Home Penyakit dan KelainanUsus Buntu 12 Ciri-ciri Usus Buntu Pecah, Waspadai Gejalanya

12 Ciri-ciri Usus Buntu Pecah, Waspadai Gejalanya

by Nur Wachid, S.Pd

Usus buntu merupakan usu yang terdapat dalam tubuh manusia dan berbentuk panjang sekitar 5 sampai 10 cm. Anda tidak boleh menyepelekan sakit usus buntu. Karena bisa menyebabkan peradangan dan komplikasi. Oleh karena itu, anda disarankan  untuk mengetahui ciri-ciri usus buntu pecah sehingga anda dapat mencegahnya sebelum semakin parah. Artikel berikut akan membahas tentang 12 ciri-ciri usus buntu pecah, waspadai gejalanya. Kebanyakan orang mengira penyakit ini adalah penyebab sakit perut sebelah kanan. Berikut adalah ulasannya.

  1. Sakit pada Pusar

Ciri-ciri usus buntu pecah yang pertama adalah akan terasa sakit pada pusar anda. Ketika anda mengalaminya anda disarankan untuk segera mengecek apakah memang gejala ini adalah dari usus buntu yang pecah. Karena ketika anda terlambat menanganinya maka resiko penyakit mematikan semakin membesar. Anda juga tidak dapat mengatasinya dengan obat sakit perut biasa.

  1. Perut tidak Nyaman

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah perut anda terasa tidak nyaman. Ketika anda merasakannya segera periksa ke dokter karena kalau tidak anda harus siap-siap terkena bahaya usus buntu kronis.

  1. Nafsu Makan Hilang

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah nafsu makan anda hilang secara tiba-tiba. Karena memang usus sendiri berada pada sistem pencernaan anda sehingga gejala ini akan muncul pada awalnya.

  1. Demam

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah anda akan merasakan demam. Demam ini diakibatkan oleh infus dalam peradangan di usus buntu. Anda juga harus mewaspadai makanan penyebab usus buntu.

  1. Kesulitan Buang Gas

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah anda mengalami kesulitan dalam membuang gas yang terdapat dalam perut melalui kentut. Jika anda mengalaminya maka segera anda harus memeriksakan diri ke dokter. Karena gas yang menumpuk dalam perut anda akan membuat perut anda semakin besar dan anda akan mengalami gangguan yang lebih gawat lagi.

  1. Diare

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah diare. Sebenarnya ciri ini tidak saja berasal dari usus pecah namun konsumsi makanan serat yang kurang juga akan menyebabkan diare ini. Namun demikian, anda juga harus mewaspadai hal ini karena diare juga memiliki bahaya diare akut.

  1. Sakit Perut Sebelah Kanan

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah sakit perut sebelah kanan. Hal ini terjadi karena usus buntu yang pecah akan anda rasakan sangat sakit di perut sebelah kanan. Jika anda merasakan hal ini segera periksa kesehatan anda ke dokter. Karena ketika terlambat akan memperarah kesehatan anda.

  1. Merasakan Nyeri Hebat

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah anda akan merasakan nyeri yang begitu hebat dan akan menyiksan anda. Jika anda mengalaminya hal ini dikarenakan usus pecah memang akan terasa sakit bahkan anda tidak kuat untuk merasakan sakit dari usus pecah ini.

  1. Mual dan Muntah

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah mual dan muntah. Jika seseorang mengalami usus buntu kemudian disertai dengan mual dan muntah sebaiknya segera mendapat perawatan karena orang tersebut akan terkena dehidrasi yang hebat. Anda juga harus mewaspadai mual setelah mengonsumsi kopi.

  1. Kembung

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah sering merasa kembung. Kembung ini diakibatkan karena gas yang ada di perut tidak bisa keluar dan akhirnya menumpuk. Sehingga seseorang akan mengalami perut besar dan kembung. Jika hal ini terjadi, sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter karena bisa berakibat semakin parah. Bahkan anda juga harus menanganinya dengan operasi.

  1. Perut Kram

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah anda akan merasakan perut anda kram. Hal ini dikarenakan usus buntu yang pecah akan membuat daerah perut semakin kejang dan akhirnya perut anda kram. Jika anda mengalami hal ini sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter karena usus pecah akan berakibat fatal pada kesehatan anda. Bahkan tidak menutup kemungkinan anda disarankan untuk melakukan tindakan operasi.

  1. Saat Kemih Terasa Sakit

Ciri-ciri usus buntu pecah selanjutnya adalah saat anda kemih anda merasakan nyeri dan sakit pada daerah saluran kemih anda. Hal ini mengindikasikan telah terjadi kontraksi ketika usus anda pecah sehingga saluran kemih anda terasa sakit. Jika hal ini tidak segera anda tangani, maka akan meradang dan terjadi pembengkakan dan justru akan menginfeksi usus anda. Sehingga anda akan mengalami komplikasi. Parahnya, beberapa kasus yang ada orang tidak selamat dari komplikasi ini. Oleh karena itu, jika anda mengalami hal ini sebaikny anda segera memeriksakannya karena hal ini akan semakin parah. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

 

You may also like