Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Obat Nyeri Tulang Kaki Alami

ads

Apakah Anda sering merasakan nyeri tulang kaki? Rasa sakit yang cukup intens berpotensi juga menjadi gejala dari adanya pengapuran tulang atau pengapuran sendi. Rasa sakit sendi, seperti misalnya yang paling sering adalah nyeri sendi lutut berkemungkinan adalah tanda adanya penipisan bagian bantalan tulang rawan. Faktor peningkat risiko akan hal ini adalah faktor keturunan maupun faktor usia.

Ketika tulang rawan sendi mengalami gesekan dikarenakan penipisan dan mengeringnya kondisi tulang, otomatis rasa sakit pun akan timbul. Kasus penyakit seperti ini jauh lebih sering terjadi pada orang yang sudah tua karena memang faktor usia berperan besar. Lalu, adakah kira-kira obat nyeri tulang kaki yang bisa Anda coba?

(Baca juga: penyebab sakit tulang belakang)

1. Teh Hijau

Minuman teh hijau adalah minuman kesehatan yang selalu bisa diandalkan untuk menangani berbagai macam penyakit. Ini karena teh hijau mengandung antioksidan tinggi yang siap untuk melawan segala efek jahat dari radikal bebas. Teh hijau pun bermanfaat untuk menyembuhkan sakit nyeri tulang kaki dengan mengonsumsinya rutin.

2. Kunyit

Rempah bernama kunyit ini memang sangat manjur untuk beberapa kondisi penyakit, bahkan bisa juga dijadikan obat herbal sakit kepala mujarab. Selain itu, kunyit pun dipercaya dapat menjadi oba ampuh penyembuh nyeri pada sendi dan tulang kaki akibat pengapuran. Cara penggunaannya yang mudah menjadikan bahan ini salah satu pilihan terbaik.

Cukup dengan menyediakan susu hangat yang kemudian ditambahkan dengan madu serta kunyit, ramuan siap untuk dikonsumsi. Mengonsumsi ramuan ini akan membantu supaya keadaan sendi serta tulang jauh lebih baik dari dalam. Pembengkakan serta peradangan yang membuat rasa nyerinya intens pun akan menjadi berkurang.

3. Cuka

Cuka diketahui sebagai bahan alami penghilang racun yang ampuh dan sebagai obat nyeri tulang kaki, cuka ini akan menghilangkan racun di bagian sendi serta jaringkat ikat secara efektif. Mudah sekali untuk menggunakannya sehingga Anda bisa menyembuhkan rasa nyeri yang sering muncul tersebut secara alami.

Siapkan madu asli berikut juga cuka secukupnya; ketahui cara membedakan madu asli dan palsu apabila memang menginginkan madu yang benar-benar murni. Campurkan kedua bahan ke dalam segelas air hangat, lalu minumlah. Hasil terbaik hanya akan didapat ketika Anda mengonsumsi ramuan sederhana ini sehari sebanyak 3 kali sampai nyeri tersebut jauh lebih baik dan tidak sakit lagi.

(Baca juga: penyebab radang sendi)

4. Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini sangatlah berguna dalam menangani atau mengobati banyak kondisi penyakit, bahkan penyakit kronis sekalipun. Walau ada bahaya bawang putih mentah yang harus Anda waspadai, kandungan sulfur di dalamnya sangatlah efektif untuk dijadikan obat sakit tulang kaki. Karena penggunaannya mudah dan harganya ekonomis, Anda bisa mengandalkannya.

Cukup dengan mengonsumsinya setiap hari, bawang putih akan membantu menyembuhkan rasa sakit di tulang secara ampuh. Tambahkan saja bawang putih ke dalam santapan Anda sehari-hari jika Anda tak begitu suka mengonsumsinya secara langsung. Asalkan tak dikonsumsi berlebihan, efek samping bawang putih tak akan begitu membahayakan untuk tubuh dan kesehatan Anda.

Sponsors Link

5. Jelatang

Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum begitu familiar dengan jelatang, tapi bagi yang bisa dengan mudah memperolehnya, silakan gunakan sebagai obat. Perlu diketahui bahwa jelatang merupakan bahan alami pengurang rasa sakit yang ampuh, cocok untuk menyembuhkan peradangan. Untuk obat tradisional yang tak ada efek sampingnya, jelatang adalah pilihan yang tepat.

6. Daun Landep

Sebagian dari Anda pasti sudah pernah melihat daun landep di mana daun ini memiliki bunga dengan warna kuning. Daunnya sendiri pun mempunyai bentuk yang berbeda-beda, ada daun yang panjang, ada juga daun yang bulat. Ternyata, daun landep ini pun sangat ampuh dijadikan sebagai obat nyeri tulang.

Jika kaki Anda sering sakit, kumpulkan beberapa lembar daun landep secukupnya untuk direbus. Air rebusan daun landep inilah yang akan mengobati nyeri tulang kaki secara alami dan efektif. Tak hanya untuk nyeri tulang, daun landep pun bisa digunakan oleh para penderita luka apapun, anyang-anyangan, atau gusi berdarah yang dicampur dengan daun dandelion.

(Baca juga: bahaya retak tulang belakang)

7. Kacang Kedelai Hitam

Obat nyeri tulang pada kaki selanjutnya adalah kacang kedelai hitam. Penggunaannya yang mudah akan membuat Anda jauh lebih yakin untuk mencobanya, karena Anda cukup membersihkannya lebih dulu lalu merebusnya. Membersihkannya lebih dulu sama dengan memastikan bakteri sudah hilang dan air rebusannyalah yang digunakan dan dikonsumsi.

8. Lidah Buaya

Banyak dari kita mengetahui bahwa lidah buaya hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit saja. Betul memang bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit dan rambut jauh lebih besar, tapi bukan berarti tanaman mujarab ini tak bisa digunakan untuk pengobatan kondisi kesehatan lainnya.

Sebagai obat sakit sendi dan tulang di kaki, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi daging lidah buaya ini secara teratur. Atau, gunakan sebagai obat luar di mana Anda bisa mencoba mengompreskan gelnya ke area kaki yang terus-terusan terasa sakit dan nyeri. Efek penenangnya yang alami berpotensi merelaksasi sendi dan tulang lebih baik.

9. Daun Dandelion

Sendi dan tulang begitu nyeri di bagian kaki tapi bingung mencari solusinya? Daun dandelion bisa dengan mudah direbus setelah dibersihkan, lalu hasil rebusannya Anda minum secara rutin untuk menyembuhkan sendi dan tulang. Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari daun dandelion ini adalah kemampuannya dalam mengeluarkan racun serta mencegah kanker.

10. Daun Pandan Wangi

Banyak dari kita hanya tahu bahwa daun pandan cuma bisa dimanfaatkan sebagai pewangi makanan saja. Padahal efeknya sangat baik juga untuk meredakan peradangan serta nyeri di bagian tulang kaki. Rebuslah daun pandan wangi ini, lalu airnya dikonsumsi serutin mungkin supaya rasa nyeri bisa berkurang dan cepat membaik.

(Baca juga: penyembuhan patah tulang)

Sponsors Link

11. Jahe

Obat sakit sendi dan tulang lainnya adalah jahe di mana sangat mudah pula untuk menggunakannya. Meski efek samping jahe cukup mengkhawatirkan beberapa orang yang hendak memanfaatkannya, tak perlu takut asalkan penggunaannya pada kadar yang tepat. Buatlah teh jahe setiap harinya dna konsumsilah supaya hasil kesembuhan nyeri tulang Anda jauh lebih maksimal.

12. Kompres Dingin atau Hangat

Obat mujarab yang juga sederhana adalah dengan mengompres bagian kaki yang nyeri dan sakit menggunakan air hangat atau air dingin. Rasa sakit serta peradangan yang terjadi pada kaki akan otomatis berkurang cukup cepat. Nyerinya pun tak akan menjadi berkelanjutan apabila sudah ditangani dengan cara mengompres ini.

13. Olahraga

Tak selalu harus menggunakan obat berbentuk daun-daunan atau rempah, olahraga pun mampu menjadi obat ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri pada tulang dan sendi. Kurang olahraga akan menyebabkan kekakuan dan ketegangan pada sendi maupun tulang, jadi rajin-rajinlah olahraga. Walaupun hanya dengan melakukan stretching, asalkan rutin Anda akan mampu menjaga tubuh tetap bugar.

(Baca juga: cara menjaga kesehatan tulang)

Itulah serangkaian obat nyeri tulang kaki yang bisa coba Anda praktikkan di rumah. Apabila obat-obat alami sederhana ini tetap tak membuahkan hasil yang baik, segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Sunday 13th, November 2016 / 07:32 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang