14 Cara Mengobati Gatal Alergi dengan Ampuh

Salah satu hal yang membuat kita tidak nyaman adalah ketika muncul rasa gatal pada permukaan kulit. Gatal sendiri merupakan rasa yang muncul pada permukaan kulit yang memicu penderita untuk melakukan garukan. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan dan penyebab kulit gatal. Beberapa penyebab kulit gatal adalah seperti kulit kering, bakteri, jamur, dan banyak lainnya. Dari sekian banyak hal itu, salah satu yang sering menjadi penyebab gatal adalah karena alergi.

Gatal karena alergi bisa saja timbul karena karena kulit yang sensitif, mengkonsumsi makanan penyebab alergi gatal, dan juga penyebab lainnya. Untuk mengatasi hal ini, ada banyak cara mengobati gatal alergi yang bisa kita coba baik menggunakan obat gatal tradisional maupun medis. Beberapa hal yang bisa kita coba sebagai cara mengobati gatal alergi diantaranya adalah :

  1. Tidak menggaruk gatal tersebut
    Muncul nya rasa gatal tentu saja akan menimbulkan sensasi ingin menggaruknya. Namun sebaiknya anda tidak menggaruk gatal tersebut. Hal ini karena dengan menggaruk justru akan membuat gatal tersebut akan menjadi lebih parah dan juga dengan menggaruk akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada kulit
  2. Menggunakan hydrocortisone
    Hydrocortisone merupakan sebuah krim yang berfungsi untuk menghilangkan dan mengurangi rasa gatal pada kulit. Obat alergi gatal ini cukup ampuh untuk mengobati gatal karena alergi. Yang harus diperhatikan adalah penggunaan obat ini sebaiknya dengan menggunakan resep dokter. Selain itu, obat ini juga tidak boleh digunakan oleh mereka yang mengalami penipisan kulit.
  3. Menggunakan Protopic
    Protopic ini merupakan jenis obat gatal yang berbentuk krim yang akan mengurangi rasa gatal yang disebakan oleh alergi. Caranya cukup dengan mengoleskan krim ini ke bagian kulit yang mengalami gatal karena alergi. Hal yang harus diperhatikan saat menggunakan obat ini adalah jangan berjemur setelah menggunakan obat ini.
  4. Mandi menggunakan air dingin
    Salah satu cara mengobati gatal alergi adalah dengan cara mandi menggunakan air dingin. Mandi dengan air dingin dapat mengurangi ruam pada kulit yang disebabkan alergi dan menjadi penyebab munculnya gatal. Selain itu anda juga bisa mengompres bagian kulit yang gatal menggunakan air dingin juga.
  5. Menggunakan pakaian yang longgar
    Salah satu cara untuk mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh alergi adalah dengan cara menggunakan pakaian yang longgar. Jangan menggunakan pakaian yang ketat karena hal itu akan menyebabkan rasa gatal menjadi lebih buruk.
  6. Menggunakan daun salam
    Cara lain untuk mengobati gatal karena alergi adalah dengan menggunakan daun salam. Cara nya yaitu dengan menggunakan beberapa lembar daun salam yang sudah di cuci sampai bersih. Lalu tumbuk daun salam tersebut dan gunakan hasil tumbukan tersebut pada bagian yang muncul bintik merah pada kulit disertai gatal.
  7. Campuran minyak kelapa dan lemon
    Menggunakan campuran minyak kelapa dan lemon juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan gatal yang disebakan oleh alergi. Caranya cukup dengan mencampur kedua bahan tersebut dan oleskan pada bagian kulit yang mengalami gatal.

  8. Campuran minyak goreng dan garam
    Menggunakan campuran minyak goreng dan garam juga bisa menjadi salah satu cara mengobati gatal alergi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencampur kedua bahan tersebut lalu oleskan pada kulit yang gatal.
  9. Campuran minak kelapa dan lemon
    Hal lain yan bisa digunakan juga sebagai cara untuk menghilangkan gatal karena alergi adalah dengan menggunakan campuran minyak kelapa dan lemon. Caranya dengan mencampur kedua bahan tersebut lalu mengoleskan nya pada bagian yang dirasakan gatal
  10. Menggunakan lidah buaya
    Salah satu fungsi lidah buaya adalah untuk menyembuhkan alergi. Caranya pun cukup mudah. Cukup dengan memotong lidah buaya lalu gel yang dihasilkan dioleskan ke bagian kulit yang mengalami alergi.
  11. Menggunakan minyak zaitun
    Menggunakan minyak zaitun juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati rasa gatal yang disebabkan oleh alergi. Caranya cukup dengan membasuh dan menggosok secara lembut bagian kulit yang mengalami gatal tersebut dengan menggunakan minyak zaitun.
  12. Memanfaatkan minyak peppermint
    Minyak peppermint merupakan minyak organik yang dihasilkan dari daun mint yang juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa gatal karena alergi. Caranya cukup dengan menambahkan beberapa tetes minyak peppermint ini dengan air hangat lalu oleskan pada bagian kulit yang merasakan gatal.
  13. Menggunakan es batu
    Es batu juga bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengurangi rasa gatal yang muncul pada kulit. Caranya dengan mengkompres bagian kulit yang merasakan gatal. Rasa gatal akan berkurang karena rasa dingin akan membuat jaringan syaraf di bawah kulit menjadi lebih tenang.
  14. Menggunakan daun kemangi
    Cara mengobati gatal alergi juga bisa dengan cara menggunakan daun kemangi. Daun kemangi ini mengandung banyak minyak esensial yang bisa membuat rasa gatal pada kulit berkurang. Caranya adalah dengan merebus daun kemangi tersebut. Setelah itu, biarkan air hasil rebusan terbusan menjadi dingin. Lalu gunakan handuk untuk mengkompres bagian yang gatal menggunakan air hasil rebusan tadi.

Itulah beberapa cara mengobati gatal alergi yang ampuh dan bisa kita lakukan.

 

 

 

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Alergi