Home Tips KesehatanKesehatan Darah 12 Bahaya Leukosit Rendah Bagi Tubuh

12 Bahaya Leukosit Rendah Bagi Tubuh

by Henny Anugerah

Bahaya Leukosit rendah dapat terjadi pada semua orang tidak memandang usia dan jenis kelamin. Penyakit tersebut berhubungan dengan penyakit yang diderita. Leukosit adalah sel utama dari sistem imunitas yang dapat melindungi jaringan tubuh dari serangan infeksi penyakit yang merusak sistem antibodi.

Ada beberapa gejala awal seseorang memiliki sel darah putih yang rendah

1.Siklus haid tidak teratur
Seorang wanita yang memiliki siklus haid yang tidak kunjung usai tau terus menerus mengeluarkan cairan darah selama hamoir 2 bulan, Bisa dipastikan bahwa didalam tubuhnya telah kekurangan sel darah putih yang cukup banyak.
Baca juga : cara menghilangkan nyeri saat haid

2. Mudah jatuh sakit
Seseorang yang didalam tubuhnya kekurangan sel darah putih akan mudah terserang serangann bakteri dan virus dari orang lain atau lewat udara.

3. Mudah pingsan
Jumlah sel darah putih yang terlalu sedikit didalam tubuh dapat menyebabkan seseorang mudah pingsan secara mendadak. Keadaan ini dapat berlaku pada anak anak dan orang dewasa.

4. Mengalami anemia kronis
Seseorang yang terserang kurang darah dan tidak segera memperbaiki kualiatas sel darah merahnya maka akan terserang anemia kronis yang menyebabkan tubuh menjadi lemah dan tidak mampu berjalan jauh.
Baca juga : Cara mencegah anemia secara alami

5. Sakit kepala yang timbul tenggelam
Seseorang harus mewaspadai jika mengalami sakit kepala yang berulang dan timbul tenggelam , Karena itu adalah salah satu gejala awal paling sering menyerang orang orang yang memiliki sel darah putih yang kurang memadai didalam tubuhnya.
Baca juga : sering sakit kepala

6. Kehilangan stabilitas emosi
Seseorang yang tidak mampu mengendalikan dirinya dan mudah marah adalah salah satu gejala bahwa seseorang sedang mengalami jumlah sel darah putih yang kurang memadai didalam tubuhnya.

Bahaya

Ada 12 bahaya leukosit rendah jika dibiarkan dan tidak segera mendapat penanganan secara medis

1.Rusaknya kekebalan tubuh
Leukosit rendah didalam tubuh dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan dan kerusakan pada sistem kekebalan tubuh secara dratis sehingga mudah terserang bakteri serta virus yang terbawa melalui orang lain atau udara bebas.

2.Karena ada patogen dalam tubuh
Leukosit rendah bisa diakibatkan karena didalam tubuh seseorang telah mengendap zat zat beracun yang bersifat karsinogen yang menyebabkan seseorang terserang alergi kronis. Alergi kronis yang tidak dapat disembuhkan dalam waktu yang cepat dapat menyebabkan penurunan jumlah sel darah putih secara bertahap.

3. Liver mengalami peradangan
Leukosit rendah yang terjadi didalam tubuh lalu dibiarkan tidak mendapatkan penanganan medis maka liver hatinya akan mengalami infeksi dan peradangan. Sebenarnya sel darah putih mempunyai kemampuan melindungi dinding hati dari serangan zat zat yang bersifat karsinogen yang berada didalam jaringn tubuh.

4. Adanya sel kanker lukimia
Membiarkan tubuh kekurangan sel darah putih selama bertahun tahun tanpa adanya upaya untuk memperbaiki jumlah sel darah putihnya dengan penggunaan suplemen dan pola makan yang lebih sehat, Maka kondisi tersebut justru akan memberi peluang untuk pertumbuhan sel abnormal didalam DNA yang sedikit demi sedikit akan berubah menjadi sel kanker didalam darah yang dimasa depan akan berubah kembali menjadi kanker darah atau leukimia.

5. Penyakit lupus
Leukosit rendah didalam tubuh yang paling sering terjadi pada orang dewasa adalah berupa rusaknya jaringan sistematik tubuh karena serangan infeksi menahun yang telah meradang, Hal inilah menyebabkan seseorang terserang dapat terserang lupus.
Baca juga : ciri ciri lupus

6. Terpapar radiasi
Bahaya leukosit yang paling klasik terjadi diberbagai belahan dunia adalah berupa paparan radiasi dari alat alt medis yang memilki radio aktif berbahaya misalnya alat Scan atau kemoterapi. Dimana radiasi yang telah mengenai tubuh dapat memicu tubuh kekurangan jumlah sel darah putih yang memadai, Sehingga memungkinkan seseorang terkena keluhan penyakit lain yang berhubungan dengan kanker.

7. Akibat kemoterapi
Seseorang yang terlalu sering menjalani program penyembuhan dan pengobatan dengan mengggunakan alat kemoterapi kanker maka didalam tubuhnya memiliki peluang tubuh akan kekurangn sel darah putih yang sebenarnya dapat memperparah kondisi pasienya.

8. Terserang virus Aids
Seseorang yang terserang virus HIV dan tidak segera mendapat perawatan secara intensif oleh dokter yang terkait, Maka jumlah sel darah putihnya akan terus berkurang dan dapat menyebabkan seseorang kehilangan kekebalan tubuhnya.
Baca juga : cara mengetahui terkena Virus HIV/Aids

9. Perdangan parah pada jaringan tubuh
Tubuh luar atau bagian dalam yang mengalami gangguan infeksi dan terjadi peradangaan yang akut mampu mengurangi jumlah sel darah putih secara perlahan lahan, Sehingga seseorang dapat menderita tubuh lemah dan tak sadarkan diri.

10.Tubuh kurang asupan nutrisi
Seseorang yang kurang gizi atau didalam tubuhnya kekurangan nutrisi lengkap maka akan menyebabkan seseorang terserang leukosit rendah daan dapat memicu munculnya keluhan kesehatan lain. Misalnya gangguan hati, Memicu tumbuhnya sel kanker dan sebagainya.

11.Gangguan limfa
Gagguan limfa lebih sering terjadi karena terlalu banyaknya pembentukan sel darah disumsum tulang belakang dan jaringan limfa itu sendiri.

12.Terjadinya Hipertiroidisme
Seseorang yang mengalami produksi hormon tiroid yang terlalu banyak didalam tubuhnya maka akan mengalami hipertiroidisme yang menyebabkan menurunnya kualitas sel darah putih secara perlahan lahan.
Baca juga : penyebab hipertiroid

You may also like