8 Bahaya Kopi bagi Penderita Jantung Koroner (#4 Paling Mengerikan)

Jantung koroner adalah rusaknya dinding pembuluh darah karena serangan radikal bebas yang mengakibatkan pembuluh arteri koroner tidak mampu memasok jumlah darah yang memadai menuju jantung akibatnya terjadilah penyempitan dan penumpukan serta pengerasan plak-plak pada dinding arteri koroner.

Bagimana jika seseorang yang menderita jantung atau sudah pulih dari sakit jantung menyukai kebiasaannya minum kopi? Apakah mengkonsumsi kopi diperbolehkan bagi penderita jantung koroner, atau bagi yang baru pulih dari penyakit jantung koroner atau mungkin bagi orang orang yang sedang menjalani terapi jantung sehat? Berikut akan dijelaskan mengenai dampak kopi bagi penderita jantung koroner, ciri-ciri, faktor penyebab dan cara pengobatannya secara alami.

Bahaya

Inilah dampak dari mengkonsumsi kopi bagi jantung Anda, terutama bagi penderita jantung koroner :

1. Denyut Jantung Akan Lebih Cepat

Seseorang yang mengkonsumsi kopi berlebihan setiap hari yaitu lebih dari 4 gelas perharinya, maka kafein pada kopi dapat menyebabkan denyut jantung menjadi sangat cepat, kondisi ini dapat menimbulkan jantung berhenti mendadak.

Artikel terkait : Detak Jantung Normal Manusia

2. Mempersempit Pembuluh Darah menuju Katup Jantung

Mengkonsumsi terlalu banyak kopi ( baca : Akibat Kebanyakan Minum Kopi ) dapat mempersempit pembuluh darah menuju katup jantung dan mengganggu kinerja jantung dalam memompa darah menjadi tidak lancar untuk dialirkan keseluruh jaringan tubuh.

3. Dapat Membuat Jantung Kelelahan

Mengkonsumsi kopi sebelum makan pagi dalam jumlah yang berlebihan maka dapat membuat kerja jantung menjadi lebih cepat, berat dan tidak beraturan. Kondisi ini dapat menyebabkan keseimbangan tubuh terganggu seperti sesak nafas, nyeri dada dan jatuh tak sadarkan diri.

Artikel terkait :

4. Dapat Mengiritasi Pembulih Darah Arteri Koroner

Kafein yang ada pada kopi jika terlalu banyak masuk di dalam darah maka akan merusak dan melukai pembuluh darah arteri koroner, yang artinya kafein dapat mendorong penumpukan asam lemak dan kalsium disekitar pembuluh darah arteri yang dapat merusak dan melukai dindingnya yang pada akhirnya dapat menyebabkan pergeseran dinding pembuluh darah arteri menuju jantung.


5. Dapat Mengganggu Arteri Koroner

Kafein yang berlebih dapat menyumbat arteri koroner jantung dengan cepat jika seseorang ternyata adalah pecandu rokok, pecandu narkoba, kurang istirahat ( baca : Ciri-Ciri Kurang Tidur yang Cukup ) dan dalam keadaan stres berat.

6. Menyebabkan Serangan Jantung Mendadak

Kafein yang berlebih dapat menghentikan denyut jantung secara cepat setelah 1 jam dikonsumsi yaitu bisa terjadi pada seseorang yang minum kopi pasif (tidak sering minum kopi).

7. Menyebabkan Pembuluh Darah Mengerut dan Mengecil

Kafein yang berlebih dalam tubuh dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi mengerut dan menimbulkan gangguan pada jantung saat sedang memompa darah. Denyut jantung menjadi lambat dan tersendat sendat. Hal ini dapat menimbulkan sesak dada, nyeri dada dan tidak mampu berjalan lama.

8. Dapat Menyebabkan Kematian

Seseorang yang mengalami kelelahan akibat pekerjaan, seseorang yang menderita hipertensi tetapi sedang terkena kelelahan tubuh, sedapat mungkin hindari kopi! Sebaiknya minum saja air putih sebanyak mungkin agar jantung tetap sehat. Kafein sangat berbahaya jika diminum oleh orang yang sedang menderita kelelahan atau kecapekan, Jantungnya tidak siap menerima zat berat dan memicu jantung bekerja dengan berat secara mendadak, jika tubuh tidak dapat menerima hal itu maka akan menyebabkan kematian.

Artikel terkait : Terapi Air Putih

Ciri-ciri Gejala Awal Jantung Koroner

  • Menderita sakit kepala yang berulang-ulang
  • Denyut jantung yang terkadang melemah terkadang pula sangat cepat
  • Dada terasa nyeri dan berat seperti tertekan beban berat
  • Sesak nafas dan nafas tidak bisa panjang
  • Perut mengalami kembung dan mual-mual ( baca : Cara Mengatasi Perut Kembung )
  • Tidak nafsu makan
  • Berkeringat dingin namun suhu tubuh normal dan tidak menggigil
  • Tubuh mudah merasa lelah dan lemas
  • Merasa haus yang terus menerus
  • Tangan kanan dan kiri terasa sakit dan kesemutan
  • Lengan kiri pada pria cenderung terserang rasa nyeri
  • Bagian bahu, punggung atau leher terasa kaku, nyeri dan sangat sakit jika digerakkan ( baca : Leher Kaku )

Faktor Penyebab Jantung Koroner

  • Adanya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah
  • Karena pola makan yang sembarangan (asal kenyang)
  • Karena asupan gizi yang tidak memadai
  • Tidak pernah atau jarang melakukan aktivitas olahraga
  • Karena adanya stres berat atau depresi yang berkepanjangan ( baca : Penyebab Stress )
  • Mempunyai bobot tubuh yang berlebih (obesitas)
  • Kebiasaan merokok atau kecanduan merokok ( baca : Bahaya Rokok bagi Jantung Manusia )
  • Karena faktor usia yang telah mencapai diatas 4o tahunan
  • Kebiasaan dengan gaya hidup yang kurang sehat
  • Karena faktor genetik (keturunan)

Hubungan Kopi dengan Jantung Anda

  • Mengkonsumsi kopi pada usia remaja sebaiknya tidak lebih dari 100 mg kafein perharinya. Hal ini agar terhindar dari serangan jantung dan penyempitan pembuluh arteri. ( baca : Pertolongan Pertama Serangan Jantung )
  • Mengkonsumsi kopi lebih dari 4 gelas atau setara dengan 400 mg kafein perharinya maka seseorang tersebut akan mengalami rasa gelisah, gugup, tidak dapat mengendalikan emosi, jantung berdetak kencang dan terserang penyakit sulit tidur.
  • Pria lebih mudah dan rentan mengalami gangguan keseimbangan tubuh dari pada wanita ketika mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan, denyut jantungnya akan mengalami penurunan dan terserang kesulitan tidur. Hal itu terjadi karena disebabkan adanya faktor hormon.
  • Kafein yang berlebihan dapat merusak sperma yang subur dan menurunkan kualitasnya menjadi lebih encer dan mempengaruhi kesuburan pria didalam kehidupan sexualnya. Pria dapat mengalami kemandulan.
  • Pada orang orang yang memiliki jantung yang lemah atau menderita lemah jantung mengkonsumsi kopi secara berlebihan dapat menyebabkan kondisi jantung semakin melemah dan menyebabkan seseorang menjadi tidak kuat berjalan lama dan terserang sesak nafas dan dada nyeri. ( baca : Cara Mengatasi Jantung Lemah )

Cara Pengobatan

Inilah obat tradisional terbaik dan aman untuk memperbaiki kinerja jantung akibat serangan kafein yang berlebih disekitar pembuluh arteri koroner.

1. Menggunakan Bawang putih

  • Bersihkan bawang putih lalu hancurkan atau diblender. Kemudian diseduh dengan air hangat lalu saringlah. Minumlah air bawang putih tersebut sekali sehari untuk melunturkan efek buruk kafein yang telah berada di dalam pembuliuh arteri menuju jantung.
  • Zat anti inflamasi dan anti bakterinya dapat membantu mengeluarkan racun yang ada pada kafein yang akan diproses lebih lanjut oleh ginjal menuju saluran kemih untuk kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin.
  • Bawang putih mempunyai zat antibiotik yang sangat kuat bahkan lebih baik daripada antibiotik dalam bentuk tablet. Antibiotik alaminya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kelebihan kafein di dalam tubuh tidak mempengaruhi kesehatan organ jantung.

Artikel terkait : Efek Samping Bawang Putih

2. Menggunakan Bonggol Temu Giring

  • Bersihkan temu giring kemudian haluskan lalu rebuslah dengan segelas air secukupnya. Setelah mendidih angkatlah lalu dinginkan. Jangan lupa saring airnya lalu minumlah sehari sekali setiap hari untuk menjaga pembuluh arteri koroner tetap kuat dan sehat karena terhindar dari radikal bebas termasuk hasil penyebaran kafein kopi yang berlebihan didalam tubuh.
  • Temu giring dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kinerja jantung dengan lebih baik dan mampu pula menghancurkan penumpukan kolesterol jahat yang ada diseputar pembuluh darah menuju jantung.

3. Menggunakan Daun Sukun

  • Ambilah 2 lembar daun sukun kemudian bersihkan lalu potonglah menjadi beberapa potongan, selanjutnya rebuslah hingga mendidih. Setelah matang dinginkanlah kemudian saringlah dan tambahkan madu sesuai selera Anda agar mendapatkan cita rasa rebusan air sukun menjadi lebih nikmat.
  • Minumlah dua kali sehari setiap hari agar kondisi jantung selalu berada dalam keadaan yang sehat dan fungsi jantung semakin baik

4. Menggunakan Daun Sirih Merah

  • Ambillah beberapa daun sirih merah lalu cucilah kemudian sobeklah menjadi beberapa bagian dan rebuslah dengan menggunkan air satu gelas ukuran besar atau sesuai dengan keinginann Anda.
  • Dinginkan lalu saringlah kemudian tambahkan madu atau air jahe buatan sendiri agar lebih nikmat. Minumlah ramuan ini dua kali sehari setiap hari agar jika ada penumpukan kolesterol yang berada diseputar pembuluh arteri menuju jantung mengalami pemecahan dan pembuluh darah terhindar dari penyumbatan. Kondisi ini akan membuat jantung selalu sehat.

Untuk menetralkan bahaya kafein ( baca : Efek Bahaya Kafein Bagi Tubuh ) pada kopi dapat ditambahkan susu atau air jahe agar kopi menjadi lebih sehat dan tidak terlalu berpengaruh negatif terhadap organ jantung. Untuk menetralkan kafein bisa juga dengan mengkonsumsi air mineral sebanyak mungkin. Air putih dapat menggagalkan pembentukan kristalisasi kafein di dalam pembuluh darah.

Setelah mengkonsumsi kopi, biasakanlah 1 jam setelahnya Anda meminum jus jeruk manis buatan sendiri yang ditambahkan madu, dapat membersihkan sisa kafein yang masih ada didalam pembuluh arteri menuju jantung dan juga mampu menggagalkan pembentukan kristalisasi zat kafein didalam pembuluh darah.

Artikel terkait :

, , , , ,
Post Date: Tuesday 12th, April 2016 / 10:47 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya