5 Aktivitas yang Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Mata

348

Kesehatan mata begitu penting untuk diperhatikan, karena organ satu ini sangat dibutuhkan untuk melihat dan menangkap informasi secara visual. Namun tidak banyak yang tahu bagaimana cara merawat mata agar tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari masalah penglihatan yang merugikan. Justru sebaliknya, banyak yang tanpa sadar melakukan berbagai aktivitas yang dapat membuat mata menjadi lebih cepat lelah. Nah, berikut ini ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan mata agar dapat berfungsi dengan optimal.

1. Membaca di Tempat yang Terang

Saat membaca atau menggunakan gadget, usahakanlah agar selalu melakukannya di tempat yang terang, atau dengan kata lain terdapat sumber pencahayaan yang baik. Hal ini bertujuan agar otot mata tidak tegang dan bisa tetap fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan, dan membaca pun menjadi lebih nyaman. Jika memaksa membaca di tempat yang gelap, maka akan memicu resiko mata rabun atau terkena silindris.

2. Mengkonsumsi Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, dan salah satunya juga turut membantu memelihara kesehatan mata. Mata membutuhkan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C dan E serta selenium dan zinc agar selalu sehat dan berfungsi dengan baik. Karena itu, penuhi kebutuhan tersebut dengan rutin mengkonsumsi buah untuk kesehatan mata dan sayur yang kaya vitamin dan mineral serta tinggi antioksidan.

3. Memakai Kacamata

Kacamata tidak hanya membantu mata yang rabun dalam memfokuskan penglihatan, namun juga dapat melindungi dari radiasi dan sinar UV. Saat sedang menggunakan gadget seperti smartphone dan komputer dengan intensitas waktu yang lama, cobalah untuk menggunakan kacamata antiradiasi agar mata terlindungi dari radiasi layar gadget. Sementara kacamata hitam dapat digunakan saat sedang berada di luar ruangan atau terpapar matahari langsung agar mata tidak terpapar dengan sinar UV yang membahayakan kesehatan.

4. Membagi Waktu Penggunaan Gadget

Penggunaan gadget memang sulit dihindari di masa sekarang ini, namun bukan berarti tidak bisa dibatasi. Jika kita memanfaatkan gadget untuk pekerjaan, ada baiknya waktu penggunaannya di bagi dalam beberapa waktu. Jadi mata bisa istirahat sejenak sebelum kembali menatap layar gadget.

5. Memeriksakan Mata ke Dokter

Tidak perlu menunggu sakit untuk memeriksakan kondisi mata ke dokter. Meski tidak mengalami keluhan apapun, ada baiknya agar mata diperiksakan secara berkala ke dokter mata. Dengan begitu, jika terdapat gejala awal dari gangguan yang terjadi di mata, kita dapat mengantisipasi dan mengatasinya lebih cepat. Tentu cara ini lebih efisien dalam menghemat masa penyembuhan dan biaya yang dikeluarkan.

Itulah aktivitas rutin yang bisa menjadi cara menjaga kesehatan mata dengan mudah. Yang terpenting adalah kedisiplinan diri untuk menerapkan cara di atas, agar mata terhindar dari masalah dan tetao berfungsi sebagaimana mestinya.