Home Tips KesehatanKesehatan Wanita 16 Cara Agar Cepat Haid Bagi Wanita Yang Belum Pernah Haid Wajib Dicoba

16 Cara Agar Cepat Haid Bagi Wanita Yang Belum Pernah Haid Wajib Dicoba

by Erlita

Ada beberapa kasus di mana seorang wanita yang sudah menginjak usia remaja dan seharusnya sudah mengalami datang bulan namun belum sama sekali. Belum pernah haid atau amenorrhea juga tidak mengalami tanda-tanda khusus seperti tumbuhnya rambut di ketiak dan pembesaran payudara yang menjadi ciri pubertas, perlu adanya pemeriksaan. Namun, cara-cara agar cepat haid bagi wanita yang belum pernah haid di bawah ini juga layak dipertimbangkan.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Bila belum pernah haid, maka ada baiknya berupaya dengan cara yang sehat, yakni dengan melakukan olahraga serutin mungkin. Keterlambatan haid bisa jadi ada kaitan erat dengan kondisi kesehatan tubuh, khususnya kelancaran peredaran darah. Olahraga ringan bisa coba Anda lakukan secara teratur, misalnya:

  • Jogging
  • Bersepeda
  • Jalan kaki
  • Latihan Yoga
  1. Menghindari Olahraga Berat

Keterlambatan haid bisa jadi karena aktivitas fisik yang terlalu berlebihan. Kurang olahraga memang tak baik bagi kesehatan tubuh, namun olahraga yang berlebihan, khususnya yang berat juga rupanya dapat memengaruhi fungsi tubuh.

Olahraga berat seperti misalnya angkat beban juga menjadi hal menarik bagi beberapa wanita. Namun, olahraga seperti ini pun ternyata bisa menyebabkan ketidaklancaran haid atau bahkan memperlambat masa haid pada wanita sudah seharusnya mengalami di usianya.

  1. Menghentikan Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Siklus haid seorang wanita bisa saja terhambat dan haid pertama pun terlambat karena penggunaan obat-obat tertentu. Bila Anda mengonsumsi salah satu obat-obatan di bawah ini, maka hentikan pemakaiannya sesudah berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Contoh obat-obatan yang perlu dihentikan penggunaannya sebab mampu mencegah haid pertama seorang wanita adalah:

  • Obat tekanan darah.
  • Antidepresan
  • Antipsikosis
  1. Menurunkan Berat Badan

Perlu diketahui oleh setiap wanita, khususnya yang sudah seharusnya masuk dalam masa pubertas namun belum juga mengalami haid pertama bahwa obesitas bisa menjadi faktor penghambatnya. Haid pertama bisa menjadi hal yang diakibatkan oleh masalah berat badan berlebih sehingga penurunan berat badan bisa dilakukan tanpa secara berlebihan.

Carilah tips diet sehat yang sesuai dengan usia pertumbuhan agar obesitas dapat teratasi tanpa harus mengganggu masa perkembangan. Menurunkan berat badan bukan lantas berarti dapat berolahraga secara berlebihan. Porsi olahraga per hari sebaiknya diseimbangkan dengan pola makan yang juga baik supaya hasilnya memuaskan tanpa mengganggu kesehatan tubuh.

  1. Menghindari Diet yang Salah dan Berlebihan

Turunnya berat badan seorang wanita muda yang seharusnya memasuki masa pubertas sampai berada di bawah angka berat badan ideal bisa malah menjadi faktor penyebab keterlambatan haid pertama. Berat badan turun drastis pasti ada kaitannya dengan diet atau olahraga yang kurang tepat. Diet berlebihan untuk wanita muda yang belum pernah haid sebaiknya dihindari supaya bisa cepat haid.

  1. Mengatasi Stres

Tekanan dan stres adalah hal yang wajar terjadi pada kita sebagai manusia. Namun, hati-hatilah karena stres bisa menjadi faktor hormon di dalam tubuh tak seimbang. Ketika hormon tak seimbang dan bahkan tak stabil, ini rupanya bisa menjadi faktor yang mampu membuat haid pertama anak perempuan menjadi terlambat. Supaya cepat haid, tentu kelolalah stres dengan tepat melalui cara-cara mengatasi stres yang aman namun efektif.

  1. Menjaga Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi yang kurang tepat dan kurang seimbang tak hanya menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Penting untuk menjaga asupan nutrisi pada tubuh anak perempuan di usia pubertas supaya cepat haid, khususnya bagi yang belum pernah mengalami siklus ini. Berikut adalah cara-cara supaya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap baik.

  • Mengonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin C.
  • Minum air putih banyak dan cukup setiap harinya.
  • Mengonsumsi makanan-makanan sehat dan membatasi susu, daging, gula, kafein maupun coklat.
  1. Menghindari Kesibukan Terlalu Padat

Bagi anak-anak remaja, sibuk dan aktif mungkin menjadi hal yang menyenangkan. Namun hati-hati, kegiatan yang terlalu berlebihan dan dipaksakan sampai tak cukup waktu untuk beristirahat bisa saja membuat haid pertama menjadi terlambat bagi yang belum pernah haid. Supaya dapat cepat haid, cobalah mengurangi kegiatan yang padat dan beristirahatlah yang cukup.

  1. Memeriksakan Diri ke Dokter

Bila beberapa langkah alami sebelum ini belum juga memberikan hasil seperti yang diharapkan, cobalah untuk ke dokter dan memeriksakan diri. Pada beberapa kasus, wanita dengan masalah keterlambatan haid pertama di usia yang sudah seharusnya ada di masa pubertas rupanya mengalami kelainan struktur organ reproduksi.

Kelainan demikian dapat dialami oleh seorang wanita dari lahir. Ada sejumlah bagian penting dan utama sistem reproduksi yang tak dimiliki dalam kasus kelainan ini, yakni seperti ketiadaan vagina, leher rahim, atau rahim. Inilah yang kemudian menjadi penyebab mengapa seorang anak perempuan tak juga menstruasi. Periksakan segera dan konsultasikan dengan dokter supaya lebih jelas dan aman.

Demikianlah beberapa cara agar cepat haid bagi wanita yang belum pernah haid yang bisa coba untuk dipraktikkan di rumah. Bila cara-cara mandiri tak juga membuahkan hasil, akan lebih baik dan tepat bila mengonsultasikan kepada ahlinya, yakni seorang dokter.

You may also like