12 Cara Membuang Zat Purin Dalam Tubuh dengan Bahan Alami Paling Ampuh

Purin merupakan zat alami yang ada dalam sel hewan dan juga sayuran, namun sel purin lebih tinggi berada dalam sayuran dibandingkan pada daging. Purin yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan di metabolisme menjadi asam urat, Pada dasarnya, ini merupakan proses yang normal dan juga sehat dan asam urat sendiri berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi pembuluh darah. Akan tetapi, dalam beberapa kasus seperti masalah pada ginjal akan membuat kadar purin dalam tubuh terlalu berlebihan dan akhirnya terjadi asam urat atau gout. Agar terhindar dari penyakit asam urat ini, maka zat purin dalam tubuh harus dikeluarkan agar kadarnya tidak berlebihan. Berikut ini, kami akan memberikan cara membuang zat purin dalam tubuh yang paling efektif dan sangat direkomendasikan.

  1. Jus Lemon

Selain bisa digunakan sebagai cara menurunkan kreatinin dan ureum secara alami, jus lemon juga sangat baik untuk menurunkan kadar purin dalam tubuh. Meskipun jus lemon memiliki rasa yang asam, namun buah ini menghasilkan efek alkalin yang akan sangat membantu dalam menetralkan purin. Selain itu, kandungan vitamin C dalam lemon akan menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

  • Peras 1 buah lemon dalam 1 gelas air hangat dan minum pagi saat perut masih kosong.
  • Lakukan cara ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu.
  • Cara lain adalah dengan mengkonsumsi vitamin C dan untuk dosis yang tepat bisa dikonsultasikan dengan dokter.
  1. Cuka Apel

Cuka apel sangat baik dikonsumsi untuk agen pembersih dan juga detoksifikasi alami. Cuka apel sangat baik dalam membuang purin berlebih dalam tubuh dan kandungan asam malatnya akan menghilangkan asam urat. Selain itu, cuka apel juga sangat baik untuk menyeimbangkan asam basa dalam tubuh dan memberikan manfaat lain yakni antioksidan dan anti inflamasi.

  • Campur 1 sendok teh cuka apel murni organik dalam 1 gelas air.
  • Konsumsi minuman ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.
  • Tingkakan jumlah sari apel sampai 2 sendok makan setiap gelas air dan lakukan secara teratur sampai purin dalam tubuh bisa seimbang.
  1. Baking Soda

Baking soda atau sering juga disebut dengan bikarbonat soda juga sangat baik untuk membuang zat purin berlebih di dalam tubuh sekaligus mengurangi kadar asam urat. Baking soda akan menyeimbangkan alkalin alami di dalam tubuh dan membuat purin lebih larut sehingga mudah untuk dikeluarkan dari organ ginjal.

  • Campur 1 1/2 sendok teh baking soda dengan 1 gelas air.
  • Minum air ini sebanyak 4 gelas setiap hari dan lakukan selama 2 minggu berturut turut.
  • Konsumsi campuran ini selama 2 sampai 4 jam sekali.
  • Apabila kadar purin sudah kembali normal, hentikan mengkonsumsi air ini karena bisa menyebabkan darah tinggi.
  1. Minyak Zaitun

Semua jenis minyak nabati akan menjadi lemak yang tengik apabila mengalami proses pengolahan atau dipanaskan. Lemak ini nantinya akan menghilangkan kandungan vitamin E dalam tubuh dimana vitamin ini sangat penting untuk mengendalikan purin. Gunakan minyak zaitun untuk mengganti minyak sayur atau mentega saat memasak sebab bahaya lemak jenuh dalam mentega tidak baik untuk kesehatan. Dalam minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang akan tetap stabil apabila digunakan untuk memasak ditambah lagi dengan kandungan antioksidan tinggi yang memberikan efek anti inflamasi.

  1. Minum Banyak Air

Mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup akan mengoptimalkan penyaringan asam di dalam tubuh. Air akan melancarkan purin dan merangsang organ ginjal untuk menghilangkan jumlah purin berlebih di dalam tubuh.

Terapi air putih ini juga baik untuk mengurangi kambuhnya asma urat secara berulang kali. Menurut penelitian pada tahun 2009 oleh American College of Rheumatology ditemukan jika mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air per hari akan menurunkan risiko asam urat.


  1. Ekstrak Biji Seledri

Ekstrak biji seledri juga baik dikonsumsi untuk menghilangkan penumpukan asam urat di dalam tubuh. Dalam riset dibuktikan jika ada 12 jenis antioksidan yang berbeda dalam seledri dan berperan penting  seperti asam fenolik, asam caffeic, flavaols seperti quercetin dan juga asam ferulic. Seledri baik di konsumsi untuk mengurangi radang seperti nyeri sendi, asam urat, infeksi hati, infeksi ginjal, radang usus, kelainan kulit, iritasi usus besar dan juga infeksi saluran kemih.

  • Haluskan beberapa daun seledri bersama air hingga menjadi jus lalu konsumsi sampai habis.
  • Cara lainnya adalah mengkonsumsi suplemen seledri atau mencampurnya dengan makanan sehari hari.
  1. Minyak Ikan

Minyak ikan juga menjadi cara terbaik untuk membuang zat purin dari dalam tubuh. Minyak ikan juga bertindak untuk menurunkan risiko encok karena kandungan omega 3 dalam minyak ikan tersebut. Purin yang menyebabkan asam urat, radang sendi dan artritis sangat baik untuk menurunkan kadar purin sekaligus mengurangi peradangan.

  1. Jus Ceri Hitam

Dalam ekstrak ceri hitam juga menjadi penurun purin tubuh yang sangat aktif. Penelitian yang sudah diterbitkan Arthritis &  Rheumatism membuktikan jika jus ceri hitam sangat baik untuk menurunkan risiko batu ginjal, mengurangi inflamasi dan juga menurunkan kadar purin didalam tubuh.


  1. Alpukat

Salah satu jenis mineral yang sangat baik untuk menghilangkan zat purin dari tubuh adalah potassium. Para ahli merekomendasikan untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan potassium seperti salah satunya adalah alpukat.

  1. Produk Susu

Mengatasi purin berlebih dalam tubuh juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi produk susu yang juga sangat baik untuk menurunkan risiko asam urat karena kandungan asam orotic dalam susu rendah lemak dan skim selain tinggi akan protein dan kalsium. Produk susu ini dapat mengurangi reabsorpsi asam urat sekaligus meningkatkan proses pembuangan purin lebih cepat.

  • Minum sekitar 1 sampai 3 gelas susu skim setiap hari atau menambahkan produk susu lain ke dalam makanan harian anda.
  • Namun untuk susu kedelai tidak disarankan karena bisa meningkatkan kandungan purin dalam tubuh.
  1. Jahe dan Kunyit

Jahe dan kunyit merupakan anti inflamasi yang sangat kuat yang berguna untuk menurunkan kadar purin serta pembengkakan. Anda bisa merebus jahe dan kunyit dengan air lalu dikonsumsi dengan teratur. Cara lainnya adalah dengan menambahkan jahe serta kunyit dalam masakan atau juga bisa dikonsumsi langsung.

  1. Nanas

Buah nanas yang mengandung enzim bromelain sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar purin di dalam tubuh. Buah nanas ini sangat tinggi akan kandungan vitamin C yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat sekaligus menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan dan juga beberapa jenis penyakit lainnya.

Demikian ulasan dari kami mengenai cara membuang zat purin dalam tubuh yang sangat direkomendasikan. Jangan lupa juga berolahraga dan mengurangi stress agar kadar purin dalam tubuh bisa tetap dijaga dengan baik dan tidak berlebihan.

, ,
Post Date: Monday 13th, November 2017 / 06:33 Oleh :
Kategori : Kimia