7 Cara Alami Menghilangkan Gatal di Perut dan Tubuh

1142

Banyak orang seringkali mengeluhkan rasa gatal di beberapa area tubuh, salah satunya adalah area perut. Penyebab gatal bisa beraneka ragam, mulai dari reaksi alergi atau karena infeksi akibat jamur kulit. Gatal yang dirasakan pun bermacam-macam, bisa berupa gatal ringan atau gatal akut. Reaksi orang terhadap rasa gatal ini pada umumnya akan segera menggaruknya. Akan tetapi ada pula yang segera menggunakan pelembab atau bedak anti gatal. Cara mengobati gatal alergi berbeda dengan gatal karena infeksi jamur.

Rasa gatal di perut juga dapat dialami oleh ibu hamil. Tarikan perut yang semakin lama semakin membesar seringkali menimbulkan rasa gatal. Garukan yang dilakukan oleh ibu hamil jika tidak dikontrol akan menimbulkan bekas kehitaman di perut. Rasa gatal pada ibu hamil hanya berlangsung selama masa kehamilan dan akan mulai menghilang setelah melahirkan. Namun jika rasa gatal ini tidak diatasi dengan tepat dapat menimbulkan masalah baru yang cukup serius.

Gatal pada sebagian besar orang biasanya diakibatkan adanya infeksi jamur. Penyebab jamur kulit ini beragam, misal kurang menjaga kebersihan atau area tubuh yang terlalu lembab. Selain itu ada juga makanan yang dapat menyebabkan gatal pada kulit. Gatal dapat diobati dengan berbagai macam cara, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami atau juga menggunakan obat gatal khusus. Cara alami menghilangkan gatal di perut dapat Anda terapkan di rumah.

1. Ganti pakaian

Gatal di perut dapat disebabkan kulit tidak cocok dengan jenis pakaian yang digunakan. Anda harus memperhatikan jenis kain seperti apa yang cocok dan tidak cocok untuk kulit Anda. Jika pakaian yang digunakan adalah penyebab gatal, maka segera berganti pakaian dengan jenis kain yang tidak memicu rasa gatal. Biasanya jenis kain yang tidak mampu menyerap keringat, misal bahan wol, adalah pemicu rasa gatal.

2. Usap perlahan

Jika muncul rasa gatal di perut, usahakan jangan menggaruknya terlalu keras. Akan lebih efektif untuk mengusap secara perlahan area yang gatal. Usapan secara perlahan akan membuat Anda merasa nyaman dan mengurangi rasa gatal yang timbul. Gerakan mengusap juga tidak akan melukai kulit Anda. Berbeda dengan menggaruk yang dapat menggores kulit dan memicu iritasi jika kondisi kuku kotor.

3. Mandi air dingin

Jika Anda merasa gatal di perut atau hampir di seluruh tubuh, cobalah untuk mandi air dingin. Cara alami menghilangkan gatal di perut yang satu ini terbukti efektif untuk mengatasi rasa gatal. Air dingin terbukti lebih efektif mengurangi gatal jika dibandingkan dengan air hangat. Selain menghilangkan gatal, mandi air dingin dipercaya dapat melancarkan peredaran darah.

4. Gunakan bawang

Apakah Anda mengira bahwa bawang hanya digunakan untuk bahan masakan? Bawang bukan hanya sekedar bumbu masakan, bawang dipercaya sebagai bahan alternatif yang mendukung kesehatan. Bawang putih untuk lambung bermasalah juga dapat digunakan. Gatal di perut juga dapat diatasi menggunakan bawang. Jenis bawang yang dapat digunakan adalah bawang putih dan bawang merah. Bawang mempunyai kandungan zat anti bakteri dan juga anti jamur yang dapat mengobati gatal.

Penggunaan bawang untuk mengobati gatal juga cukup mudah. Anda cukup memotong bawang dan mengoleskannya pada area yang gatal. Gosokkan bawang secara perlahan dan lakukan cara ini secara berulang hingga gatal di perut tidak terasa lagi.

5. Air garam

Selain menggunakan bawang, cara alami menghilangkan gatal di perut selanjutnya adalah menggunakan air garam. Air garam dapat digunakan untuk menghilangkan gatal akibat infeksi jamur kulit. Untuk area perut yang gatal Anda dapat mengusapkan air garam menggunakan washlap atau kain bersih. Sedangkan untuk area kaki, Anda dapat merendamnya menggunakan air garam. Lakukan cara ini secara berulang hingga rasa gatal berkurang ataupun menghilang. Jangan menggunakan air garam di sekitar anak kecil, karena ada bahaya minum air garam yang perlu diwaspadai.

6. Minyak kelapa

Kandungan anti jamur dalam minyak kelapa dapat mengobati gatal di perut akibat infeksi jamur. Kandungan vitamin E dalam minyak kelapa juga akan meningkatkan kesehatan kulit. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada area yang gatal sambil gosok perlahan. Usahakan jangan menggosok dengan kuku untuk menghindari luka atau tergores. Lakukan perawatan ini berulang kali setiap kali rasa gatal muncul.

7. Gel lidah buaya

Cara alami yang menghilangkan gatal di perut selanjutnya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya. Gel lidah buaya akan memberikan efek dingin dan sejuk sehingga dapat mengurangi rasa gatal. Selain berfungsi mengurangi gatal, gel lidah buaya juga akan bermanfaat bagi kesehatan kulit area perut. Hal ini karena gel lidah buaya sangat ampuh untuk perawatan kesehatan dan kecantikan kulit. Selain mengandung banyak manfaat, gel lidah buaya juga sangat mudah ditemukan. Anda dapat menggunakan gel lidah buaya kemasan atau mengambil sendiri dari tanaman lidah buaya. Perlu diperhatikan untuk membuang getah ketika mengambil bagian dalam lidah buaya agar terhindar dari masalah gatal.

Itulah beberapa cara alami menghilangkan gatal di perut yang dapat Anda terapkan di rumah. Cara alami lebih efektif dan tidak mengandung risiko besar. Semoga bermanfaat.