Terapi Air Putih – Cara Kerja dan Manfaat

Air merupakan unsur pembentuk yang penting bagi tubuh manusia. Menurut beberapa studi, tubuh manusia terdiri dari 75% air termasuk pada sel tubuh, jaringan tubuh, dan organ tubuh yang lain. Hal ini cukup menjadi alasan kenapa kekurangan air dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Kekurangan asupan air dapat membuat seseorang hilang konsentrasi, cepat lupa, dan mudah merasa lelah. Hal ini berdampak pada kehidupan sehari-hari terutama bagi anda yang diharuskan selalu tampil aktif setiap hari. Berbeda dengan jenis air yang lain, air putih tidak berasa, tidak berbau, tidak mengandung unsur logam berat, serta tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh.

Dalam menentukan air putih memenuhi standar konsumsi atau tidak, pemerintah telah menyediakan alat pengukur kemurnian air yang dikenal dengan Total Dissolved Solid Meter (TDS). Pembagian kategori air berdasarkan total zat yang dikandungnya adalah sebagai berikut:

  • >100 ppm: bukan air minum.
  • 10-100 ppm: air minum.
  • 0 ppm: air organik.

Kandungan Air Putih

Sebagian besar kandungan air putih adalah H2O. Namun tidak hanya itu, air putih juga mengandung unsur kimia seperti merkuri, ferrum, dan aluminium. Dalam memilih konsumsi air putih bagi anda serta keluarga sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Ketika air tanah yang dikonsumsi ternyata terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya maka bukannya kesehatan tubuh yang terjaga, melainkan timbulnya penyakit baru. Ada beberapa jenis kontaminan pada tanah yang bisa mencemari air, seperti:

  • Arsenik yang dapat menyerang hati dan juga bersifat karsinogen
  • Kalium karbonat yang dapat menyebabkan batu ginjal
  • Kuprum peroksida yang dapat menyerang sistem syaraf serta penyebab kanker karena bersifat karsinogen
  • Besi peroksida yang dapat menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme
  • Aluminium sulfat yang dapat menyerang ginjal dan syaraf

Dengan banyaknya zat yang dapat mencemari air tentu anda harus berhati-hati dalam memilih air minum yang berguna untuk kebutuhan konsumsi anda sehari-hari.

Kegiatan kita sehari-hari membuat kita banyak kehilangan air sehingga harus segera diganti dengan cara menambah asupan kita terhadap air. Menjaga asupan air supaya tercukupi dapat dilakukan dengan cara memperbanyak minum serta makanan yang mengandung banyak air di dalamnya. Ketika kadar air di dalam tubuh menurun, maka kinerja tubuh akan semakin menurun serta mudah merasa lesu dan lemah. Mengonsumsi 8-10 gelas setiap hari akan membantu tubuh anda dalam memproduksi darah serta meningkatkan imunitas pada tubuh. Air minum yang dikonsumsi secara cukup juga membantu memurnikan tubuh dan mampu membuat usus besar bekerja dengan lebih efektif. Hal ini berhubungan dengan pembentukan darah baru melalui gizi yang kita serap pada tiap harinya. Air putih telah banyak digunakan terutama untuk menunjang kesehatan tubuh dimana salah satunya adalah dengan cara melakukan terapi air putih.

Terapi air putih merupakan salah satu jenis metode terapi yang menggunakan air putih sebagai bahan utama terapinya. Metode yang pertama kali dilakukan oleh negara China ini mampu membuat tubuh bekerja secara maksimal dalam meregenerasi sel-sel di dalam tubuh. Melakukan terapi air putih dapat membantu tubuh kita dalam meningkatkan fungsi vital tubuh serta membuang racun dan limbah melalui urin dan keringat. Bukan hanya itu, terapi air putih juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengatasi asma, alergi, gangguan ginjal, migrain, mengatasi kulit keriput serta mencegah hipertensi.

Cara Kerja

Mengonsumsi air putih secara tepat dengan takaran yang benar mampu membuat tubuh manusia terhindar dari racun penyebab penyakit. Hal ini dikarenakan air putih mampu meluruhkan racun dalam tubuh dan membuangnya melalui keringat dan urin. Mengonsumsi air putih membantu kinerja usus besar untuk lebih efektif dalam membentuk darah baru bagi tubuh atau yang sering disebut pula dengan hematopoiesis. Ketika usus bersih, maka asupan makanan yang berupa zat gizi dapat diserap secara optimal dan disebarkan secara merata ke seluruh bagian tubuh.

1. Untuk Kesehatan Tubuh

Air putih yang kita konsumsi setiap hari bisa kita dapatkan secara gratis atau mungkin bisa didapatkan dengan harga yang murah. Namun demikian, dengan harga yang murah tersebut, air putih ternyata memiliki khasiat yang sangat besar bahkan dalam mengatasi beragam penyakit kronis sekalipun. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat-obatan, mengupah dokter, atau mungkin membayar suntikan untuk mengatasi penyakit yang anda derita. Meski dianggap sepele dan hanya dianggap sebagai penghilang dahaga namun nyatanya air putih dapat digunakan untuk mengatasi beragam penyakit, seperti: diareTBC, sakit kepala, asma, darah tinggi, anemia, diabetes, bronkitis, gangguan mata, lumpuh, bahaya rematik, radang otak, menstruasi yang tidak teratur, kelebihan berat badan, batu ginjal, penyakit pada saluran kencing, asam urat, wasir, batuk, pusing, kanker payudara, gangguan jantung, radang tenggorokan, radang selaput lendir, dsb. Beragam jenis penyakit tersebut, bukan hanya daftar penyakit ringan melainkan juga penyakit kronis yang dapat disembuhkan melalui terapi air putih.


Cara kerja terapi air putih untuk kesehatan yaitu pada pagi hari setelah anda bangun tidur konsumsi air putih sebanyak 1,5 liter. Jika diukur dengan gelas setara dengan 5-6 gelas. Sebaiknya menggunakan air hangat ketika konsumsi air pertama kali saat bangun tidur. Konsumsi air hangat membantu memberi rasa nyaman pada perut dan membantu proses pencernaan. Selanjutnya beri waktu sebelum anda mengonsumsi makanan rendah serat serta makanan yang memiliki kadar air tinggi. Hal ini dilakukan supaya tubuh dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan air hangat yang dikonsumsi. Bagi para pemula, kebiasaan mengonsumsi air hangat di pagi hari terasa sulit untuk dilakukan, namun seiring berjalannya waktu tubuh akan mulai beradaptasi sehingga anda juga akan terbiasa.

Untuk pemula dapat mengonsumsi 4 gelas terlebih dahulu dan setelah 2 menit kemudian dapat dilanjutkan dengan mengonsumsi 2 gelas sisanya. Pada awal terapi dilakukan, anda akan sering buang air kecil sebanyak 2-3 kali dalam waktu satu jam namun setelah terbiasa durasi buang air kecil akan kembali normal.Bagi mereka yang secara konsisten melakukan terapi air putih ini dapat membantu proses penyembuhan mulai dari jenis penyakit yang ringan hingga penyakit berat sekalipun. Berikut ini beragam jenis penyakit yang berdasarkan pengalaman dapat disembuhkan melalui terapi air berikut waktu penyembuhannya:

  • Tekanan darah tinggi waktu penerapan hingga 30 hari.
  • Diabetes waktu penerapan 1 bulan.
  • Konstipasi (susah BAB) lama melakukan terapi yaitu 10 hari.
  • Gastritis (asam lambung tinggi) lama melakukan terapi 10 hari.
  • Kanker lama melakkan terapi 8 bulan.
  • Jantung lama melakukan terapi 1 bulan.
  • TBC lamanya lama melakukan terapi 3 bulan.

Ada banyak beragam penyakit yang bisa disembuhkan melalui terapi air ini. Akan tetapi proses penyembuhan harus disesuaikan dengan beragam keadaan seperti iklim, cuaca, aktivitas yang dilakukan, serta pikiran. Bagi anda yang memiliki gaya hidup kurang sehat dapat memicu timbulnya penyakit baru meskipun anda telah melakukan terapi ini. Oleh karena itu, anda harus mengimbangi terapi air putih dengan cara hidup sehat.

2. Untuk Kecantikan

Sama seperti organ lainnya pada tubuh kita, maka kulit juga terbuat dari susunan sel yang memerlukan air supaya dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Dalam hal ini air putih dapat membantu sel tubuh dengan cara dikonsumsi secara cukup.

Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari membuat penampilan wajah anda cantik dan terawat. Hal ini dikarenakan air putih menjaga kebersihan wajah dengan menghilangkan beragam kotoran yang menyebabkan timbulnya jerawat ataupun flek hitam. Hebatnya lagi air putih yang dikonsumsi secara rutin sebanyak 8 gelas perhari mampu mencegah datangnya keriput atau penyebab penuaan dini. Air yang dikonsumsi mampu membuat sel pada kulit terhidrasi dengan baik sehingga membuat anda terhindar dari penuaan dini. Mengonsumsi air putih juga berfungsi untuk menghindari gejala dermatitis dan psoriasis.

Secara rutin mengonsumsi air dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh serta meningkatkan sistem pencernaan sehingga racun yang berada di dalam tubuh dapat dibuang. Hal inilah kenapa air putih bukan hanya baik untuk kesehatan melainkan juga bagus untuk perawatan kulit.

artikel terkait: kebiasaan baik untuk kecantikan dan kesehatan

3. Untuk Menurunkan Berat Badan

Ketika seseorang kehilangan cairan entah karena aktivitas atau hal lain, maka kinerja ginjal akan terganggu sehingga menumpahkan kelebihan beban pada organ hati. Hati yang bertugas membakar lemak untuk dijadikan energi, tentu akan kesulitan karena beban yang semakin berat. Hal inilah kenapa hati yang kinerjanya terlalu berlebihan, tidak dapat melakukan pembakaran lemak sebagai mana mestinya dan malah menyimpan lemak tersebut pada tubuh. Mengonsumsi air putih secara cukup dapat mencegah penyimpanan lemak sehingga menghindarkan anda dari berat badan yang berlebih. Menurunkan berat badan ternyata dapat dilakukan dengan cara melakukan terapi air putih dengan cara sebagai berikut:

  • Mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari – membuat pencernaan tubuh lancar serta mampu membantu kinerja ginjal dalam tubuh dan melancarkan sistem metabolisme tubuh. Bagi beberapa orang yang belum terbiasa akan mengalami kesulitan bahkan berali-kali harus bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Namun setelah beberapa kali melakukan, tubuh akan mulai beradaptasi sehingga memudahkan anda dalam melakukan terapi air.
  • Minum air putih sebelum makan – merupakan hal yang harus dibiasakan. Mengonsumsi air putih sebelum makan membantu anda untuk merasa kenyang sehinga porsi makan berkurang. Hal ini baik bagi anda yang susah menahan keinginan untuk makan. Selain itu, ada baiknya anda menghindari ngemil yang berlebihan. Keinginan untuk ngemil bisa anda tekan dengan mengonsumsi air putih untuk mengisi perut anda supaya tidak merasa lapar.
  • Imbangi dengan melakukan olahraga
  • Menjaga pola asupan makan – dengan memperbanyak makan sayur dan buahan-buahan bagus untuk kesehatan sekaligus untuk menutrisi tubuh anda. Dibandingkan mengonsumsi jenis minuman lain yang telah diberi banyak pewarna, pengawet, dan perasa buatan, air putih merupakan air yang lebih baik dari segala jenis air tersebut. Dalam melakukan diet dengan air putih, anda masih bisa mengonsumsi air jus namun tidak diberi tambahan pemanis berupa gula.

artikel terkait: cara menurunkan berat badan – cara mencegah obesitas

Manfaat

Secara umum air putih merupakan minuman sehat yang bagus untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari. Berbeda dengan ragam jenis minuman lain yang telah banyak diberi campuran supaya memiliki rasa serta warna yang menarik, maka air putih terhindar dari hal-hal tersebut. Adapun manfaat air putih secara umum bagi kesehatan adalah untuk:

1. Menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi

Kekurangan cairan atau dehidrasi merupakan gejala tubuh yang tidak mendapatkan asupan air secara cukup. Perlu diketahui tubuh manusia terdiri dari 50% – 70% dari air dan kekurangan cairan menjadi masalah serius yang segera harus ditangani. Mencukupi kebutuhan tubuh akan air putih membantu organ-organ tubuh anda secara lebih baik dalam melakukan tugasnya. Selain itu, mengonsumsi air minum yang cukup juga dapat melancarkan sirkulasi darah, membantu melancarkan pencernaan, membantu produksi air liur, membantu penyerapan nutrisi pada seluruh bagian tubuh serta untuk mempertahankan suhu tubuh supaya tetap normal.

Otak kita terdiri dari 90% air dan 75% jaringan tubuh dan otot tubuh kita terdiri dari air. Inilah kenapa setiap kita kekurangan cairan, maka otak kita akan berkurang kinerjanya sehingga menyebabkan mudah lupa serta daya konsentrasi pun terhambat. Bagi anda yang banyak melakukan aktivitas yang membuat anda mengeluarkan lebih banyak keringat, tentu anda membutuhkan air minum yang cukup untuk mengganti cairan tubuh anda yang hilang melalui keringat. Keringat sendiri merupakan salah satu proses alami oleh tubuh untuk menurunkan suhu tubuh.

artikel terkait: bahaya dehidrasi – bahaya akibat kurang minum air putih

2. Melancarkan sistem pencernaan

Air yang dikonsumsi secara cukup mampu membantu kinerja ginjal dalam melakukan tugasnya. Bagi anda yang kekurangan cairan, maka gangguan pencernaan seperti halnya sembelit akan sering dialami. Untuk mengatasi gangguan pencernaan tentu mengonsumsi air putih secara cukup merupakan pilihan yang tidak boleh ditawar.

artikel terkait: cara menjaga kesehatan lambung dan usus

3. Menjaga kesehatan otot

Otot merupakan bagian tubuh yang terdiri dari air sebanyak kurang lebih 75%. Mengonsumsi air yang cukup meghindarkan kita dari terjadinya kram otot serta menjaga kontraksi otot agar tetap normal.

artikel terkait: kelelahan otot

4. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Air putih yang dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang cukup setiap hari membantu mengeluarkan racun melalui keringat ataupun urin. Hal ini tidak berlaku jika tubuh anda kekurangan cairan.

artikel terkait: makanan untuk detoksifikasi tubuh

5. Mencegah penyakit jantung

Orang yang terbiasa mengonsumsi air putih lebih dari 5 gelas pada tiap harinya dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung sebesar 41%. Perlu diketahui bahwa penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak boleh disepelekan karena bisa membahayakan jiwa penderitanya.

artikel terkait: cara menjaga agar jantung tetap sehat

6. Mencegah penyakit batu ginjal

Pembentukan batu ginjal dapat terjadi akibat garam yang larut dalam air. Mencukupi kebutuhan tubuh akan air membantu melarutkan batu ginjal dan membuangnya melalui air seni.

artikel terkait: cara mencegah batu ginjal

7. Menjaga mood

Mood seseorang bisa berubah akibat dehidrasi. Hal ini dikarenakan keadaan tubuh yang kurang baik seperti mengalami kelelahan, sukar berkonsentrasi, serta sakit kepala. Inilah kenapa air putih dapat mencegah penurunan mood.

artikel terkait: cara mengatasi stress super ampuh

8. Melancarkan BAB

Seseorang yang tengah mengalami gangguan senbelit dianjurkan mengonsumsi air putih secara cukup. Selain itu ada baiknya juga anda mengonsumsi banyak serat yang bagus untuk pencernaan seperti sayur dan buah-buahan.

artikel terkait: cara melancarkan buang air besar secara alami

9. Meningkatkan daya pikir

Telah dibahas sebelumnya jika otak manusia sebagian besar terdiri dari air. Itulah kenapa mengonsumsi air secara cukup membantu otak untuk berpikir lebih baik serta meningkatkan konsentrasi.

10. Obat untuk sakit kepala

Dampak lain dari dehidrasi adalah timbulnya sakit kepala. Sakit kepala sendiri bisa timbul akibat beberapa hal namun faktor utamanya adalah kekurangan cairan. Dampak lain dari sakit kepala adalah membuat aktivitas menjadi tidak lancar akibat rasa nyaman yang terganggu.

11. Mencegah terkena kram dan terkilir

Ketika berolahraga atau mungkin saat melakukan aktivitas yang berat, ada bagian tertentu dari tubuh yang dapat mengalami kram atau terkilir. Mengonsumsi air putih dapat membantu mengurangi gejala mudah terkena kram dan terkilir karena mampu menjaga sendi dan otot.

12. Mengurangi resiko penyakit pada mulut

Di dalam mulut terdapat air ludah yang memiliki fungsi salah satunya adalah sebagai pembersih mulut. Mencukupi kebutuhan air mampu membantu produksi air ludah sehingga dapat mengurangi dampak terjangkitnya penyakit gigi dan mulut.

13. Mengurangi resiko kanker

Telah dibuktikan melalui beberapa studi yang dilakukan, air putih ternyata dapat mengurangi resiko seseorang terkena kanker usus besar dan kanker kandung kemih. Air putih yang dikonsumsi secara cukup setiap hari, dapat membantu meleburkan konsentrasi gen yang menjadi penyebab kanker dalam urin. Kanker merupakan penyakit berbahaya yang jika tidak segera ditangani dapat memperburuk kondisi seseorang bahkan dapat menyebabkan kematian.

14. Mengoptimakan kinerja sistem getah bening

Sistem getah bening yang bekerja secara optimal membantu tubuh dalam melawan infeksi serta infeksi tiroid yang mengganggu kesehatan tubuh anda.

15. Membantu untuk tampil awet muda

Konsumsi air putih yang cukup membantu kulit untuk tampak lebih segar dan bugar. Selain itu mengonsumsi air putih juga menghindarkan terbentuknya flek serta jerawat akibat kotoran yang tersumbat pada pori-pori wajah. Bagi anda yang ingin selalu tampak cantik dengan kulit bersinar, maka mengonsumsi air putih merupakan pilihan yang tepat.

artikel terkait: tips awet muda

16. Menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal

Berat badan yang ideal merupakan impian bagi setiap orang terutama bagi kaum hawa. Mengonsumsi air putih secara cukup membantu anda untuk mendapatkan ukuran tubuh yang proporsional. Dalam hal ini anda dapat secara rutin minum sebelum anda mulai makan. Selain itu anda juga dianjurkan mengisi perut anda dengan air putih dibandingkan dengan mengonsumsi banyak camilan tidak sehat.

Air merupakan salah satu bentuk karunia dari Tuhan bagi semua makhluk-Nya. Meski bisa didapatkan dengan mudah namun nyatanya air memiliki banyak sekali manfaat. Dibandingkan dengan obat-obatan serta biaya konsultasi untuk dokter, maka air bisa kita dapatkan secara gratis. Terapi air telah sejak lama dikenal dan banyak yang telah membuktikan keampuhan jenis terapi yang satu ini. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit yang kronis sekalipun, bisa dilakukan dengan menggunakan terapi air putih.

, , ,
Post Date: Saturday 26th, March 2016 / 13:44 Oleh :
Kategori : Kesehatan