5 Bahaya Minum Teh Campur Susu Bagi Kesehatan

Minuman teh susu menjadi minuman tradisi di Indonesia yaitu sebagai minuman nikmat yang dapat dinikmati kapan saja dan di berbagai kesempatan. Minuman Teh dikenal memiliki senyawa yang baik bagi kesehatan, Begitu pula dengan susu yang kaya nutrisi untuk menunjang kesehatan tubuh sehari hari. Banyak yang beranggapan bahwa minuman teh dan susu dinilai sebagai minuman super sehat karena keduanya dinilai dapat meningkatkan kualitas nutrisinya. Benarkah?

Kandungan nutrisi yang ada pada teh dan susu :

1. Teh

Teh memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, Diantaranya:

  • Asam amino L-theanine
  • Flouride, cafein
  • Senyawa catching
  • Senyawa Myricetin, Quercetin dan Kaempfrol
  • Polifenol yang memiliki zat antioksidan tinggi melebihi antioksidan ayang ada pada sayuran

Jenis teh yang dimaksud adalah : Teh hitam, Teh Oolong, Teh Herbal, Teh putih dan teh hijau. (baca juga : bahaya minum teh setiap hari bagi tubuh )

2. Susu

Susu memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, diantaranya :

  • Protein dan mineral
  • Kalsium dan seng
  • Fosfor dan kaseinVitamin A, B dan C
  • Vitamin D dan lemak

Jenis susu yang dimaksud adalah : Susu sapi, Susu yak, Susu unta, Susu kambing, Susu domba, Susu kuda, Susu kerbau. (Baca juga : khasiat susu sapi murni)

Mengapa minuman teh tidak baik bagi kesehatan jika digabung dengan susu ?

Kandungan senyawa yang ada pada teh sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia namun jika dicampurkan dengan susu maka zat protein dan kalsium tinggi yang ada pada susu dapat menurunkan dan menghilangkan kualitas manfaat dari senyawa teh. Senyawa yang ada pada teh dan nutrisi pada susu pada dasarnya tidak akan pernah bisa bersatu untuk meningkatkan kualitas dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Jika ingin minum susu sebaiknya tidak mencampurnya dengan apapun termasuk teh agar nutrisi yang ada pada susu dapat terserap dengan baik didalam tubuh. Begitu pula sebaliknya minumlah teh tanpa campuran apapun termasuk susu agar manfaat teh dapat terserap langsung oleh jaringan tubuh. Mengkonsumsi teh dicampur susu setiap hari secara berlebihan dapat menimbulkan keluhan kesehatan bagi tubuh.

Bahaya minum teh campur susu secara tidak akan langsung berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi dalam takaran yang moderat (wajar). Jika berlebihan misalnya 3 gelas perhari dan dikonsumsi setiap hari maka akan menimbulkan beberapa keluhan kesehatan tubuh, diantaranya :


1. Serangan Jantung mendadak

Mengkonsumsi teh campur susu yang dilakukan setiap hari bahkan bertahun tahun sangat tidak baik bagi tubuh karena nutrisi pada susu dapat menghilangkan senyawa catchein yang ada pada teh. Keistimewaan zat catchein yang mampu melindungi jantung dari berbagai masalah seperti serangan jantung mendadak menjadi hilang dan tidak bermanfaat lagi. Minuman teh yang dicampur susu justru bisa mengakibatkan serangan jantung mendadak. (Baca juga : gejala serangan jantung)

2. Pembentukan batu ginjal

Kandungan kalsium dan protein yang ada pada susu dapat berubah menjadi racun dan memicu pembentukan batu ginjal dalam urin. Sehingga menyebabkan seseorang kesulitan buang air kecil. Menderita kerusakan ginjal dan menderita nyeri dibagian perut secara berkesinambungan. (Baca juga: ciri ciri batu ginjal)

3. Merusak daya tahan tubuh

Kandungan protein tinggi pada susu yang mencemari minuman teh yang mengandung cafein dapat merusak fungsi imunitas atau daya tahan tubuh, sehingga menyebabkan seseorang mudah terserang kelelahan dan mudah terserang flu atau masuk angin. (Baca juga: cara meningkatkan daya tahan tubuh)

4. Serangan radikal bebas

Zat antioksidan pada teh dapat berkurang dan bahkan hilang jika digabungkan dengan susu. Pada akhirnya minuman teh tersebut tidak memiliki keistimewaan untuk bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu mengendalikan bahaya serangan radikal bebas termasuk debu, sinar matahari dan asap terhadap tubuh. (Baca juga : bahaya polusi udara)


5. Berat badan sulit diturunkan

Jangan mencampurkan teh hijau dengan susu apapun alasannya, karena zat Catching yang ada pada teh hijau sangat ampuh dalam mengatasi kelebihan berat badan. Namun ketika dicampurkan dengan susu maka fungsi zat catching akan kehilangan kemampuannya untuk memecah lemak dalam tubuh. Akibatnya penurunan berat badan akan sulit terwujud. (Baca juga : cara mencegah obesitas)

Agar manfaat teh atau susu dapat segera dirasakan oleh tubuh sebaiknya minum minuman keduanya dengan cara terpisah misalnya pagi minum susu dan siang hari minum teh. Walaupun keduanya memiliki kandungan zat yang menyehataakan namun tidak selalu bisa digabungkan sesuka hati kita. Tidak semua nutrisi senyawa minuman dapat digabungkan dengan senyawa pada minuman jenis lain, Hal ini disebabkan setiap senyawa memiliki cara kerjanya masing masing yang sebenarnya satu senyawa tidak membutuhkan pergerakan dari senyawa dari minuman lain.

, , ,
Post Date: Wednesday 22nd, June 2016 / 03:16 Oleh :
Kategori : Minuman Berbahaya