Sponsors Link

12 Gejala Asam Urat Tinggi – Penyebab dan Cara Mengatasinya

ads

Gejala asam urat tinggi sering tidak disadari oleh penderita. Hal itu dikarenakan saat terjadi gejala tersebut orang itu tidak menyadari jika kadar asam uratnya telah meninggi. Memang penyakit asam urat tidak bisa dideteksi secara kasat mata, untuk melihat kadar asam urat di dalam tubuh diperlukan cek darah. Pemeriksaan asam urat akan diiringi dengan pemeriksaan kolesterol di dalam tubuh. Kolesterol dengan asam urat memiliki keterikatan sehingga pengecekannya dilakukan bersamaan. Asam urat tidak boleh disepelekan, meski gejala-gejala yang ditimbulkan terlihat sepele namun siapa sangka jika asam urat bisa menimbulkan komplikasi kesehatan.

Komplikasi kesehatan bisa ditimbulkan saat seseorang menderita asam urat. Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh akan sangat berbahaya. Saat kadar asam urat meninggi, tubuh biasanya akan merasakan ketidaknyamanan. Berikut ini ciri-ciri gejala asam urat tinggi :

1. Ngilu Sendi

Orang yang menderita asam urat tinggi biasanya akan merasakan ngilu didaerah persendian. Hal itu dikarenakan pada persendianlah zat purin itu menumpuk. Zat purin merupakan zat yang bisa menjadi penyebab asam urat jika jumlahnya terlalu banyak.

2. Kesemutan

Asam urat yang tinggi juga menyebabkan penderitanya mengalami sering kesemutan terutama pada sendi tangan dan juga sendi kaki. Kesemutan itu tidak hilang dalam waktu berhari-hari. Jika kesemutan ada di jari tangan, kesemutan itu menyebabkan seseorang tidak mampu memegang barang menggunakan tangannya.

3. Bengkak

Salah satu tanda gejala asam urat tinggi adalah terjadinya pembengkakan pada sendi kaki maupun tangan. Anda bisa melihat sendi di kaki anda, jika sendi kaki terutama sendi di jempol kaki bengkak itu tandanya kadar asam urat tinggi.

4. Kaki dan Tangan Terasa Panas

Tanda kadar asam urat tinggi di dalam tubuh seseorang adalah kaki dan tangan terasa panas. Panas tersebut menghilang dan muncul berkali-kali dalam sehari.

5. Badan Terasa Pegal-Pegal

Asam urat tinggi ditandai dengan badan terasa pegal-pegal meskipun tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Pegal-pegal tersebut bisa membuat penderita asam urat merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri. (Baca juga : penyebab encok pegal linu)

6. Adanya Ruam Merah Di Kulit

Ruam merah di kulit juga menjadi tanda seseorang terkena asam urat. Ruam merah itu bisa muncul di berbagai bagian tubuh misalnya saja di bagian lutut, punggung, pundak dan juga bahu.

7. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat Di Malam Hari

Saat malam hari penderita asam urat akan sering buang air kecil. Saat malam hari penderita asam urat akan sering buang air kecil lebih dari 5 kali. Hal itu dikarenakan zat purin yang mengkristal bisa menyebabkan gangguan pada saluran kemih penderita asam urat.

8. Nyeri Terasa Sangat Sakit di Malam Hari

Penderita asam urat akan merasakan sangat nyeri di malam hari sehingga akan kesulitan tidur. Hal itu dikarenakan reaksi dari zat purin akan lebih terasa saat malam hari. Udara dingin di malam hari bisa membuat rasa nyeri sendi lutut dan bagian lainnya juga semakin bertambah, berbeda dengan siang hari yang panas dan terik.

9. Nyeri di Pagi Hari

Udara yang dingin saat di pagi hari menjadi pemicu timbulnya nyeri di pagi hari. Reaksi zat purin juga lebih terasa di malam hari juga pagi hari.

10. Sulit Berjalan

Bahaya asam urat tinggi bisa menyebabkan penderitanya susah berjalan karena lokasi sendi yang terkena asam urat bisa menyerang lutut tubuh seseorang, Penumpukan zat purin di lutut itulah yang menyebabkan penderita asam urat sampai sulit berjalan.

11. Munculnyua Tofus

Tofus atau benjolan merupakan tanda penyakit asam urat telah meninggi dan mungkin sudah memasuki tahap yang serius. Tofus itu akan muncul di sekitar sendi yang terkena asam urat. Sendi yang meradang selama bertahun-tahun dan tidak diobati itulah yang menyebabkan munculnya tofus tersebut.

Sponsors Link

12. Sendi Kaku

Penumpukan zat purin pada sendi tubuh mengakibatkan seseorang terkena sendi kaku. Sendi yang kaku tersebut bisa menjadi penyebab sendi sulit digerakkan. Sendi tangan yang terasa kaku akan sukit sekali untuk ditekuk terutama di bagian jari tangan. Sendi kaku juga akan menyerang sendi kaki sehingga jari-jari kaki terasa kaku untuk berjalan.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Banyak yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat. Memang kebanyakan asam urat diderita oleh orang yang berumur di atsa 35 tahunan. Asam urat itu akan muncul ketika penumpukan zat purin sudah terlalu banyak di dalam tubuh. Jarang sekali penyekit asam urat diderita oleh anak muda atau anak-anak, namun faktor genetik dan juga pola makan memicu seseorang mudah cepat terkena asam urat. Berikut ini berbagai macam penyebab  asam urat :

–  Genetik

Penyakit asam urat disebabkan oleh genetik, jika ada orangtua yang memiliki penyakit asam urat maka anaknya pun bisa rentan terkena asam urat. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa asam urat bisa terjadi di usia yang sangat belia.

– Faktor Makanan

Saat ini banyak makanan tidak sehat yang bermunculan. Hal itulah yang menjadi penyebab mengapa saat ini orang yang masih muda pun bisa terkena penyakit asam urat. Saat ini banyak makanan penyebab asam urat yang mengandung zat purin tinggi. Terlalu banyak mengkonsumsi zat purin bisa menjadi penyebab mengapa seseorang bisa mudah terkena asam urat. Makanan yang mengandung zat purin itu terdapat pada makanan di bawah ini :

  • Jeroan seperti ampela, hati, jantung dan berbagai macam jeroan lainnya menjadi penyebab tubuh seseorang memiliki penumpukan zat purin.
  • Makanan laut atau seafood juga memiliki zat purin tinggi terutama kerang. (baca juga : bahaya makanan laut)
  • Makanan yang mengandung banyak minyak jenuh.
  • Makanan yang terbuat dari daging merah seperti daging kambing, daging sapi dan juga daging babi.

– Alkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga menjadi penyebab seseorang terkena asam urat. Hal itu dikarenakan mengkonsumsi terlalu banyak minuman keras, membuat produksi asam urat di dalam hati meningkat. Bahaya alkohol juga menjadi penyebab pembuangan asam urat melalui urin menjadi terhambat. Di dalam alkohol terdapat zat purin yang tinggi sehingga meningkatkan resiko seseorang terkena asam urat.

– Makanan dan Minuman Mengandung Banyak Gula

Makanan dan minuman serba manis yang dikonsumsi bisa membuat seseorang terkena asam urat. Makanan dan minuman ringan yang serba manis mengandung gula tinggi kadang dicampurkan dengan fruktosa. Fruktosa sendiri merupakan zat yang bisa memicu timbulnya asam urat.

– Buah yang Mengandung Fruktosa

Meski rasa manis yang terdapat buah merupakan manis yang alami namun di dalam buah-buahan tertentu mengandung fruktosa yang tinggi. Mengkonsumsi buah yang mengandung fruktosa tinggi bisa menjadi penyebab seseorang terkena asam urat. Buah yang mengandung fruktosa juga menjadi buah pantangan bagi penderita asam urat.

Obesitas

Orang yang mengalami obesitas atau kegemukan menjadi penyebab seseorang terkena asam urat. Hal itu dikarenakan timbunan lemak yang ada di dalam tubuhnya menjadi salah satu penyebab zat purin tidak bisa terurai melalui urin dengan sempurna.

Kolesterol Tinggi

Orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi di dalam tubuhnya rentan terkena asam urat. Kolesterol jahat bisa membuat penumpukan zat purin di dalam tubuh semakin cepat sehingga orang tersebut juga akan mudah untuk terkena sam urat. Oleh sebab itulah pengecekan kadar asam urat selalu dibarengi dengan pengecekan kolesterol.

– Sakit Ginjal

Ginjal merupakan organ tubuh yang bermanfaat untuk membuang sisa metabolisme di dalam tubuh. Biasanya sisa metabolisme tubuh dikeluarkan melalui urin oleh organ ginjal. Jika ginjal seseorang terganggu menyebabkan sekresi urin juga akan terganggu. Padahal zat purin tinggi bisa dikeluarkan bersamaan dengan urin (Baca : makanan yang mengandung zat purin). Orang yang menderita penyakit ginjal akan rentan terkena asam urat, sebab zat purin di dalam tubuh tidak bisa seluruhnya keluar bersama urin dikarenakan fungsi ginjal yang terganggu. Sisa zat purin yang tidak bisa keluar bersama dengan urin akan terus menumpuk dan menumpuk membentuk penyakit bernama asam urat.

sponsored links

Diabetes

Diabetes merupakan penyebab munculnya penyakit asam urat dikarenakan orang yang menderita diabetes akan memiliki hasil pembuangan metabolisme dari lemak atau biasa disebut dengan zat keton. Zat keton yang tinggi bisa memicu penumpukan zat purin yang tinggi pula sehingga resiko terkena asam urat juga tinggi.

– Hormon Tidak Seimbang

Ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh menjadi penyebab asam urat. Hal itu dkarenakan ketidakseimbangan hormon itu bisa menyebabkan ketidakseimbangan metabolisme. Metabolisme yang tidak seimbangl yang menjadi penyebab terjadinya asam urat di dalam tubuh manusia.

– Pengapuran Sendi

Orang yang memiliki riwayat penyakit pengapuran sendi akan mudah terkena asam urat. Kondisi sendi yang telah mengapur menyebabkan terjadinya asam urat sebab zat purin bisa mengisi ruang sendi yang mengapur tersebut sehingga terjadi penumpukan.

Hipertensi

Banyak penelitian yang menemukan keterikatan antara bahaya darah tinggi dengan asam urat. Hal itu dikarenakan banyak penderita asam urat yang mengalami darah tinggi dan ada penderita darah tinggi yang terkena asam urat.  Penyebab keterikatan itu adalah hipertensi bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga zat purin tidak mengalir di pembuluh darah secara lancar. Akhirnya zat purin menjadi menumpuk.

– Obat-Obatan

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu yang lama menjadi penyebab penyakit asma urat. Berberapa obat yang menjadi pemicu timbulnya asam urat adalah sebagai berikut ini :

  • Niacin. Niacin merupakan obat yang digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Mengkonsumsi obat tersebut secara terus menerus bisa menjadi penyebab munculnya penyakit asam urat.
  • Obat diuretik. Obat diuretik adalah obat yang digunakan untuk menormalkan tekanan darah tinggi. Obat itu sering diberikan kepada penderita hipertensi agar tekanan darahnya menjadi normal kembali. Fungsi lainnya obat diuretik itu adalah untuk mengurangi cairan yang terlalu menumpuk di dalam tubuh.
  • Aspirin. Obat aspirin digunakan untuk menyembuhkan penyakit pusing. Banyak orang yang suka menjadikan obat ini sebagai alternatif pereda sakit kepala yang diderita. Namun efek samping aspirin jangka panjang penggunaan obat ini adalah bisa menyebabkan penyakit asam urat.

– Jenis Kelamin

Wanita yang sedang masa subur lebih rendah untuk terkena asam urat dibandingkan dengan laki-laki. Laki-laki lebih beresiko terkena asam urat dibandingkan dengan wanita, penyebabnya adalah hormon estrogen pada wanita subur mampu menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Hormon itu juga bisa membuang zat purin penyebab asam urat melalui ginjal. Pria saat memasuki masa pubertas hingga saat dia dewasa lebih rentan untuk terkena asam urat dibandingkan dengan wanita.

Cara Mengobati Asam Urat

Asam urat tidak boleh disepelekan sebab asam urat bisa menimbulkan komplikasi kesehatan yang kronis. Oleh sebab itu diperlukan cara untuk mengatasi penyakit asam urat tersebut. Memang asam urat tidak bisa diobati, dia akan terus kambuh selama penderita tidak bisa mengontrol pola makan. Meski tidak bisa diobati, kekambuhan asam urat tersebut bisa dicegah dengan menjaga pola makan yang benar. Jika asam urat sudah datang, untuk mengatasinya anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini :


Istirahat Cukup

Saat terjadi serangan asam urat anda disarankan untuk istirahat cukup. Hal itu dikarenakan persendian akan terasa semakin nyeri dan semakin meradang jika digunakan untuk banyak bergerak atau banyak beraktivitas. Banyak bergerak juga akan menyebabkan sendi semakin bengkak dan rasa nyeri semakin menjadi-jadi.


Mengangkat Tungkai

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat anda bisa mengangkat tungkai anda. Usahakan posisi tungkai lebih tinggi dibandingkan posisi kepala hal itu bertujuan untuk membuat aliran darah menuju ke kepala bukan ke kaki sehingga rasa nyeri di kaki tersebut menjadi berkurang.


Hindari Benturan

Amankan sendi yang sedang terkena asam urat usahakan agar sendi tersebut tidak terkena benturan, terinjak atau kejatuhan benda keras. Jika sampai hal itu terjadi, kondisi penyakit asam urat akan semakin menjadi sebab peradangan akan semakin melebar atau parah.


Kompresan

Mengompres sendi yang terkena asam urat bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk meringankan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit tersebut. Pengompresan tersebut bisa menggunakan es yang dibalut dengan handuk dan ditempelkan pada sendi yang sakit selama beberapa menit.


Obat Anti Inflamasi

Pihak medis biasanya akan memberikan obat anti inflamasi kepada penderita asam urat. Obat tersebut merupakan obat penolong pertama ketika serangan asam urat menyerang. Obat ini berfungsi untuk meredakan rasa nyeri dan menghentikan peradangan yang diakibatkan oleh asam urat. Obat anti inflamsi yang sering diberikan adalah etoricoxib, diclofenac dan juga naproxen.


Obat Cholchicine

Ketika obat anti inflamasi tidak dapat berfungsi kembali dokter akan memberikan obat cholchicine untuk meredakan serangan asam urat. Obat tersebut bukanlah obat pereda rasa sakit seperti obat anti inflamasi namun obat tersebut bisa berfungsi untuk mengurangi kristal natrium yang menyebabkan peradangan pada sendi. Jika kristal-kristal natrium berkurang akibatnya adalah efek dari serangan asam urat pun bisa berkurang pula.


Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah suntikan menggunakan senyawa sejenis steroid yang bisa digunakan untuk mengobati serangan asam urat parah. Dokter akan memberikan suntikan tersebut ketika kedua obat sebelumnya tidak mempan untuk mengatasi serangan asam urat. Sayangnya tidak semua penderita asam urat diperbolehkan mengobati asam urat dengan kortikosteroid. Pasien dengan komplikasi gagal jantung, gangguan pada fungsi hati dan juga gangguan fungsi ginjal dilarang keras mendapatkan suntikan ini.


Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 06th, November 2015 / 03:52 Oleh :
Kategori : Asam Urat