Lari 15 Menit Membakar Berapa Kalori dalam Tubuh? Ini Penjelasannya

570

Setiap orang yang perlu untuk melakukan diet, perlu mengonsumsi makanan-makanan untuk diet cepat dan sehat dengan kalori rendah. Tapi rupanya hal tersebut tidaklah cukup sebab Anda juga perlu mengetahui berapa kalori yang terbakar saat tidur agar bisa tidur cukup setiap harinya. Lebih dari itu, olahraga lari pun perlu dilakukan.

Kalau saja setiap harinya Anda memiliki sedikit waktu untuk berolahraga dan hanya bisa melakukan olahraga lari sebentar saja, lalu benarkah ada kalori yang bisa terbakar? Lari 15 menit membakar berapa kalori bila dilakukan secara rutin dan apakah hal ini efektif? Inilah yang perlu Anda ketahui lebih jauh supaya bisa memraktekkannya segera.

Berapa Kalori yang Terbakar dengan Lari 15 Menit?

Sebenarnya, waktu lari yang tepat untuk membakar lemak dan kalori dan intensitas lari yang Anda lakukanlah yang akan menentukan seberapa banyak kalori yang dapat terbakar. Bukan hanya itu, faktor usia dan juga berat serta ukuran tubuh pun menentukan. Jadi intinya, tak mudah untuk bisa membakar kalori terlalu banyak karena alasan-alasan tersebut.

Lari dalam waktu 15 menit diketahui tetap mampu mendukung pembakaran kalori berdasarkan kecepatan lari Anda ditambah dengan berat badan. Tentunya Anda juga perlu memiliki tujuan berapa kalori yang ingin dibakar per harinya dengan cara memahami secara benar penggunaan kalori. Dilansir dari situs Livestrong, inilah beberapa pengertian yang mungkin bisa Anda terapkan untuk pembakaran kalori secara maksimal.

  • Dalam waktu 15 menit, seseorang dengan berat 57 kg yang berlari dengan kecepatan 13 km per jam bisa membakar kalori sebanyak 191,5 kalori. Dengan kecepatan yang sama, seseorang yang berat tubuhnya 80 kg bisa melakukan pembakaran 268 kalori dan dengan berat tubuh 68 kg bisa membakar 229,5 kalori.
  • Dalam waktu 15 menit, seseorang yang berat tubuhnya sekitar 57 kg pada kecepatan lari 11 km per jam bisa membakar 163 kalori. Sementara itu dengan kecepatan yang sama, seseorang dengan berat tubuh 80 kg dapat membakar 228 kalori. Tak hanya itu, seseorang dengan berat badan sekitar 68 kg bisa melakukan pembakaran kalori sebanyak 195,5 kalori.
  • Dalam waktu 15 menit, seseorang dengan berat badan sekitar 57 kg dengan kecepatan 10 km per jam bisa membuat 141,5 kalori terbakar. Dengan kecepatan yang sama, seseorang dengan berat tubuh sekitar 80 kg rupanya bisa membakar 198,5 kalori dan seseorang yang bobotnya kurang lebih 68 kg bisa membakar 170 kalori.
  • Dalam waktu 15 menit, seseorang dengan berat badan sekitar 57 kg dengan kecepatan 8 km per jam bisa membuat 113,5 kalori terbakar. Pada kecepatan lari yang sama, seseorang berbobot kurang lebih 80 kg rupanya bisa membakar 154 kalori dan dengan berat tubuh kurang lebih 68 kg bisa membakar 136 kalori.

Tips Lari 15 Menit Membakar Kalori secara Aman

Jika Anda adalah pemula dalam hal ini, sebaiknya Anda tidak terlalu memaksakan diri untuk langsung melakukan dengan kecepatan tinggi. Berikut beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan demi pembakaran kalori yang maksimal dan baik bagi tubuh.

  • Berjalan santai untuk awal dari aktivitas lari Anda atau boleh juga dengan berjalan cepat. Hal ini lebih diperuntukkan bagi Anda yang sudah lama tidak berolahraga atau justru tak pernah berolahraga.
  • Hindarilah berlari jarak jauh dengan super cepat apabila Anda baru pertama kali melakukan program semacam ini.
  • Lakukanlah pemanasan selama 5 menit supaya Anda bisa menghindari berbagai bahaya olahraga tanpa pemanasan.
  • Konsultasikanlah lebih dulu dengan dokter Anda jika pernah mengalami cedera kaki ataupun sendi. Karena bisa berbahaya dan memperburuk riwayat cedera Anda, mintalah saran dokter sebelum benar-benar mulai melakukan program lari 15 menit membakar kalori.

Sudah terjawab bukan perkiraan lari 15 menit membakar berapa kalori? Lari adalah olahraga yang baik sebagai cara membakar lemak dan kalori di mana jika Anda belum mencobanya, maka ini bisa menjadi langkah awal terbaik untuk menurunkan berat badan.