5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Saluran Pernapasan

168

saluran dan organ pernapasan berfungsi untuk mengangkut udara masuk dan keluar dari tubuh dengan sistem yang cukup kompleks. Masuknya udara dari luar seringkali kotor bahkan mengandung banyak bakteri dan virus, sehingga organ pernapasan begitu rentan terserang penyakit. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu memperhatikan kondisi lingkungan dan kesehatan diri sendiri agar tidak mudah sakit. Selain itu, 5 cara mudah menjaga kesehatan saluran pencernaan ini dapat dilakukan agar pernapasan selalu sehat.

1. Memperbanyak Ventilasi Udara

Ruangan yang kurang ventilasi cenderung tidak berganti udara di dalamnya, sehingga udara menjadi pengap dan kotor. Ini bisa menjadi sumber penyakit karena bakteri dan jamur lebih bebas berkembang biak. Nah, agar udara di rumah selalu bersih dan segar, perbanyaklah ventilasi udara di berbagai ruangan sehingga udara segar dari luar ruangan dapat masuk ke dalam.

2. Olahraga Rutin

Melakukan olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar dan sehat, tidak hanya pada otot namun juga berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh bagian dalam. Dalam hal ini, kesehatan pernapasan juga akan terjaga jika kita rutin melakukan olahraga, apalagi jika dilakukan di pagi hari karena udara masih terasa segar. Minimal lakukan olahraga selama 20-30 menit untuk menjaga stamina dan kesehatan paru-paru agar berfungsi dengan baik.

3. Menghindari Alkohol dan Rokok

Alkohol dan rokok merupakan dua benda yang sangat berbahaya bagi kesehatan, namun karena dapat membuat kecanduan banyak orang tetap mengkonsumsinya meski tahu akan berdampak buruk tubuhnya. Jika ingin organ pernapasan selalu sehat, hindari alkohol dan rokok di manapun berada. Bahkan jika Anda bukan perokok, jauhi orang-orang di sekitar yang merokok, agar tidak menjadi perokok pasif karena terpapar asap rokok orang lain.

4. Menghirup Udara Segar di Pagi Hari

Jika kesibukan tidak dapat memberikanmu waktu untuk berolahraga di pagi hari, setidaknya sempatkanlah untuk keluar rumah dan menghirup segarnya udara. Saat pagi, polusi udara masih sangat sedikit, dan udara masih terasa sejuk, jadi ini merupakan waktu yang pas untuk mendapatkan stok oksigen lebih banyak dan bersih untuk menjaga kesehatan organ pernapasan kita.

5. Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Agar kesehatan seluruh organ tubuh terjaga, tentu daya tahan tubuh perlu ditingkatkan agar tidak mudah terserang penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Variasikan jenis sayur dan buah agar kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi, dan terhindar dari kelebihan salah satu nutrisi. Kandungan antioksidan dalam sayur dan buah akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat melindungi organ pernapasan dari bibit penyakit.

Nah, itulah cara mudah menjaga kesehatan saluran pernapasan yang bisa dilakukan siapa saja, tidak hanya untuk yang sedang sakit namun juga bagus untuk diterapkan oleh orang yang sehat. Dengan organ pernapasan yang sehat, kita dapat bernapas dengan lancar dan mendapatkan oksigen yang cukup untuk dialirkan ke seluruh tubuh.