12 Cara Menghilangkan Gas di Perut Sulit Keluar Paling Alami

241

Gas yang ada di perut atau lebih dikenal dengan kembung bisa terjadi karena berbagai faktor seperti makan terlalu berlebihan sehingga perut akan terasa sangat kekenyangan dan ukuran perut bertambah besar sekaligus meningkatkan rasa sakit karena sakit perut. Gas yang terbentuk dalam perut nantinya juga bisa menyebabkan kram atau kontraksi otot sehingga rasa tidak nyaman akan sangat terasa pada perut.

Penyebab perut penuh dengan gas juga bisa terjadi karena stress berlebihan, mengkonsumsi obat obatan, dehidrasi dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung gas tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa cara menghilangkan gas di perut yang terbilang mudah untuk dilakukan seperti ulasan dari kami berikut ini.

  1. Minum Teh Peppermint

Dari beberapa penelitian terbukti jika teh peppermint sangat baik dikonsumsi untuk menghilangkan gas pada perut dan sangat aman dikonsumsi lebih dari satu kali per hari untuk menghilangkan gas di perut dan penyebab perut kembung secara alami.

  1. Teh Jahe

Ada begitu banyak manfaat dari teh jahe khususnya untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti kram, nyeri pada perut, maag dan juga mengatasi perut bergas. Namun untuk para wanita hamil, sebaiknya hindari minum teh jahe untuk menghindari efek samping jahe yang bisa berdampak pada ibu dan juga janin dalam kandungan.

  1. Cuka Sari Apel

Menambahkan 1 sendok makan cuka sari apel yang diminum bersama teh atau air putih juga sangat ampuh untuk mencegah dan mengeluarkan gas dari dalam perut yang bisa dikonsumsi secara teratur sebelum makan dan tidak lebih dari 3 kali sehari.

  1. Minum Banyak Air

Minum air secara teratur tidak hanya baik untuk pencernaan. Namun dalam studi memperlihatkan jika minum air hangat 30 menit sebelum sarapan juga menjadi cara mudah untuk menghilangkan gas yang tertumpuk pada perut. Selain itu, minum banyak air juga sangat penting untuk mencegah sembelit dan mencegah masalah yang ditimbulkan dari dehidrasi namun jangan terlalu berlebihan karena ada juga bahaya akibat terlalu banyak minum air putih.

  1. Berjalan Jalan Sesudah Makan

Untuk menyingkirkan gas dan rasa kembung pada perut, maka bisa dihilangkan dari akar penyebab masalah tersebut, Ketika sedang mengunyah makanan, maka proses pencernaan akan dimulai sehingga makanan akan melewati beberapa tahapan.

Namun aktivitas memproses makanan yang kurang baik ditambah dengan terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung gas nantinya juga bisa menyebabkan gas terakumulasi pada usus. Untuk mencegah masalah ini, anda bisa berjalan jalan sesudah makan untuk membantu mencegah gas terbentuk pada perut.

  1. Rutin Berolahraga

Berolahraga juga menjadi solusi baik untuk mengatasi perut bergas sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Aktif menggerakan anggota tubuh khususnya bagian perut seperti melakukan olahraga di bawah in sangat efektif untuk mengeluarkan gas dari dalam perut:

  • Sit up
  • Plank
  • Crunching
  1. Gunakan Bantal Pemanas

Untuk mengatasi perut bergas karena masalah menstruasi yang biasanya juga disertai dengan kram dan penyebab nyeri perut bagian bawah, maka bantal pemanas bisa ditempelkan pada area perut untuk mengurangi perut kembung akibat gas. Namun untuk penderita hipotermia, tidak disarankan untuk menggunakan bantal pemanas sebab suhu tubuh sedang menurun karena menguapkan panas lebih dari yang dibutuhkan.

  1. Kunyit

Kunyit tidak hanya baik dikonsumsi untuk mengatasi nyeri dada karena gas, namun juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi untuk mencegah kerusakan paru paru. Kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk bubuk atau parutan jahe alami serta ditambahkan dalam masakan untuk mengatasi gas dalam perut secara mudah. Seperti jahe, kunyit juga tidak boleh dikonsumsi terlalu berlebihan karena ada juga efek samping kunyit yang bisa berbahaya untuk tubuh.

  1. Baking Soda

Selain cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda, baking soda atau natrium bikarbonat merupakan antasid yang bisa membantu pencernaan seperti mengatasi perut bergas secara mudah yakni minum air putih yang dicampur baking soda 1 hingga 2 jam sesudah makan. Namun hindari mengkonsumsi baking soda pada anak dibawah umur 12 tahun kecuali dengan resep dokter.

  1. Yogurt

Tidak hanya nikmat, namun probiotik seperti yogurt adalah mikroorganisme yang sangat efektif untuk mengatasi perut kembung dan juga bergas akibat bakteri baik dalam yogurt.

Cara menghilangkan gas di perut tidak harus selalu diatasi dengan mengkonsumsi obat obatan yang mengandung bahan kimia namun masih ada beberapa bahan alami yang sangat ampuh mengatasi perut bergas secara efektif.