Home Tips KesehatanKesehatan Gigi 11 Cara Menumbuhkan Gigi Ompong Ampuh Wajib Diketahui

11 Cara Menumbuhkan Gigi Ompong Ampuh Wajib Diketahui

by Erlita

Beberapa orang mungkin khawatir dan tidak tahu bagaimana harus meningkatkan rasa percaya diri ketika giginya mengalami kerusakan dan telanjur ompong. Adakah kiranya cara menumbuhkan gigi ompong kembali? Sayangnya, gigi yang sudah ompong tak bisa lagi tumbuh secara alami, maka beberapa cara inilah yang kiranya dapat dilakukan.

  1. Implan

Kini pilihan untuk menumbuhkan gigi ompong secara medis adalah dengan cara implan gigi. Implan dapat menjadi pilihan utama bila khususnya Anda mengalami pengecilan rongga mulut sehingga gigi palsu tak dapat dipasang. Pemasangan implan sendiri adalah dengan sekrup titanium yang dimasukkan pada bagian dalam tulang rahang pasien supaya gigi palsu tertopang dengan baik.

Karena merupakan langkah operasi, pemasangan implan ini tak semua orang bisa cocok di mana ada beberapa bahaya implan gigi yang wajib diwaspadai dan lebih dari itu juga, biaya implan pun lebih tinggi. Biayanya yang tinggi pun setara dengan kualitas yang baik di mana implan bisa bertahan hingga beberapa tahun lamanya serta mendukung pencegahan pengecilan rahang sebagai akibat dari ompongnya gigi.

  1. Gigi Palsu

Supaya memiliki gigi lagi, gigi yang ompong bisa diatasi dengan penggunaan gigi palsu di mana pilihan solusi ini juga jauh lebih bersahabat bila bicara soal biaya. Tak hanya itu, gigi palsu pun jauh lebih gampang untuk Anda bersihkan sekaligus pemasangan dan pencopotannya. 2 jenis gigi palsu ini bisa menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan:

  • Gigi tiruan sebagian
  • Gigi tiruan lengkap

Bila gigi ompong mempersulit Anda untuk mengunyah ketika makan, maka gigi palsu atau tiruan adalah solusi yang bisa dipilih apalagi karena gigi palsu bisa juga dibentuk sesuai bentuk mulut pasien, baik itu yang terbuat dari plastik atau logam. Meski begitu, gigi palsu harus lebih sering diganti karena tak seawet implan demi menghindari bahaya gigi palsu.

  1. Stemsel

Teknologi stemsel pun mampu menjadi pilihan untuk mengatasi gigi ompong. Metode ini lebih kepada penanaman sel-sel di tulang rahang yang kemudian disusul dengan pemberian protein supaya mendukung pertumbuhannya. Pembentukan enamel dan dentin terjadi setelahnya berikut juga gigi muda pada rahang pasien.

  1. Bridge

Gigi ompong pun bisa coba diatasi dan ditumbuhkan secara medis melalui metode bridge di mana pilihan metode ini bisa ditempuh jika kurang begitu suka dengan pilihan solusi gigi palsu dan implan. Bridge adalah metode di mana gigi palsu membutuhkan penyangga, yakni dua buah gigi yang ada di sisi-sisinya.

Crown akan dipasang di tempat di mana enamel gigi kiri dan kanan dari gusi yang ompong sudah dokter gigi kikis. Nantinya 2 buah crown inilah yang menjadi pengapit gigi palsu yang dokter gigi buat. Bahan pembuat gigi palsu untuk bridge ini biasanya adalah porselen, logam campuran, emas atau juga bisa kombinasi dengan daya tahan bisa sampai belasan tahun.

  1. Hydrogel

Terbuat dari peptida, obat-obatan khusus dan protein, terbentuklah dan terkembangkanlah hydrogel di mana desain hydrogel ini adalah sebagai pendorong sel induk yang bertujuan menghidupkan kembali pertumbuhan dan regenerasi gigi. Saat regenerasi terjadi, hydrogel ini pun dapat hilang dengan sendirinya tanpa membahayakan pasien. Namun, metode ini masih termasuk tahap percobaan di dunia kedokteran gigi.

  1. Sel Embrionik

Pernah ada penelitian yang berfokus pada penggunaan sel embrionik dalam menumbuhkan gigi yang ompong di mana metode ini rupanya juga berpeluang besar menjadi solusi regenerasi gigi. Hanya saja, biaya yang dibanderol tergolong sangat mahal sehingga cukup sulit untuk dijangkau masyarakat pada umumnya.

  1. Remineralisasi

Perawatan dalam bentuk remineralisasi pun disebut-sebut menjadi cara menumbuhkan gigi ompong walau tidak sepenuhnya benar bahwa gigi ompong bisa tumbuh lagi. Perubahan pada tips diet sehat dan tepat mampu membantu proses remineralisasi, yakni dengan langkah-langkah seperti:

  • Mengonsumsi produk olahan susu lebih banyak.
  • Diet rendah asam fitat, yakni mencoba mengurangi asupan kacang-kacangan dan biji-bijian.
  • Menghindari gula sama sekali.
  • Mengonsumsi kulit telur yang bisa coba diolah menjadi smoothies karena kandungan kalsium dan mineral lainnya cukup tinggi di dalam kulit telur walau memang cara ini agak kurang umum.

Itulah beberapa cara menumbuhkan gigi ompong kembali yang bisa Anda coba tempuh. Meski begitu, akan jauh lebih baik kalau Anda dapat mencegah gigi ompong, yakni dengan cara merawat kesehatan gigi dan juga tak ketinggalan dengan cara merawat gigi agar putih dan sehat secara rutin, seperti menyikat gigi sehari 2 kali dengan pasta gigi ber-fluoride dan rajin memeriksakan kondisi kesehatan gigi ke dokter gigi.

You may also like