Intip 12 Manfaat Minum Air Rebusan Daun Sirsak Bagi Tubuh

269

Apakah Anda salah satu penggemar buah sirsak? Buah berdaging putih ini memang kerap dijadikan jus dan bahkan diolah menjadi es krim nikmat, namun tahukah Anda kalau tak hanya buahnya yang baik untuk dikonsumsi? Daun sirsak sangat bagus dalam mengobati berbagai macam penyakit lho, intip dulu manfaat-manfaat air rebusan daun sirsak.

  1. Menghilangkan Bisul

Bisul adalah suatu jenis penyakit kulit yang benar-benar mengganggu karena rasa sakitnya yang membuat tak nyaman di bagian wajah, atau tubuh lainnya. Tapi daun sirsak sebenarnya bisa lho dijadikan obat, entah itu langsung mengoleskan getah dari daunnya langsung ke area bisul atau membilas dengan air rebusan daun sirsak muda.

  1. Mencegah Tumor dan Mengobati Kista

Mengonsumsi air rebusan daun sirsak sangat baik dalam mencegah dan menghambat pertumbuhan tumor dalam tubuh, terutama kista ovarium pada wanita. Ini karena di dalam daun sirsak ada kandungan antioksidan tinggi, sifat anti kanker, anti tumor hingga antibakteri yang siap melawan tak hanya tumor tapi juga bakteri.

  1. Membasmi Kutu dan Ketombe

Ada masalah dengan kulit kepala dan kesehatan rambut? Daun sirsak yang telah direbus bisa juga dimanfaatkan; air rebusan ini dapat digunakan sebagai air pencuci rambut dan kulit kepala secara rutin. Ini karena daun sirsak baik bagi manusia tapi dapat beracun bagi parasit dan serangga.

  1. Mengatasi Penyakit Paru-paru

Daun sirsak dapat direbus agar air rebusannya dapat dikonsumsi oleh para penderita penyakit paru-paru. Sifat antibakteri dalam daun sirsak akan menjadi obat alami bagi kondisi paru-paru basah dan juga sejumlah gangguan kesehatan paru-paru lainnya.

  1. Mengobati Kanker

Dibandingkan kemoterapi, rupanya daun sirsak punya kemampuan sebagai penghambat sel kanker yang bekerja secara jauh lebih cepat berkat adanya acetogenin di dalamnya. Menurut lansiran dari laman Liputan 6, acetogenin itulah yang berkekuatan 10 ribu kali lebih besar dalam melawan sel kanker bila membandingkannya dengan adriamycin. Cukup merebus daun sirsak 10 lembar dengan air putih 3 gelas, konsumsi setiap pagi supaya sel kanker cepat terbasmi.

  1. Meningkatkan Kesuburan

Mengonsumsi air rebusan daun sirsak juga diketahui begitu berguna dalam mengatasi infertilitas. Maka bila bermasalah dengan rahim lemah dan jumlah sperma yang kurang, meminum air rebusan daun sirsak secara rutin akan membuat rahim lebih kuat dan produksi jumlah sperma lebih banyak.

  1. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Untuk para penderita penyakit diabetes, kadar gula darah yang begitu tinggi dapat dinormalkan kembali dan jadi jauh lebih stabil dengan air rebusan daun sirsak. Adanya kandungan bioflavonoid, saponin, dan polifenol yang masih termasuk antioksidanlah yang berperan besar dalam penurunan kadar glukosa dalam darah.

  1. Menormalkan Kadar Kolesterol

Masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi pun sebenarnya bisa diatasi cukup dengan minum air rebusan daun sirsak setiap pagi. Cara mengolah dan meminumnya sama seperti saat hendak mengobati kanker, yakni dengan 10 lembar daun sirsak dan 3 gelas air; tapi pastikan daun sirsak yang digunakan sudah agak tua ya.

  1. Mengobati Asam Urat

Air rebusan daun sirsak juga bermanfaat besar dalam menurunkan dan menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. Ini berkat adanya kandungan asam linoleat, annocatalin, caclourin, annomuricin, asam gentisic, serta acetogenin yang bagus untuk menjadi obat asam urat alami. Rebuslah persis seperti cara merebus untuk menormalkan kadar kolesterol.

  1. Mengobati Nyeri Punggung

Untuk yang sering mengalami sakit punggung, cobalah rebus daun sirsak 20 lembar bersama air putih 5 gelas hingga airnya tersisa hampir setengahnya. Meminumnya rutin sehari sekali akan meredakan rasa nyeri di punggung. Anda pun tak perlu khawatir sebab air rebusan daun sirsak tak menimbulkan efek samping negatif dalam pengobatan sakit punggung kok.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Di dalam buah sekaligus daun sirsak ada kandungan antioksidan tinggi yang bila dikonsumsi sangat bisa jadi cara menjaga kesehatan mata. Meminum air rebusan daun sirsak secara rutin ditambah mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin E, vitamin C sekaligus beta karoten akan menurunkan risiko penyakit mata.

  1. Mencegah Infeksi dan Menambah Daya Tahan Tubuh

Merebus daun sirsak sekitar 4-5 lembar bersama air 4 gelas hingga tersisa segelas lalu meminumnya bisa menjadi cara meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika daya tahan tubuh normal, kuat dan stabil, berbagai penyakit dan bahkan infeksi dapat dihindari.

Itulah sederet manfaat dari air rebusan daun sirsak bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menangkal serangan bakteri hingga tumor dan kanker, meminum air rebusannya dapat menghindari banyak penyakit, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.