Home Penyakit dan KelainanAnemiaAnemia Aplastik 10 Pengobatan Alternatif Anemia Aplastik yang Praktis dan Murah 

10 Pengobatan Alternatif Anemia Aplastik yang Praktis dan Murah

by Nur Wachid, S.Pd

Anemia aplastik merupakan sebuah penyakit yang berhubungan dengan kelainan darah. Akibat yang ditimbulkan dari penyakit ini berupa sumsum tulang belakang yang kehilangan kemampuan dalam memproduksi sel darah merah, putih, dan platelat. Sel darah merah dan sel darah putih sangat penting bagi tubuh. Jika salah satu mengalami ganggung atau tidak diprosuksi tentu akan bersinggungan dengan kesehatan tubuh. Terutama kesehatan sumsum tulang belakang. Jika hal itu terjadi sangat berbahaya untuk kesehatan.

Untuk itu sangat penting menjaga kesehatan dengan cara pola makan yang teratur, olah raga yang teratur, istirahat cukup dan makan yang seimbang antara sayur serta buah. Selain itu, bagi anda yang terkena penyakit tersebut jangan khawatir dan panik. Melalui artikel berikut akan memberikan sulosi untuk pengobatan penyakit anemia aplastik.

  1. Supleman Zat Besi

Pengobatan alternatif anemia aplastik pertama berupa suplemen zat besi. Melalui suplemen ini akan menormalkan kondisi sel darah serta akan meningkatkan trombosit darah secara teratur. Ketika sel darah ini telah kembali normal tentu secara perlahan akan membantu dalam kesembuhan penyakit anemia aplastik. Supleman ini tentu harus ditundajang dengan resep dokter yang pas dengan tubuh anda. Kandungan alga biru dan hijau yang kaya akan zat besi, sam emino esensial serta zat antioksida. Akan cepat menyembuhakn penyakit anemia aplastik. Penting membaca gangguan pencernaan.

  1. Jus Bayam Merah, Daun Ketuk dan Delima

Pengobatan alternatif anemia aplastik dapat juga dilakukan dengan jus bayam merah, daun ketuk dan delima. Ketika bahan itu sangat kaya kaan kandungan zat besi, yang mana zat besi sangat diperlukan untuk tubuh. Utamanya berkaitan dengan darah. Untuk itu, bagi anda yang menderta anemia aplastik sangat dianjurkan makan makanan yang mengandung zat besi. Selain kadungan zat besi juga terdapat mineral dan klorofil yang sangat baik untuk sel-sela darah. Tentu dengan meminum setiap hari akan sangat membantu dalam proses penyembuhan. Baca terkait penyebab kepala pusing mendadak.

  1. Kulit Manggis

Buah manggis memang terasa spesial. Namun, dibalik rasa itu juga terdapat kandungan vitamin yang tinggi untuk tubuh. salah satu kandungan zat antioksida. Kandungan ini akan meningkaykat imunitas dan menormalkan kadar hemoglobin serta trombosit dalam tubuh secara cerat. Untuk itu, sangat baik bagi anda yang menderita penyakit anemia aplastik.  Baca juga khasiat kulit manggis.

  1. Daun Sirsak

Pengobatan alternatif anemia aplastik berikutnya dalah daun sirsak. Daun ini memiliki zat anti peradangan, mineral dan zat besi yang tinggi. Kandungan inilah yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Terutama bagi anda yang menderita penyakit anemia aplastik. Cara untuk mengkomsumsi juga mudah dengan merebus dan diambil airnya. Dengan meminum secara teratur akan membantu dalam proses penyembuhan penyakit ini. Penting memahami efek samping daun sirsak.

  1. Teripang Emas

Pengobatan alternatif anemia aplastik dapat juga dilakukan dengan terapang emas. Terapang ini berupa kapsul teripang. Teripang ini merupakan jenis hewan yang hidup di kedalam laut yang memiliki terumbu. Dalam hewan ini memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan darah. Teripang emas memiliki kandungan asam amino essesnsial, omega 3, 6, 9 protein, mineral, zat kolega tinggi yang tentu sangat baik untuk sel darah merah, putih, dan platelat. Untuk obat ini banyak anda temukan di apotek dan toko obat. Baca juga darah rendah.

  1. Jahe Merah dan Gula Aren.

Kandungan yang terdapat dapat jahe dan gula merah tidak diragukan lagi. Karena telah banyak digunakan sebagai campuran obat alami. Untuk itu, bagi anda yang menderita anemia aplastik dianjurkan untuk menimum ketiga hal itu. Cara untuk membuat cukup mudah dengan merebuhnya dan ditambah dengan gula aren.

  1. Kunyit dan Daun Singkong

Pengobatan alternatif anemia aplastik dapat dilakukan dengan kunyit dan daun singkong. Sari dari daun singkong dan resapan dari kunyit dapat membantu dalam meningkatkan sel darah dan melindungi sumsum tulag belakang. Selain itu juga dapat memproduksi sela darah baru akibat serangan infeksi. Untuk itu, bagi anda yang menderita penyakit anemia aplastik sangat dianjurkan untuk menimum rebusan dari kunyit dan daun singkong.

  1. Kuning Telur, Madu dan Bayam Hijau

Campuran antara ketika bahan ini memang sangat baik untuk tubuh karena kaya akan nutrisi. Selain itu, kandungan antioksida juga akan membantu dalam proses penyambuhan karena akan menguatkan sistem imun dalam tubuh. Sehingga, akan bagus untuk proses penyembuhan.

  1. Buah Kurma

Buah ini tidak saja rasa yang lezat tetapi juga banyak kandungan vitamin. Salah satunya adalah mineral yang sangat baik untuk penumbuhan sel darah. Bagi penderita anemia aplastik tentu sangat baik karena akan membantu dalam pengobatan.

  1. Strawberry

Buah ini mengandung vitamin C, vitamin yang akan meningkatkan imunitas bagi tubuh. Bagi penderita anemia aplastik tentu sangat baik karena menjaga tubuh tetap fit dan bugar. Selain itu, juga sebagai alternatif penyembuhan.