Home Tips KesehatanKesehatan Tubuh 6 Cara Meningkatkan Hormon Estrogen yang Wajib Anda Ketahui

6 Cara Meningkatkan Hormon Estrogen yang Wajib Anda Ketahui

by Nur Wachid, S.Pd

Bagi sebagian orang tentunya sudah tidak asing dengan hormon estrogen di dalam tubuh. Sebab hormon yang satu ini merupakan salah satu hormon yang penting berada di dalam tubuh.  Perannya dalam mengembangkan seksual dan reproduksi menjadikan hormon ini penting dijaga dan ditingkatkan perkembangannya. Terlebih bagi kamu pasangan baru, yang berkeinginan memiliki generasi. Keberadaan hormon yang satu ini menjadi sangat penting sekali. Tidak hanya pada diri wanita, hormon yang satu ini juga terdapat pada pria. Keduanya sama-sama memproduksi hormon estrogen. Mengingat hormon merupakan salah zat yang penting dalam tubuh manusia maupun hewan. Peran hormon di dalam tubuh adalah membawa informasi dan  instruksi dari satu sel ke sel yang lain. Bahkan hormon memiliki pengaruhnya terhadap hampir setiap sel, organ dan fungsi yang ada di dalam tubuh. Sehingga sangat penting hormon ini untuk dijaga dan dikembangkan di dalam tubuh. Terlebih bagi perempuan, khususnya hormon ini bisa mengatur pertumbuhan, perkembangan, fungsi jaringan, fungsi seksual, reproduksi  dan metabolisme yang ada di dalam tubuh. Namun selain itu Anda juga penting memahami akibat kelebihan estrogen agar bisa berhati-hati dalam menjaganya. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh, diantaranya sebagai berikut.

  1. Memanfaatkan Kunyit

Cara pertama yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan kandungan hormon estrogen adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit ini memiliki banyak kandungan, diantaranya karbohidrat, mineral, kurkumin dan sebagainya. Kurkumin misalnya yang ada di dalam kunyit diyakini dapat dijadikan sumber fitoestrogen, yakni suatu zat kimia alami yang mampu berperan sama seperti estrogen. Kandungan ini penting dimiliki oleh seorang wanita. Cara ini dirasa sebagai cara alami dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan tertentu, sebab kunyit memiliki kandungan yang tidak terlalu berbahaya bagi tubuh. Bahkan cara ini dipandang sebagai cara almi untuk meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh. Bahkan kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit ini juga baik sebagai penyeimbang hormonal pada masa menopause.

  1. Memanfaatkan Dauh Sirih

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hormon estrogen adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Daun ini bisa Anda konsumsi, sebab kandungan yang ada di dalam daun ini terkenal memiliki banyak khasiat. Selain bisa mengatasi bau yang tidak sedap di dalam tubuh, juga infeksi, daun sirih ini juga mampu mengatasi masalah kewanitaan. Termasuk dalam meningkatkan hormon estrogen yang ada di dalam tubuh. Cara ini dipandang sebagai cara alami yang aman untuk dikonsumsi.

  1. Memanfaatkan Kayu Manis

Selain kunyit dan daun sirih, cara alami selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hormon etrogen di dalam tubuh adalah dengan memanfaatkan kayu manis. Beberapa sumber banyak yang mengatakan bahwa kulit kayu manis ini memiliki senyawa alami yang sering dinamakan dengan cinnamaldehyde. Zat yang satu ini banyak yang menyakini mampu meningkatkan hormon estrogen di dalam tubuh. Tidak itu saja, kayu manis ini juga mampu membantu dalam usaha menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

  1. Menjaga Gaya Hidup Hidup Sehat

Selain cara-cara di atas, ada cara lain yang tidak kalah penting dalam usaha meningkatkan hormon esterogen yang ada di dalam tubuh, yakni dengan menjaga gaya hidup sehat. Terlebih bagi kaum perempuan, cara ini dirasa sangat penting dan perlu untuk dilakukan. Sebab dengan menjaga gaya hidup sehat sangat berpengaruh terhadap peningkatan hormon esterogen. Perempuan perokok misalnya, pola demikian perlu dirubah. Sebab perempuan perokok sangat rentan sekali membuat kandungan hormon ini menjadi sangat rendah, tentu dampaknya tidak baik di dalam tubuh. Hal ini disebabkan tidak lain karena asap rokok dapat menghambat peningkatan esterogen yang ada di dalam tubuh.

  1. Menjaga Rezim dan Olahraga yang Tepat

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan hormone esterogen di dalam tubuh adalah dengan menjaga rezim dan memperhatikan tips olahraga yang tepat. Olahraga yang tepat artinya olahraga yang tidak begitu melelahkan terhadap tubuh, sebab apapun itu termasuk olahraga jika dilakukan berlebihan maka bisa berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh. Yoga, barangkali salah satu olahraga yang tepat untuk dipilih bagi kaum perempuan. Sebab olahraga yang satu ini memiliki kapasitas gerakan yang sedang. Serta melibatkan banyak pelentur otot. Sehingga sangat pas dijadikan olahraga rutin dalam usaha meningkatkan kandungan hormon yang ada di dalam tubuh Anda.

  1. Memperhatikan Pola Diet

Diet, bagi kebanyakan orang, khusunya perempuan sering dilakukan. Mereka akan sangat khawatir ketika badannya mengalami pembengkakan, kegemukan, kelebihan berat badan atau sebagainya. Diet salah satu cara menurunkan berat badan dalam mengatasi hal ini, yang bisa membuat tubuh kembali langsing seperti yang banyak wanita idam-idamkan. Diet ini jika tidak diperhatikan dengan baik akan berdampak buruk terdapat peningkatan hormon esterogen yang ada di dalam tubuh. Diet yang salah justru merendahkan kandungan hormon ini di dalam tubuh. Untuk itu memahami pola diet yang baik dan benar tentu menjadi bagian yang sangat penting untuk dilakukan sebelum melakukan diet. Agar hal buruk di dalam tubuh Anda tidak sampai terjadi.

You may also like