Sponsors Link

50 Gejala Penyakit Jantung Berdasarkan Jenisnya

Sponsors Link

Gejala Penyakit jantungPenyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini banyak berkembang di negara berkembang maupun negara maju. Ada berbagai jenis penyakit jantung yang menjadi indikasi bahwa ada sebuah kelainan yang terjadi pada organ jantung. Beberapa jenis penyakit yang sering dianggap sebagai penyakit jantung adalah seperti jantung koroner, gangguan detak jantung, dan kelainan jantung dari lahir. Selain itu masalah lain yang berhubungan dengan penyakit jantung adalah seperti kelainan karena penyumbatan pada pembuluh darah dan stroke.

ads

Pada dasarnya memelihara jantung dengan pola hidup yang lebih sehat akan membantu menghindarkan jantung dari kelainan. Tapi tetap tidak berpengaruh bagi orang yang memiliki kelainan jantung sejak lahir atau cacat lahir.

Mengenal Gejala Penyakit Jantung

Ada beberapa tipe penyakit jantung yang bisa mengancam siapa saja. Biasanya jenis penyakit jantung yang umum dan tidak memiliki gejala adalah seperti angin duduk. Angin duduk merupakan salah satu masalah yang berhubungan dengan serangan jantung. Untuk melihat gejala penyakit jantung maka bisa dikelompokkan berdasarkan penyebab masalah pada jantung. Berikut ini beberapa gejala yang penyakit jantung berdasarkan penyebabnya.

1. Gejala Penyakit Jantung Karena Masalah Pembuluh Darah (Paling Umum)

Kelainan jantung yang disebabkan karena gangguan pembuluh darah adalah seperti masalah penyempitan pada pembuluh darah, penyumbatan pembuluh darah dan plak yang menyebabkan pembuluh darah tidak elastis. Biasanya penyakit ini tidak terdeteksi hingga mengalami serangan dalam beberapa tingkatan. Pria dan wanita memiliki potensi terkena penyakit ini. Gejala awal yang bisa dirasakan adalah seperti:

  1. Rasa sakit pada bagian dada yang menyebabkan nafas menjadi lebih sulit.
  2. Gangguan pernafasan berat yang terjadi secara mendadak.
  3. Ada rasa sakit atau nyeri pada kaki atau tangan.
  4. Rasa tekanan yang besar pada bagian ulu hati atau perut atas.
  5. Rasa kaki pada leher dan tenggorokan.

2. Kelainan Detak Jantung

Masalah detak jantung menjadi salah satu masalah yang sangat umum dari penyakit jantung. Detak jantung bisa menjadi lebih cepat atau lemah sesuai kondisi tertentu. Penyakit ini bisa menyerang semua tingkatan usia bahkan termasuk anak-anak. Gejala penyakit kelainan detak jantung adalah:

  1. Rasa getaran yang sangat kuat pada bagian dada dan sering disertai dengan nyeri secara mendadak.
  2. Detak jantung menjadi sangat cepat dan membuat penderita sulit untuk bernafas.
  3. Detak jantung sangat lambat sehingga tubuh menjadi lebih lemah.
  4. Sakit pada bagian dada yang membuat nafas menjadi tidak lega atau tidak bisa melakukan berbagai aktivitas.
  5. Sakit kepala yang berat dan bisa menyebabkan pingsan.

3. Gejala Cacat Jantung

ads

Cacat jantung biasanya akan cepat diketahui setelah bayi lahir. Kondisi bayi dengan cacat jantung akan sangat berbeda dengan bayi yang sehat. Cacat jantung pada bayi adalah salah satu penyakit yang sangat serius dan membutuhkan perawatan dalam waktu yang cepat. Beberapa gejala penyakit jantung ini adalah seperti:

  1. Warna kulit akan terlihat lebih biru atau pucat. Bahkan bayi bisa terlihat seperti tidak memiliki jumlah darah yang cukup dalam tubuhnya.
  2. Perkembangan berat badan bayi tidak sesuai dengan perkembangan usia.
  3. Sering disertai dengan pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki, mata dan perut.
  4. Bayi sering mengalami masalah sesak nafas sehingga mudah terserang penyakit lain.
  5. Jika sudah masuk dalam fase anak-anak maka sulit untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan seperti olahraga atau permainan yang membutuhkan banyak gerak.

4. Gejala Penebalan Otot Jantung

Salah satu jenis penyakit jantung juga bisa terjadi karena masalah penebalan yang terjadi pada bagian otot jantung. Kondisi penyakit ini akan semakin memburuk apabila tidak segera diobati. Tapi biasanya gejala awal memang sulit untuk ditandai. Berikut ini beberapa gejala lanjut yang bisa dikenali.

  1. Sesak nafas yang menyebabkan tubuh sampai tidak bisa melakukan aktivitas.
  2. Rasa lelah yang berkepanjangan meskipun tidak sedang melakukan aktivitas.
  3. Terjadi pembengkakan pada bagian kaki.
  4. Rasa jantung yang tidak normal seperti perasaan berdebar yang sangat parah dan detak jantung yang terlalu cepat.
  5. Sakit kepala , tubuh lelah dan pada tingkat tertentu bisa menyebabkan pingsan.

5. Gejala Infeksi Jantung

Infeksi jantung termasuk dalam kelainan jantung yang membutuhkan perawatan dalam waktu yang lebih cepat. Infeksi ini bisa menyerang siapa saja, termasuk untuk laki-laki dan perempuan. Infeksi yang paling sering terjadi adalah infeksi pada daerah sekitar jaringan jantung (perikarditis), infeksi yang terjadi pada otot bagian tengah jantung (miokarditis) dan infeksi yang terjadi pada bagian membran pemisah ruang jantung dan katup jantung (endokarditis). Gejala yang dapat diketahui jika terkena infeksi jantung adalah:

  1. Demam yang terjadi secara mendadak dan tidak seperti jenis demam pada flu atau kelelahan.
  2. Kesulitan bernafas yang bisa menyebabkan pingsan.
  3. Tubuh akan lebih sering merasa lemah dan tidak bisa melakukan berbagai aktivitas.
  4. Detak jantung yang semakin cepat sehingga menyebabkan penderita merasa sangat berdebar seperti ketika sedang ketakutan.
  5. Batuk kering yang sangat lama.
  6. Timbul bintik-bintik merah pada bagian semua bagian kulit tubuh.

6. Gejala Kelainan Katup Jantung

Jantung yang sehat memiliki empat katup yang bisa membuka dan menutup dengan baik. Setiap katup akan membuka dan menutup untuk mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Beberapa jenis kelainan katup jantung adalah seperti masalah bocor pada katup, penyempitan pada jaringan katup dan proses katup yang tidak bisa menutup dengan benar. Gejala yang biasanya terjadi pada masalah katub jantung adalah:

Sponsors Link

  1. Tubuh akan terasa sangat lelah meskipun tidak beraktivitas atau hanya melakukan aktivitas ringan saja.
  2. Kesulitan bernafas yang menyebabkan rasa sakit pada bagian dada.
  3. Irama jantung menjadi tidak teratur, kadang cepat dan kadang lambat sehingga terasa sangat berat.
  4. Kehilangan kesadaran secara tiba-tiba.
  5. Pembengkakan pada bagian kaki hingga pergelangan kaki.

Tips Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung memang bisa menyerang siapa saja bahkan termasuk anak-anak. Orang tua yang memiliki kelainan jantung bisa menyebabkan anak-anak juga menderita penyakit yang sama. Tapi penyakit jantung yang disebabkan diluar kelainan jantung masih bisa dicegah. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung.

  1. Hindari merokok. Rokok mengandung nikotin yaitu zat yang bisa tertinggal dalam saluran pernafasan jantung dan pembuluh darah. Nikotin sering menyebabkan masalah pada jantung terutama penyakit jantung yang disebabkan karena pengerasan pembuluh darah pada jantung. (baca : bahaya merokok)
  2. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur. Gejala penyakit jantung pada tahap awal memang tidak terdeteksi. Namun untuk menemukan kelainan pada jantung sebaiknya dilakukan dengan memeriksa kesehatan secara berkala seperti pemeriksaan tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah dan juga kadar gula dalam darah.
  3. Lakukan olahraga secara teratur. Orang yang bisa melakukan olahraga secara teratur bisa membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah, kadar gula dalam darah, kadar kolesterol normal dan membuat jantung menjadi lebih sehat.
  4. Konsumsi makanan sehat untuk jantung. Konsumsi seimbang makanan kaya serat, protein, vitamin dan mineral sangat baik untuk jantung. Hindari konsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi berlebihan.
  5. Konsumsi makanan penurun kolesterol dapat meningkatkan kinerja jantung..
  6. Hindari stres. Stres yang berlebihan bisa menyebabkan tekanan jantung yang sangat berat. Tanpa disadari maka stres bisa mempengaruhi kesehatan otot jantung dan menyebabkan penyakit jantung.
  7. Lakukan pola hidup yang sehat dan bersih. Selain menjaga lingkungan tempat tinggal yang bersih, maka Anda juga harus menjaga kesehatan tubuh seperti selalu mencuci tangan sebelum makan, menjaga kesehatan gigi dan tidak mengkonsumsi makanan yang sudah tidak segar atau terlalu lama disimpan di kulkas.

Mengingat penyakit jantung adalah jenis penyakit paling mematikan di dunia, anda wajib waspada dan mencegah sedini mungkin. Hindari bahaya alkohol adalah salah satu yang paling penting agar jantung tetap sehat.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 03rd, June 2015 / 16:53 Oleh :
Kategori : Penyakit Jantung