Home Tips KesehatanKesehatan Pencernaan Begini 6 Cara Mengurut Perut Kembung Agar Sembuh Maksimal !

Begini 6 Cara Mengurut Perut Kembung Agar Sembuh Maksimal !

by Erlita

Perut terasa penuh alias kembung rupanya bisa diurut atau dipijat. Hal yang sangat normal dan umum ketika seseorang mengalami gangguan pencernaan karena proses penyerapan nutrisi yang kurang maksimal di dalam perut. Bagi Anda yang suka dengan cara mengatasi perut kembung melalui pijatan tradisional, maka berikut ini ada beberapa tips atau cara mengurut perut kembung yang mudah.

  1. Pijat Bagian Tengah Atas Pusar

Untuk perut kembung yang terasa tak nyaman dan bahkan menimbulkan rasa sakit, maka sebagai solusi Anda bisa mencoba mengurut bagian tengah perut atas pusar. Jika Anda bingung, maka sebenarnya lokasi tersebut adalah tempat bertemunya dua tulang rusuk pada perut Anda. Terkadang stres berat bisa mengakibatkan perut begah, tak nyaman dan penuh atau kembung, maka pijatan ini adalah yang paling tepat.

Pemijatan atau pemberian tekanan di lokasi ini merupakan cara mengatasi perut kembung yang disebabkan oleh stres dan gangguan mental lainnya. Ini karena stres mampu menjadi faktor yang membuat aliran darah terhambat khususnya di bagian perut, jadi pemijatan di area atau jalur tersebut akan menjadi solusi terbaik bagi nyeri usus dan distensi selain dari perut kembung.

  1. Pijat Bagian Sisi Kanan dan Kiri Pusar

Posisi lainnya dari perut Anda yang layak mendapatkan pijatan karena sedang kembung adalah bagian sisi kanan dan kiri pusar. Anda bisa memulai pijatan dari sisi ini dulu atau bagian atas pusar lebih dulu. Tiga jari tangan Anda bisa cukup langsung tempelkan pada area sisi pusar dan berikan pijatan dengan menekan-nekan bagian tersebut beberapa kali hingga Anda juga merasa jauh lebih baik.

Lokasi ini dianjurkan untuk diurut ketika sedang kembung karena memang jalur tersebut adalah lokasi pengaturan kinerja usus, limpa dan pencernaan. Berbagai masalah perut bisa terjadi, seperti halnya diare dan sembelit selain dari perut kembung, hingga bahkan usus yang terganggu sekaligus gangguan menstruasi. Hal itu bisa diatasi dengan menyentuh serta memberikan tekanan di jalur tersebut.

  1. Pijat Tepat di Bawah Pusar

Selain bagian atas pusar, lalu juga kanan dan kiri pusar, kini Anda bisa juga beralih untuk memberi pijatan pada area bawah perut. Perut kembung pun bisa diatasi dengan memberikan tekanan berulang dengan tangan Anda sendiri secara lembut pada bagian bawah pusar agar masalah pencernaan segera pulih.

Kalau biasanya titik atau lokasi bawah pusar yang dipijat adalah solusi untuk menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan fungsi ginjal, Anda bisa mencoba untuk memijatnya demi kesembuhan perut kembung. Hindari pemberian tekanan atau pijatan yang terlalu keras supaya tidak kemudian memperburuk kondisi perut yang sudah tidak nyaman.

  1. Melakukan Pijatan dengan Benar

Anda perlu tahu bahwa ketiga titik pijat tadi adalah titik akupresur yang memang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, jadi Anda cukup perlu menentukan titik mana yang Anda ingin beri pijatan. Saat memberikan tekanan, tekanan tersebut bisa ditahan hingga 3 menit lamanya untuk masing-masing lokasi yang sudah dianjurkan.

Ketika sudah 3 menit memberikan tekanan, barulah Anda berikan pijatan lembut satu per satu di seluruh lokasi yang tadi Anda tekan. Pijatan yang paling dianjurkan di sini adalah berupa gerakan atau gosokan memutar yang arahnya searah jarum jam, ya memutar. Jangan ada satu lokasi pun yang tertinggal untuk dipijat sebab Anda perlu melakukannya secara merata beberapa menit saja masing-masing.

  1. Minum Air Putih Hangat

Setelah selesai mengurut perut kembung menurut ilmu akupresur tersebut, masih belum selesai sebab Anda masih perlu juga mengonsumsi air putih hangat. Untuk memaksimalkan kesembuhan perut kembung Anda setelah diurut, minumlah air putih hangat tepat setelahnya sebanyak 500 ml.

Air putih hangat 500 ml adalah setara dengan 2 gelas yang dapat juga mengatasi perut kembung yang disebabkan oleh kondisi masuk angin. Jadi, terapi pijat akupresur ini bisa juga diimbangi dengan terapi air putih hangat yang akan membuat tubuh Anda terasa jauh lebih baik dan nyaman sesudahnya.

  1. Minum Air Jahe Hangat

Mengonsumsi air jahe hangat pun dapat menjadi alternatif dari air putih hangat jika memang ingin memaksimalkan terapi pijat perut kembung yang baru saja Anda lakukan. Tubuh akan jauh lebih hangat juga setelahnya sehingga proses pemulihan akan jauh lebih cepat dan maksimal. Namun, jangan terlalu banyak agar dapat menghindari efek samping jahe bagi tubuh.

Demikian cara mengurut perut kembung dan juga perawatan sesudahnya yang perlu dilakukan jika Anda ingin mengatasi masalah pencernaan tersebut secara alami dan efektif. Dalam pemijatan pun Anda juga sah-sah saja untuk menggunakan minyak atsiri supaya hasil kesembuhan lebih sempurna dan perut kembung lebih cepat pulih.

You may also like