13 Cara Mengatasi Lidah Kaku dengan Bahan Alami Termujarab

Lidah yang kaku dapat menjadi suatu tanda adanya sumbatan pembuluh darah atau bahkan salah satu jenis gangguan saraf. Apabila ingin menyembuhkan lidah kaku secara alami, maka berikut kami persembahkan beberapa rekomendasi cara mengatasi lidah kaku menggunakan bahan-bahan paling alami nan sederhana namun efektif untuk segera dicoba.

  1. Menggunakan Garam

Karena garam menawarkan kandungan antiseptik, maka lidah kaku kemungkinan besar bisa disembuhkan. Cobalah mencampurkan sesendok teh garam ke secangkir air hangat yang lalu bisa diaduk dan gunakan sebagai obat kumur sehari 4 kali. Atau secara sederhana, Anda bisa coba terapkan sedikit garam ke area lidah yang kaku sampai benar-benar sembuh.

  1. Memakai Lidah Buaya

Sifat penyembuh dari lidah buaya memang besar karena kita tahu khasiat lidah buaya untuk kulit luar biasa hebat hingga masalah lidah kaku. Ekstrak gelnya bisa diterapkan langsung ke lidah yang kaku dan ulangi setiap hari beberapa kali sampai lidah terasa membaik dan normal kembali.

  1. Menggunakan Minyak Esensial Lavender

Beberapa tetes dari minyak esensial ini akan membantu Anda dalam mengobati lidah yang kaku. Cukup masukkan beberapa tetes minyak ini ke air hangat 1 cangkir saja, campurkan dan gunakan untuk membilas bagian dalam mulut sehari beberapa kali supaya dapat dirasakan hasilnya segera.

  1. Memakai Tawas

Cukup mengejutkan mungkin karena tawas dianjurkan sebagai cara untuk menangani masalah lidah yang kaku. Namun tawas sendiri adalah bahan yang berkandungan sifat antiseptik serta astringent tinggi sehingga lidah yang kaku atau lidah yang meradang bisa ditangani secara tepat. Cukup ambil saja sedikit bubuk tawas yang kemudian Anda terapkan langsung pada bagian lidah yang terasa tak nyaman.

Tunggulah sekitar semenit setelah penerapan tawas ke bagian lidah kaku tersebut namun usahakan jangan sampai menelan tawas. Semenit berlalu, keluarkan dengan cara meludahkannya yang dilanjutkan dengan membersihkan bagian dalam mulut dengan air biasa. Lanjutkan perawatan dengan metode ini apabila ingin mendapatkan hasil terbaik bagi kesehatan lidah Anda.

  1. Memakai Cabai

Cabai diketahui menjadi bahan pereda inflamasi karena kandungan capsaicinnya, jadi tak salah bila mencoba untuk mencampurkan bubuk cabai secukupnya dengan setetes air untuk dijadikan bentuk pasta. Terapkanlah ke lidah yang kaku meski memang rasanya akan pedas dan menimbulkan iritasi di awal; sehari dianjurkan untuk menggunakannya 3 kali untuk hasil maksimal.

  1. Menggunakan Yogurt

Secangkir yogurt tawar atau plain dapat dicoba karena mengonsumsinya sehari sekali akan membantu mengatasi lidah kaku atau bahkan lidah yang mati rasa. Kandungan antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasinya akan membantu memulihkan kondisi lidah sebab yogurt merupakan salah satu jenis sumber makanan berprobiotik tinggi.

  1. Menggunakan Baking Soda

Sesendok teh baking soda dapat kita campur bersama secangkir air hangat yang kemudian dijadikan sebagai obat kumur sehari 4 kali. Asalkan pemakaian sesuai aturan, maka bahaya baking soda bukanlah ancaman. Mengandung anti-inflamasi dan antibakteri, segala macam gangguan kesehatan pada bagian mulut dalam akan dapat teratasi secara alami dan efektif.


  1. Menggunakan Daun Kemangi

Selain mengatasi bau mulut, daun kemangi juga merupakan bahan alami yang layak dicoba untuk mengatasi lidah kaku. Ambil saja beberapa lembar dan kemudian bersihkan lebih dulu sebelum mengunyah-ngunyahnya secara rutin sehari 3 kali. Tak salah memilih daun ini karena dapat menjadi salah satu perawatan alami yang efektif membantu.

  1. Memakai Kunyit

Bubuk kunyit 1 sendok teh yang dicampurkan ke dalam segelas susu panas bisa dikonsumsi secara rutin sehari sekali sampai lidah kembali normal. Kurkumin di dalam kunyitlah yang diketahui menjadikan rempah ini sebagai jenis analgesik alami dengan sifat antibakteri alami yang akan membantu pemulihan lidah.

  1. Minum Susu

Selain yogurt, susu sendiri pun akan menolong lidah yang kaku, mati rasa atau bahkan meradang karena susu sendiri mengandung anti-inflamasi di dalamnya. Konsumsilah segelas susu setiap harinya, baik itu 1 atau 2 kali sehari sebab kandungan bioaktif di dalamnya akan menjadi cara menjaga lidah agar tetap sehat senantiasa.


  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah alternatif dari minyak lavender yang bisa digunakan untuk lidah kaku Anda supaya cepat sembuh. Gunakan bola kapas untuk dicelupkan ke 1-2 sendok teh minyak kelapa yang kemudian bisa diterapkan pada lidah yang hendak diobati sehari 3 kali. Tunggu 10 menit barulah bersihkan mulut menggunakan air biasa.

  1. Memakai Madu

Asalkan madu yang digunakan madu murni dan asli, maka khasiatnya akan bisa dirasakan. Ketahui ciri-ciri madu asli dan setelahnya bola kapas basah bisa dicelupkan ke sesendok teh madu dan terapkan ke bagian lidah yang akan Anda obati. Biarkan kurang lebih 5 menit sebelum bagian dalam mulut dibersihkan.

  1. Memanfaatkan Biji/Daun Ketumbar

Satu lagi bahan alami ampuh yang bisa diandalkan, yakni sesendok teh biji/daun ketumbar yang dimasukkan ke dalam secangkir air dan rebuslah di panci. Ketika sudah mendidih, angkat dan saringlah ramuan tersebut, tunggu sampai dingin. Ramuan ini pas untuk dijadikan obat kumur sehari setidaknya 3 kali.

Demikian beberapa rekomendasi cara mengatasi lidah kaku dengan bahan alami paling ampuh layak dicoba. Jika memang lidah menunjukkan kekakuan sekaligus juga disertai keluhan lain yang tak kunjung sembuh, konsultasikan dengan dokter sebab ada kemungkinan Anda menderita penyakit stroke.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Kesehatan Mulut