Kuping Kemasukan Air – Penanganan dan Bahaya

Kuping kemasukan air adalah hal yang biasa terjadi pada siapapun ketika sedang melakukan aktifitas berenang, Menyelam, mandi, Bermain dengan air terjun dan apapun aktifitas yang berhubungan dengan air biasanya tanpa sengaja akan ada air yang masuk ke rongga saluran telinga bagian tengah dan terperangkap dikanal telinga sehingga tidak bisa keluar kembali sehingga telinga menjadi berdengung, Berdenging dan kualitas pendengaranpun menjadi berkurang.

Kondisi itu tidak perlu menjadi alasan untuk panik karena untuk mengeluarkan air yang masuk dalam telinga tidak dibutuhkan waktu yang lama bahkan Kondisi tersebut cenderung hanya menyebabkan rasa tidak nyaman ketika sedang berinteraksi (berbicara) dengan orang lain. Selain mengetahui cara mengatasi kuping yang kemasukan air lebih bijak jika kita juga mengetahui cara menjaga kesehatan telinga yang mudah dilakukan. 

Apa sebenarnya fungsi telinga ?

Telinga memiliki organ organ yang sangat sensitif yang berfungsi untuk mengontrol, Mengatur dan mengendalikan keseimbangan tubuh , Hal ini sangat berhubungan dengan kinerja saraf saraf otak yang dapat mengendalikan seseorang dalam mendengar sesuatu. Jika jaringan telinga rusak dan tuli maka akan mempengaruhi kinerja saraf otak dalam menerima informasi berupa suara atau bunyi bunyian, Sehingga seseorang tidak akan mampu berbicara dengan baik karena tidak mampu mendengar suara sendiri atau suara dari luar tubuhnya.

Jagalah bagian dalam telinga anda dari genangan air karena air dapat menjadi salah satu penyebab seseorang kehilangan pendengarannya atau mengalami gangguan infeksi yang mengacu pada penyakit telinga. Kemasukan air didalam telinga tidak boleh dianggap remeh karena dapat mempengaruhi kinerja pendengaran. Bagaimana cara memgeluarkan air didalam telinga agar cepat dapat dikeluarkan tanpa bantuan medis?

Penanganan

Ada 7 solusi terbaik  untuk telinga kemasukan air dalam waktu yang relatif cepat.

1. Miringkan telinga

Air yang mengendap dalam kanal telinga dapat dikeluarkan dengan cara memiringkan kepala kesamping dengan sudut kemiringan yang nyaris rata dengan lantai. Ambilah sejumput air lalu masukkan dengan cepat kelubang telinga dan biarkan beberapa detik kemudian cepatlah ambil posisi kepala yang dimiringkan ke sisi yang berlawanan, Dalam sekejab air yang ada dalam telinga akan tertarik keluar sesuai dengan gaya gravitasi sehingga air akan keluar dengan sendirinya.

2. Menutup mulut dan pegang hidung

Air yang menetap dalam telinga untuk sementar dapat dikeluarkan dengan cepat dengan cara menutup mulut dengan rapat dan menjepit hidung dengan tangan anda, Namun sebelumnya tariklah nfas dalam dalam dan panjang agar dada dapat mengontrol tekanan udara dan membuka saluran eustachius sehingga air yang tertahan dalam kuping mudah menguap dan keluar.

3. Teteskan air bawang putih

Untuk mengeluarkan airb yang terjebak dalam kanal telinga, Ambilah bawang putih yang diberin airb jeruk nipis secukuponya kemudian blender. Peraslah sari bawang poutih tersebutb lalu masukkan dalam pipet plastik atau karet yang gunanya untuk meneteskan beberapa kali air bawang putihn kedalam telinga yang sebelumnya sudah anda miringkan (miringkan kepala). Zat antibiotik dan inflamasinya mampu menarik air dan mengembalikan kebersihan telinga anda dari segala kotoran yang kemungkinan ada didalam telinga anda.

4. Tubuh berdiri dengan satu kaki

Ini adalah cara paling sederhana tetapi ampuh untuk mengatasi air yang terperangkap dalam telinga usai anda berenang. Ambilah posisi tubuh yang tegak berdiri namun dengan satu kai diangkat. Lalu goyangkanlah kepala kearah telinga yang tersumbat air didalamnya. secara spontan melompatlah. Ulangi cara ini berulangkali sampai air dalam telingan  bebar benar hilang.

5. Teteskan cuka dan alkohol

Cuka yang dicampurkan alkohol mempunyai sifat mengikat dan menguapkan air yang ada didalam telinga. Masukan campuran dua bahan tersebut pada pipet plastik atau karet untuk meneteskan beberapa kali kedalam lubang telinga namun sebelumnya miringkan kepala anda agaar mudah mengaplikasikan tetesan air cuka daan alkohol tersebut.

6. Mengunyah makanan

Mengunyah adalah aktifitas gerak yang dapat mempercepat terbukanya saluran eustachius sehingga air dalam telinga dengan mudah dapat dikeluarkan.

7. Menggunakan pengering rambut

hair dryer atau untuk blow rambut mengeluarkan hawa panas yang dapatb mengeringkan air didalam telinga dan menjadikan kondisi telinga tidak lagi berdengung. Ambilah posisi kurang lebih 20 cm hair dryer dari telinga anda. Berikan uap panas yaang lembut kerah teliunga yang kemasukan air. Untuk beberapa saat air akan menguap kering.

Bahaya

Air yang masuk dalam telinga dapat menjadi penyebab telinga berdengung dan sakit  serta mengakibatkan keluhan penyakit lain jika dibiarkan sakja selama berhari hari. Jangan biarkan air terperangkap dalam kanal telinga terlalu lama. Berikut ini bahayanya :

1. Dapat menimbulkan infeksi

Telinga yang tidak segera dibersihkan dari air yang menggenag dalam kanal telinga dapat mengalami infeksi jika ternyata  air yang masih tergenabng tersebut telah terkontiminasi oleh partikel beracun atau telah mengandung bakteri yang dapat menyebabkan congek. congek adalah cairan keruh yang bisa berbau kurang sedap akibat penumpukan infeksi yang nantinya mampu merusak tulang pendengaran bagian tengah. Jika tidak segera mendapat pemahaman tentang cara merawat telinga dengan baik dan benar serta tidak mendapat  perawatan yang intensif maka akan merusak jaringan otak.

2. Dinding saluran telinga meradang dan berdenging

Air yang terlalu lama menggenang dalam kanal telinga dapat menjadi penyebab telinga berdenging terus menerus dan kualitas pendengaran mulai menurun, Jika dibiarkan kondisi ini  memberi peluang pada bakteri yang terbawa oleh udara untuk masuk melalui rongga telinga dan berkembang biak didalamnya. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan disekitar dinding saluran telinga. karena bakteri bersifat melukai, Mengiritasi dan parasit sehingga dapat merusak dinding telinga bahkan dapat merusak jaringan telinga menuju gendang telinga

3. Memicu penyakit telinga bernanah

Jika air yang terperangkap didalam telinga dibiarkan terlalu lama misalnya berhari hari maka air tersebut akan menjadi tempat berkembang biak segala bakteri yang terbawa oleh radikal bebas dan bercampur dengan kotoran yang sebelumnya sudah ada didalamnya, Kondisi ini dapat mengakibatkan infeksi disekitar gendang telinga dan penimbunan luka akibat infeksi akan mengalami proses pembusukan dan menjadi penyebab munculnya penyakit telinga bernanah. Perlu diketahui bahwa Sangat bahaya penyakit telinga bernanah bagi kesehatan karena menyebabkan kerusakan sekitar gendang telinga.

Cara Paling Aman Melindungi Telinga dari Kerusakan

  1. Biasakan untuk membersihkan tahi telinga atau kotoran yang ada didalam telinga seminggu sekali dengan menggunakan cutton bud yang sebelumnya telah diolesi minyak telon maupun minyak zaitun. Hal ini untuk mempermudah pengangkatan kotoran tanpa harus khawatir akan melukai saluran telinga.
  2. Jangan biasakan membersihkan dalam telinga dengan mengunakan benda tumpul atau tajam yaang dapat melukai gendang telinga atau menggores dindung saluran telinga bagian tengah karena dapat memicu terjadinya infeksi. Benda yang terbuat dari logam dikhawatirnya telah mendapat proses pengkaratan sedangkan yang terbuat dari kayu disinyalir mudah dihinggapi bakteri atau parasit yang tidak mudah terlihat oleh mata biasa.
  3. Jangan biasakan mengorek kuping dengan kuku panjang yang dikhawatirkan telah terkontiminasi dengan bakteri atau partikel beracun lain yang dapat membuat infeksi saluran telinga bagian luar. Jika telinga gatal lebih baik bersihkan dengan cutton bud yang kering atu telah diolesi minyak telon atau minyak lainnya yaang tidak mengandung bahan kimia berbahaya.
  4. Biasakan unyuk meneteskan obat tetes telingan yang sudah banyak dijual diapotik ataun toko obat yang didalamnya mengandung zat anti inflamasi dan vitamin, Obat tersebut  diformulasikan khusus untuk mempercepat keluarnya kotoran yang ada didalam telinga. Gunakan tetes telinga dua kali seminggu agar kondisi telinga tetap bersih dan sehat.
  5. Jika ingin melakukan aktifiats berenang atau menyelam biasakan gunakan penutup rambut yang juga bisa menutup telinga guna perlindungan terhadap air yang masuk.
  6. hindari berenang pada air yang keruh dan kotor untuk mencegah masuknya bakteri atau virus yang sebelumnya telah mengendap didalam air.
  7. Jangan biarkan kuping anda terlalu sering mendengarkan suara suara yang keras lebih dari satu jam, Hal ini untuk upaya pencegahan menurunnya kualitas pendengaran. Ingatlah bukan hanya air saja yang dapat merusak kekuatan pendengaran normal manusia tetapi suara yang terlalu keras dapat melukai gendang telinga.