Home Featured Supaya Gigi Tidak Ngilu Melulu, Intip 5 Cara Merawatnya yang Benar

Supaya Gigi Tidak Ngilu Melulu, Intip 5 Cara Merawatnya yang Benar

by Erlita

Gaya hidup yang kurang tepat dapat menjadi pemicu meningkatnya sensitivitas gigi sehingga akhirnya keluhan gigi ngilu pun jadi langganan. Gigi ngilu berulang sebenarnya karena pola makan yang kurang sehat, jadi jika memiliki gigi sensitif maka berikut di bawah ini adalah beberapa cara merawat supaya ngilu tak mudah kambuh.

  1. Menyikat Gigi dengan Benar

Menyikat atau menggosok gigi yang benar adalah gerakan dari atas ke bawah, yakni dari gusi ke gigi yang juga disebut metode merah putih. Teknik menyikat gigi seperti ini dbianggap sebagai salah satu cara menjaga kesehatan gigi dan tentunya akan meminimalisir pula gigi ngilu pada gigi sensitif.

  1. Serum Gigi

Untuk gigi bebas ngilu dari apapun penyebab gigi ngilu, serum gigi akhir-akhir ini diyakini sebagai salah satu perawatan terbaik. Bahkan cara menerapkannya pun tergolong simpel, yaitu dengan mengoleskannya pada gigi langsung. Serum berfungsi sama dengan pasta gigi, namun memang daya serap ke gigi jauh lebih tinggi serum. Inilah kenapa serum gigi direkomendasikan, yakni karena email gigi jadi tak mudah terkikis.

  1. Membatasi Makanan Asam

Makan atau minum yang asam-asam memang adalah yang paling bisa memicu kengiluan pada gigi, terutama yang memang sudah punya gigi sensitif. Makanan asam seperti yogurt, jeruk, kedondong, dan lainnya sebaiknya dibatasi walau menyukainya. Gigi sensitif dan ngilu sebenarnya karena efek rasa asam pada makanan tersebut mampu mengabrasi gigi.

  1. Menggunakan Pasta Gigi Khusus Untuk Gigi Sensitif

Untuk gigi sensitif dan gampang ngilu, pemilihan pasta gigi jelas bukan yang sembarangan. Pastikan bahwa jenis pasta giginya adalah yang khusus untuk gigi sensitif sebagai cara mengobati gigi ngilu. Karena tersedia dalam banyak pilihan di pasaran, maka tentunya Anda perlu memilih pasta gigi jenis tersebut.

Ini karena pasta gigi khusus untuk gigi sensitif dibuat dari bahan yang berbeda dari pasta gigi pada umumnya untuk gigi normal. Ada kandungan-kandungan baik di dalam pasta gigi ini yang siap menjadi pelindung gigi supaya tidak gampang ngilu apalagi ketika sedang makan makanan dan minum minuman tertentu.

  1. Tidak Minum Minuman Bersoda

Tidak minum soda juga adalah salah satu cara paling mudah supaya gigi sensitif tidak gampang ngilu karena soda penyebab gigi sensitif. Kadar gula pada minuman bersoda sangatlah tinggi dan asam dalam mulut bisa-bisa meningkat karena jenis karbonasinya. Bila memang ingin tetap minum soda atau harus mengonsumsinya, netralisirkanlah dengan minum air putih yang banyak supaya gigi tak mudah ngilu.

Kalau Anda punya masalah dengan gigi sensitif dan ngilu kerap datang dan pergi, itulah beberapa tips perawatan yang layak dicoba. Konsultasikan dengan dokter spesialis gigi apabila cara-cara mengatasi gigi sensitif secara mandiri tak juga mampu meredakan ngilu.

You may also like