Home Featured Ingin Tidur Yang Nyaman Dan Berkualias ? Simak Tips Berikut Ini

Ingin Tidur Yang Nyaman Dan Berkualias ? Simak Tips Berikut Ini

by Syara

Tidur merupakan rutinitas sehari – hari yang menjadi kebutuhan dasar semua orang. Namun sebagian dari kita mungkin belum menyadari pentingnya tidur yang berkualitas. Berkualitas dalam artian tidak sekedar tidur demi mengistrahatkan tubuh dan otak selama beberapa jam, setidaknya begitu terbangun keesokan harinya, tubuh dan otak seharusnya kembali segar untuk menghadapi hari.

Gangguan tidur pun sepertinya bukan hal baru, apalagi untuk masyarakat urban yang aktivitasnya tak kenal waktu. Susah tidur atau insomnia menjadi bagian yang sulit dihindarkan. Padahal kurang tidur efeknya buruk untuk kemampuan berkonsentrasi. Belum lagi efek lainnya seperti bertambahnya berat badan serta motivasi yang berkurang.

Bagaimana caranya menghindari gangguan tidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas ? Yang pertama dan utama adalah jangan begadang, selebihnya tips berikut mungkin akan membantu Anda tidur nyenyak.

Matikan Alat Elektronik Di Sekitar Anda

Satu jam sebelum tidur matikan alat elektronik yang berada di sekitar tempat tidur Anda. Alangkah lebih baik jika smartphone dan laptop letakkan di ruangan berbeda untuk menghindarkan Anda mengecek apapun di kedua devices tersebut.

Jika menggunakan alarm pada handphone, sebaiknya investasikan uang Anda pada jam alarm manual yang banyak dijual di pasaran.

Buat Ritual Sebelum Tidur

Lakukan hal – hal yang mensugesti otak dan tubuh Anda bahwa waktu tidur telah tiba. Jadikan hal tersebut menjadi kebiasaan. Seperti misalnya mandi sebelum tidur, meminum teh herbal, atau membaca buku. Aktivitas yang positif yang tentunya baik untuk tubuh namun juga memberikan signal ke otak Anda bahwa waktu tidur telah tiba.

Anda boleh berolahraga sebelum tidur, tapi lakukan dengan intensitas yang ringan. Hal ini dikarenakan olahraga berat malah akan mengganggu pola tidur Anda.

Konsisten Pada Waktu Tidur Dan Bangun Tidur

Sebagian orang memilih tidur larut di akhir pekan dan menghabiskan Minggu paginya dengan tidur. Kebiasaan ini akan dirasakan efeknya pada keesokan harinya, saat seharusnya Anda bangun dengan segar bugar demi menghadapi awal hari, namun karena pola tidur yang tidak teratur Anda malah menjadi tidak bersemangat seharian penuh.

Jika Anda tidur di pukul 10 malam dan bangun pagi di pukul 5, pertahankan hal tersebut hingga menjadi kebiasaan. Anda akan melatih tubuh Anda untuk terbiasa dengan pola seperti itu. Tanpa alarm pun tubuh Anda akan refleks terbangun di waktu – waktu tersebut.

Hindari Ngemil Atau Makan Di Tengah Malam

Makan besar ataupun ngemil sebelum tidur akan mengganggu kualitas tidur Anda. Biasakan makan malam lebih awal. Terkadang kita terbangun di malam hari karena merasa lapar dan memutuskan untuk ngemil sembari mengisi perut. Namun pada kenyataannya di saat – saat tersebut yang Anda butuhkan hanyalah kembali tidur bukannya ngemil atau mencari makan demi memuaskan rasa lapar Anda.

Buat Suasana Kamar Anda Senyaman Mungkin

Secara tidak langsung kamar yang nyaman akan membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Biasanya kamar dengan temperatur yang sejuk akan lebih membantu Anda tidur dengan nyaman.

Perhatikan pula tempat tidur Anda, ada baiknya mengganti kasur setiap 7 – 10 tahun sekali sesuai rekomendasi dari Better Sleep Council. Hal ini demi menunjang kenyamanan tidur, agar tidak terbangun dalam kondisi badan pegal – pegal.

You may also like