Apakah Pterigium Dapat Disembuhkan? Intip Penjelasannya !

Salah satu jenis-jenis penyakit mata yang Anda perlu tahu adalah pterigium, yaitu sebuah kondisi di mana pada permukaan bola mata terdapat selaput yang bisa semakin tumbuh sampai akhirnya pupil mata sama sekali tertutup. Lesi ini bersifat nonkanker namun ketika terjadi pada salah satu mata atau keduanya tanpa ditangani secara cepat, penderita dapat kehilangan penglihatan.

Anda bisa mewaspadai penyakit mata ini dengan mengetahui apa saja yang menjadi ciri-ciri mata tidak sehat karena timbulnya selaput. Berikut adalah beberapa gejala atau keluhan umum pada penderita pterigium yang perlu segera diatasi.

  • Mata terasa mengganjal, apalagi saat selaput pterigium tersebut melebar dan bahkan bisa makin tebal.
  • Pandangan mulai samar-samar.
  • Pandangan mulai kabur.
  • Mata perih.
  • Mata gatal.
  • Mata teriritasi.
  • Mata memerah.

Belum ada kepastian tentang apa sebenarnya penyebab pandangan mata kabur seperti kondisi timbulnya selaput pada permukaan mata ini. Hanya saja, orang-orang yang memiliki mata kering serta aktivitas lebih banyak di luar ruangan dan lebih sering terpapar polusi hingga sinar matahari meningkatkan risiko terkena pterigium ini.

Jadi, apakah pterigium dapat disembuhkan?

Pterigium dikenal sebagai sebuah gangguan kesehatan mata yang tak membahayakan nyawa penderitanya, sebab bahkan kondisi ini terjadi sebagai hal yang normal seiring bertambah tuanya usia seseorang. Hanya saja, memang ketika selaput melebar, menebal dan menyebar, maka penglihatan tak akan semaksimal dan senormal sebelumnya sehingga bisa menghambat aktivitas.

Jika masih tergolong ringan, mata juga masih nyaman untuk melihat, maka tak ada penanganan khusus yang penderita perlu dapatkan setelah diperiksa. Yang jelas untuk mengetahui seberapa parah pterigium Anda, datanglah ke dokter agar bisa diperiksa dengan cara diukur kemampuan penglihatan lebih dulu, baru kemudian dokter perlu mengecek apakah kornea mata mengalami perubahan lengkungan.

Lalu, jika ditemukan sudah begitu parah sampai pandangan terhalang dan tak bisa mengerjakan aktivitas secara optimal, apakah dalam kondisi ini perawatan medis masih bisa diandalkan untuk menyembuhkan pterigium? Pada umumnya, pengobatan di bawah inilah yang biasanya diberikan atau dianjurkan supaya gejala mereda.

  • Terapi Obat

Ada potensi dokter merasa perlu memberikan obat-obatan khusus agar gejala bisa reda dan risiko peradangan bisa berkurang. Obat yang pada umumnya diberikan pada pasien antara lain adalah obat dalam bentuk tetes mata dengan kandungan pelumas alami dan steroid. Pada umumnya pun, pemberian obat-obatan masih bisa menyelamatkan di sejumlah kasus pterigium agar tak berlanjut pada komplikasi semacam mata berlemak (pterigium dapat menjadi salah satu penyebab mata berlemak).

  • Menghindari Paparan Polusi dan Cahaya Matahari

Agar pterigium bisa cepat reda dan hilang sambil juga mengikuti terapi medis, Anda perlu untuk membatasi diri dari paparan sinar matahari hingga polusi. Karena pterigium terpicu dari faktor-faktor tersebut, upayakan untuk melindungi bagian mata secara maksimal apabila Anda tak bisa menghindari kegiatan di luar ruangan.

Pemakaian kacamata hitam adalah salah satu contoh proteksi pada mata yang bisa dilakukan saat bepergian atau berada di luar ruangan. Jika masih kurang, gunakan juga topi agar menurunkan risiko pterigium dan mencegahnya bisa kambuh lagi. Konsultasikan pula dengan dokter tentang langkah alami apa saja yang bisa dilakukan untuk melindungi mata.

  • Operasi

Ketika obat-obatan yang diberikan oleh dokter tak memberikan hasil yang cukup signifikan atau dirasa tak cukup kuat dalam mengobati gejala pterigium, itu adalah tanda bahwa kondisi pterigium sudah cukup serius dan operasi pengangkatan selaput pasti dokter anjurkan. Operasi ini merupakan pilihan atau langkah medis yang bisa penderita ambil ketika obat tak efektif dan penurunan kemampuan penglihatan pasien terjadi secara terus-menerus.

Walau pterigium dapat diatasi dengan jalan operasi demi mengangkat selaput yang menghalangi pandangan mata, tetap saja ada kemungkinan pterigium bisa kambuh. Jadi setelah operasi sekalipun, Anda perlu tetap berada di bawah pemantauan dokter selama setahun penuh sambil juga terus mengonsumsi obat dari dokter.

Apakah pterigium dapat disembuhkan total? Bila disembuhkan secara total, maka kemungkinannya sangat kecil karena penyakit ini bersifat kambuhan, apalagi jika penderita tak bisa jauh-jauh dari faktor yang menyebabkan pterigium muncul. Perlindungan maksimal perlu dilakukan untuk mencegah gejala pterigium tidak mudah kembali, termasuk mengetahui cara menjaga kesehatan mata dan menjadikan mata Anda tetap lembab.