cukup

Tubuh perlu dihindarkan dari dehidrasi, oleh sebab itu minumlah cukup air putih sekalipun di akhir masa puasa. Tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi 2 liter air agar tubuh tetap segar dan kekebalan tubuh terjaga baik. Hal ini juga menjadi salah satu cara mencegah terkena jenis penyakit menular.

  1. Rajin Mencuci Tangan

Saat mudik, mungkin kita perlu berhenti di area peristirahatan beberapa kali, pada waktu inilah jangan sampai lupa untuk mencuci tangan. Karena tangan kita telah menyentuh banyak benda, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, sekaligus sehabis penggunaan toilet umum. Selalu bawa ke manapun juga hand sanitizer serta tisu basah untuk menjaga agar tangan tetap bersih.

  1. Mengenakan Masker

Masker kesehatan juga menjadi salah satu barang wajib bawa dan pakai ketika mudik. Bukan hanya para pengendara sepeda motor saja yang perlu mengenakannya, melainkan siapa saja yang menempuh perjalanan mudik ke kampung halaman demi menghindari polusi.

Penggunaan masker kesehatan mencegah kita menghirup virus dan bakteri yang ada di mana-mana. Ingat bahwa saat kita mudik dan bertemu banyak orang, kuman dapat bertebaran dan udara kotor dapat secara tak sengaja kita hirup yang menyebabkan penyakit menyerang, seperti halnya flu dan batuk.

Ada baiknya sebelum mudik, 1-2 minggu sebelumnya sudah cek kesehatan lebih dulu ke dokter. Perhatikan juga setiap tips tersebut dan kiranya bermanfaat dalam menjaga kebugaran tubuh supaya penyakit tak gampang menyerang. Kalau tubuh sehat, waktu lebaran bersama keluarga akan terasa lebih puas dan lebih menyenangkan.