15 Cara Mengobati Sakit Perut Karena Kepedasan Secara Alami Hingga Sembuh

1515

Suka makan pedas tapi perut yang tidak tahan dan akhirnya mengalami sakit perut? Hal tersebut cukup sering terjadi bagi beberapa orang, walau penggemar pedas sekalipun. Jadi sebagai solusinya, ketahui sejumlah cara mengobati sakit perut karena kepedasan paling alami dan mudah untuk Anda lakukan di rumah ini.

  1. Minum Teh Tawar Hangat

Sakit perut karena makan yang pedas-pedas dapat coba Anda obati dengan cara yang simpel, yakni meminum teh tawar hangat, ya jangan ditambah dnegan gula. Bahkan cara ini tergolong alami, aman serta efektif dalam menangani diare karena sakit perut akibat kepedasan.

  1. Minum Teh Peppermint

Teh herbal adalah suatu cara meredakan sakit perut yang bahkan disebabkan oleh makan pedas sekalipun. Kandungan anti-inflamasinya siap untuk menenangkan perut Anda.

  • Sediakan satu buah kantong teh peppermint, seduh di secangkir air panas beberapa menit.
  • Setelah kantongnya diangkat dan dibuang, tambah madu jika ingin sebagai penambah rasa dan khasiat.
  • Minumlah sehari 1-2 cangkir sampai perut terasa lebih baik dan tak sakit lagi.
  1. Minum Teh Jahe

Jahe memang dikenal sebagai rempah yang baik untuk mengatasi perut terasa penuh atau kembung, tapi sebenarnya cukup terbilang efektif untuk mengobati sakit perut akibat kepedasan.

  • Cukup sediakan 3 buah jahe masing-masing ukuran 1 inci, iris tipis-tipis dan masukkan ke dalam 400 ml air panas.
  • Seduh selama 30 menit sebelum akhirnya Anda saring dan tambahkan madu jika ingin menambahkan rasa.
  • Minumlah sehari 1-2 cangkir secara rutin sampai sakit perut sembuh.
  1. Minum Teh Hijau

Satu lagi rekomendasi teh yang baik untuk mengobati sakit perut Anda karena kepedasan, yakni teh hijau yang juga kaya akan sifat anti-inflamasi.

  • Seduhlah sekantong teh hijau di dalam secangkir air hangat 5-10 menit.
  • Singkirkan kantong tehnya dan tambahkan madu jika ingin menambah rasa manis.
  • Minum rutin 1-2 cangkir hingga perut tak sakit lagi.
  1. Minum Teh Kemangi

Alternatif teh lain lagi yang juga bisa Anda konsumsi untuk mengobati rasa sakit perut akibat makan pedas adalah teh kemangi karena sifat terapeutiknya yang tinggi.

  • Siapkan daun kemangi sekitar 4 lembar berikut air 1 ½ cangkir.
  • Rebus daun-daun kemangi tersebut sekitar 10 menit.
  • Setelah diangkat, tambahkan madu sebagia pemanis.
  • Saringlah dulu sebelum meminumnya dan minumlah 3 kali sehari untuk perut cepat sembuh.
  1. Makan Almond

Jika masalah sakit perut dialami cukup sering apalagi sesudah makan pedas, cobalah untuk mengonsumsi sekitar 6 kacang almond tiap sehabis makan pedas. Tak hanya mengobati sakit perut, kacang almond pun mampu mencegah kenaikan asam lambung.

  1. Makan Pisang

Ketika sakit perut melanda tepat setelah makan pedas, buah pisang adalah salah satu buah berkandungan kalium tinggi yang aman bagi pencernaan dan mampu mengatasi gangguan pencernaan. Setiap sehabis makan pedas, cobalah untuk mengonsumsi 1 buah pisang, bahkan ketika perut sakit karena kepedasan.

  1. Makan Apel

Selain buah pisang, apel pun akan menyirnakan rasa sakit dan tak nyaman di perut Anda karena makan yang pedas-pedas. Makanlah 1 buah apel saat perut sedang tidak enak, mulas ataupun mual sehabis menikmati makan pedas. Enzim pendukung proses pencernaan ada di dalam kandungan buah apel sehingga dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsinya.

  1. Makan Pepaya

Pepaya adalah jenis buah lain yang patut untuk Anda konsumsi juga ketika sakit perut karena kepedasan. Baik itu karena mulas atau bahkan karena produksi asam yang berlebihan, Anda bisa coba meredakannya dengan makan pepaya. Kandungan enzim yang ada di dalam buah apel sebagai pelancar sistem pencernaan ada pada buah pepaya sehingga bisa Anda andalkan.

  1. Mengonsumsi Yogurt

Yogurt adalah sumber makanan probiotik yang bisa mengurangi rasa sakit dan tak nyaman di perut sekaligus menenangkannya secara alami. Konsumsilah secangkir yogurt dingin setiap sehabis makan pedas atau ketika sakit perut akibat makan pedas supaya perut cepat merasa lebih baik.

  1. Mengonsumsi Lidah Buaya

Sakit perut karena kepedasan pun dapat Anda atasi dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Segelas jus lidah buaya dingin adalah yang paling dianjurkan sebab memang mampu menenangkan perut yang bergejolak dan membuat Anda merasakan kesakitan.

Minumlah 2-3 kali sehari sampai sakitnya hilang. Tapi perlu juga bagi Anda untuk membiasakan meminumnya juga setiap sehabis makan pedas agar perut tidak mudah sakit; jika penyakit maag-lah yang kambuh karena makan pedas, coba berbagai alternatif cara mengkonsumsi lidah buaya untuk maag.

  1. Berbaring Sejenak

Saat perut terasa sakit sekaligus ada sensasi panas yang dirasakan, Anda perlu mencoba beristirahat dengan berbaring dalam posisi tegak. Posisi kepala bisa Anda angkat di mana sekitar 15 cm lebih di atas kaki. Cara ini cukup membantu dalam meredakan rasa sakit sekaligus panas pada perut.

  1. Mengompres Air Hangat

Pertolongan untuk rasa sakit perut karena kepedasan juga dapat dilakukan dengan cara mengompres hangat bagian perut. Handuk bersih bisa Anda celupkan ke air hangat lalu tempelkan selama beberapa menit untuk memberikan efek rileks dan tenang bagi perut yang bergejolak.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Sakit perut biasanya dapat diatasi dengan menggosok-gosokkan minyak kayu putih pada bagian perut. Ada efek hangat yang ditawarkan oleh minyak kayu putih, sekaligus juga aroma yang menenangkan saat Anda menghirup minyak ini. Akan lebih efektif dalam mengobati sakit perut apabila disertai dengan konsumsi salah satu teh herbal hangat.

  1. Minum Air Putih

Simpel saja, Anda pun bisa mengobati jenis sakit perut karena efek makan pedas cukup dengan minum air putih supaya perut merasa lega. Hal ini bisa menjadi pilihan utama Anda ketika mungkin di rumah tak tersedia bahan-bahan alami yang sebelumnya sudah disebutkan dan direkomendasikan.

Jika cara-cara mengobati sakit perut karena kepedasan tersebut kurang mempan dan Anda masih juga merasakan ketidaknyamanan, segera ke dokter. Untuk sementara waktu, jangan biarkan tubuh mengasup makanan pedas dan biarkan pencernaan bisa lebih tenang.