Sering Nyeri Saat Haid? Lakukan 5 Olahraga ini Untuk Mengatasinya

128

Sebagai seorang wanita, siklus haid pasti akan kembali dirasakan setiap bulannya. Sebagian memang hampir tidak memiliki keluhan apapun, namun sebagian wanita kerap merasakan nyeri dari ringan hingga berat saat menstruasi tiba. Tentu saja, jika rasa nyeri terus berlangsung, aktivitas dapat menjadi terganggu.

Tak jarang, saat mengalami haid bukan hanya rasa nyeri yang dirasakan, namun perubahan suasana hati dan gangguan kesehatan lainnya juga seringkali muncul seperti sering sakit kepala. Nah, salah satu cara untuk mengatasi nyeri haid bisa dilakukan dengan melakukan beberapa olahraga ringan seperti berikut ini.

  1. Jalan Cepat

Cara mengatasi nyeri haid yang paling mudah dilakukan adalah dengan jalan cepat atau lari santai. Olahraga satu ini bahkan tidak memerlukan biaya atau peralatan khusus. Cobalah untuk berjalan atau berlari santai di taman saat pagi hari agar rasa nyeri saat haid dapat berkurang. Gerakan di sekitar panggul saat berjalan atau berlari akan membantu merilekskan otot perut dan rahim sehingga rasa sakit perlahan akan hilang.

2. Yoga

Gerakan yoga terutama yang berpusat pada panggul juga dapat mengurangi rasa nyeri saat haid tiba. Yoga bisa dilakukan sendiri di rumah atau dilakukan bersama teman di kelas yoga. Yoga dapat menjadi cara menghilangkan nyeri saat haid yang bisa dilakukan kapan saja, tidak hanya untuk mengatasi nyeri namun juga dapat meningkatkan mood lebih baik.

3. Aerobik

Berbeda dengan jalan cepat atau yoga, aerobik membutuhkan tenaga lebih besar dan gerakan yang cepat. Namun jika sudah terbiasa melakukannya, aerobik justru sangat membantu dalam mengatasi nyeri haid yang mengganggu. Tidak hanya itu, aerobik mampu meningkatkan fungsi jantung dan paru serta stamina sehingga membuat tubuh terlihat bugar.

4. Plank

Plank merupakan salah satu gerakan olahraga yang terlihat sederhana namun hasilnya luar biasa. Cara melakukannya yaitu dengan mengambil posisi telungkup dan tubuh lurus, kemudian tangan dilipat dengan siku menempel pada dada. Angkat tubuh secara perlahan dengan menggunakan lengan bagian bawah, sementara jempol kaki ikut membantu menopang tubuh.

5. Berenang

Berenang mungkin akan membuat Anda mengeluarkan sedikit biaya namun olahraga ini juga dapat membantu dalam mengatasi nyeri haid. Berenang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Apalagi saat berenang hampir seluruh anggota tubuh ikut bergerak sehingga dapat membantu membakar lemak trans yang menumpuk dalam tubuh.

Selain melakukan olahraga di atas, masih ada beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan seperti menjauhi makanan yang dilarang saat haid agar nyeri tidak bertambah parah. Sebaliknya, konsumsi makanan ini agar haid teratur tanpa diiringi rasa sakit yang mengganggu. Bila nyeri terus berlangsung lama bahkan dapat menyebabkan pingsan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar dapat segera ditangani oleh tenaga medis.