Sulit Hamil dan Keguguran? Hindari 5 Kebiasaan Ini !

150

Kehamilan merupakan suatu hal yang menjadi salah satu anugrah yang memang diinginkan untuk setiap orang yang sudah menikah. Bagi Anda yang tengah merencanakan untuk hamil dan punya anak, ada beberapa hal yang sekilas nampaknya sepele, namun ternyata berdampak pada sulitnya mendapatkan momongan, atau bahkan keguguran.

Tentu hal itu membuat pasangan menjadi sangat sedih, untuk itu kamu harus menyimak penjelasan berikut ini, Untuk itu 5 kebiasaan ini sebaiknya mulai Anda hindari dari sekarang.

1. Kebiasaan Tidur yang Buruk

Tidur tidak teratur, termasuk bahaya tidak tidur di malam hari karena sering begadang hingga waktu tidur kurang memiliki efek terhadap menstruasi yang tidak teratur. Menstruasi yang tidak teratur akan mengurangi kesuburan sehingga lebih sulit untuk bisa hamil. Selain itu kebiasaan tidur yang buruk juga menurunkan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih mudah infeksi. Infeksi dapat mengganggu siklus menstruasi dan merusak sperma sementara.

Tidur yang buruk dapat membuat kamu menjadi kekurangan metabolisme tubuhnya, dengan demikian tubuh akan menjadi lebih lemas. Hal ini tentu membuat tubuh dan bayi tidak memiliki kekuatan untuk bertahan, sehingga jika terus menerus dapat menyebabakan keguguran terjadi.

2. Terlalu Sering Konsumsi Makanan Cepat Saji

Seperti diketahui makanan cepat saji akan membuat gula darah meningkat secara drastis sehingga tubuh perlu ekstra mengeluarkan insulin. Padahal insulin diketahui memiliki hubungan dengan kesuburan, dan diduga membawa dampak buruk bagi kesuburan. Selain itu junk food juga tidak memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik bagi wanita hamil ataupun yang merencanakan hamil.

3. Sering Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi alkohol merupakan salah satu kesalahan yang dapat meingkatkan resiko infertilitas. Seorang wanita yang mengkonsumsi minuman beralkohol 3 kali atau lebih selama seminggu cenderung membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan kehamilannya dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol.

4. Perokok Aktif Maupun Pasif

Ketika Anda menghirup asap rokok, lebih dari 700 zat kimia masuk dan menyebar ke seluruh organ tubuh. Diketahui bahwa orang yang terpapar asap rokok cenderung memiliki gangguan kesuburan, semakin lama dan semakin banyak asap rokok yang masuk ke dalam tubuh, maka gangguan kesuburan juga semakin meningkat.

Bahkan pada perempuan merokok akan meningkatkan masalah pada saluran indung telur. Selain itu merokok juga meningkatkan resiko hamil di luar kandungan, terjadinya perubahan serviks bahkan kanker serviks. Karena berkurangnya oksigen dalam darah akibat partikel-partikel dari asap rokok maka juga akan merusak perkembangan sel telur di indung telur dan meningkatkan resiko gangguan janin serta keguguran.

5. Konsumsi Kafein Berlebihan

Konsumsi kafein bukan hanya dari minum kopi saja, akan tetapi termasuk aneka jenis minuman lain yang mengandug kafein seperti teh, coklat, dan beberapa jenis minuman ringan. Selain itu biasanya kafein juga ditambahkan dalam obat flu dan minuman berenergi.

Kafein ini dapat memicu kecemasan, insomnia, gangguan pada detak jantung dan tekanan darah tinggi. Selain itu kafein juga dapat menembus plasenta yang dapat mengakibatkan anemia, bayi lahir dengan berat badan rendah dan bahkan keguguran.

Yuk mulai memperbaiki gaya hidup dengan lebih sehat, agar lebih cepat dapat momongan dan bagi yang hamil dapat terhindar dari resiko keguguran. Karena mau bagaimana pun momongan merupakan salah satu anugrah yang diinginkan untuk mereka yang pasangan suami istri, jadi baik ibu maupun ayah, yuk jaga kandungan agar tidak keguguran ya.