Ketahui 6 Hal Penting dalam Merawat Kesehatan Telinga

299

Kesehatan telinga sangat penting untuk kita perhatikan, karena dengan organ ini kita mampu mendengar suara dan memahami maksud dari perkataan orang lain. Sayangnya, banyak yang kurang menyadari kalau telinga sangat rentan dan mudah mengalami masalah kesehatan. Karena itu, dalam beraktivitas kita perlu memahami apa saja yang dapat mengganggu fungsi telinga, dan penting sekali mengenal perihal dalam merawat kesehatan telinga seperti berikut ini.

1. Bersihkan Telinga Hanya di Bagian Luar

Kita mungkin sering membersihkan telinga dari kotoran hingga ke bagian dalam dengan cara mengoreknya. Padahal kebiasaan tersebut tidak baik dan dapat mengganggu fungsi bagian dalam telinga. Karena itu, sebaiknya bersihkan telinga hanya di bagian luarnya saja dengan menggunakan kain atau air yang bersih.

2. Hindari Mendengar Musik dengan Volume Keras

Menyenangkan memang mendengarkan musik dengan suara yang keras, namun ini tidak baik untuk kesehatan telinga Anda. Volume musik atau suara yang cukup keras dapat menurunkan fungsi telinga dalam mendengar. Masalah ini tidak hanya timbul dari penggunaan headset, namun juga bisa terjadi saat sering mendengar musik menggunakan loudspeaker.

3. Segera Keringkan Telinga Setelah Berenang

Ketika berenang, seluruh tubuh akan terkena air tidak terkecuali dengan telinga. Hal ini membuat telinga rentan kemasukan air. Karena itu, usahakanlah saat berenang menggunakan kain penutup kepala dan telinga untuk menjaga telinga tetap kering. Bila tidak bisa, segera keringkan telinga dengan handuk yang bersih agar air tidak masuk ke dalam telinga dan menyebabkan infeksi.

4. Kunyah Permen Karet saat Telinga Berdengung

Pernahkah Anda merasakan telinga yang tiba-tiba berdengung? Jika iya, sebaiknya tidak perlu panik. Untuk mengatasi masalah tersebut akibat terlalu lama di pesawat atau kondisi lainnya, bisa dengan mengunyah permen karet untuk merangsang saluran eustachius menutup dan membuka. Selain itu, menelan dan menguap juga bisa menjadi pilihan agar dengung dalam telinga bisa segera hilang.

5. Infeksi Telinga Juga Bisa Terjadi pada Orang Dewasa

Umumnya infeksi telinga seperti otitis media kerap dialami oleh anak-anak, sehingga orang dewasa lengah dengan gangguan kesehatan tersebut. Padahal faktanya, orang dewasa juga bisa mengalami infeksi telinga meski tidak seintens anak-anak. Karena itu penting untuk selalu menjaga kesehatan telinga, dan jika terjadi infeksi telinga pada orang dewasa segera konsultasikan dengan dokter.

6. Hindari Penggunaan Ear Candle

Belakangan ini ear candle dianggap sebagai alternatif untuk membersihkan telinga dengan aman, padahal ini tidak benar. Ear candle justru dapat menyebabkan saluran lubang telinga menjadi kotor karena sisa lilin yang masuk ke dalam. Dampaknya telinga dapat tersumbat dan terinfeksi hingga menimbulkan masalah pada kesehatan telinga.

Hal penting di atas sangat perlu untuk dipahami agar kita selalu merawat kesehatan telinga dengan benar. Dengan menjaga kesehatan telinga kita dapat mencegah terjadinya tuli dan penyakit lainnya yang berhubungan indera pendengaran.