Home Penyakit dan KelainanUsus Buntu 12 Olahraga Setelah Operasi Usus Buntu Paling Aman Dilakukan

12 Olahraga Setelah Operasi Usus Buntu Paling Aman Dilakukan

by Erlita

Sesudah menempuh operasi usus buntu, memang pasien memerlukan waktu istirahat yang cukup lama karena supaya pulih sepenuhnya, memang haruslah memakan waktu cukup banyak. Pasien baru bisa melakukan aktivitas biasa setelah lewat 3 minggu paling tidak, sementara untuk olahraga cukup berat adalah sekitar setelah 2 bulan pasca operasi. Lalu, apa saja daftar olahraga setelah operasi usus buntu yang aman dilakukan?

  1. Latihan di Tempat Tidur

Pasca operasi usus buntu, salah satu latihan paling ringan dan utama yang bisa dilakukan secara mudah adalah dengan melatih fisik di atas tempat tidur. Karena keterbatasan gerak demi pemulihan area yang dioperasi, Anda bisa coba melakukan latihan kaki. Angkatlah perlahan kedua kaki atau salah satu secara bergantian supaya memperlancar peredaran darah untuk tubuh bagian bawah.

  1. Jalan Kaki Singkat

Bagi pasien pasca operasi usus buntu, aktivitas normal dapat dijalani sesudah sekitar 2-3 minggu dan untuk masa ini, olahraga paling ringan dan tepat adalah berjalan kaki singkat. Ini hanyalah suatu latihan fisik untuk pemanasan otot. Ketika sudah merasa lelah, jangan paksakan untuk terus berjalan.

  1. Melatih Perut

Bukan berarti latihan perut yang dimaksud di sini adalah latihan perut yang berat-berat seperti sit up dan sebagainya. Latihan perut untuk pasien pasca operasi usus buntu adalah yang ringan dan dasar, yakni dengan belajar duduk secara perlahan pada ujung tempat tidur.

Punggung bisa diluruskan sambil tubuh bagian tengah Anda kencangkan, lanjutkan dengan mengangkat kaki untuk sejajar dengan lantai. Posisi ini bisa Anda tahan selama beberapa detik saja, lalu turunkanlah kedua kaki secara perlahan-lahan. Anda bisa terus mengulangi gerakan ini hingga merasa lelah, namun hindari memaksakan diri.

  1. Bersepeda

Pasca operasi usus buntu, setelah lewat beberapa minggu, Anda bisa melakukannya dan jauh lebih baik bila memulainya dari sepeda statis lebih dulu supaya aman bagi perut Anda. Cobalah melakukan latihan menggunakan sepeda statis selama 20 menit di awal, lalu tambahkan bila memang sudah terbiasa dan nyaman. Bila sudah terbiasa dengan sepeda statis beberapa minggu, maka Anda bisa mencoba bersepeda langsung.

  1. Lari

Sesudah memasuki minggu ke 6 sampai dengan 12 setelah Anda menempuh operasi, berlari adalah olahraga yang bisa dilakukan secara aman. Tentu sebagai permulaan, Anda perlu melakukannya dengan kecepatan rendah. Memulainya dari rutin berjalan kaki akan sangat membantu Anda untuk berlari dengan nyaman, namun juga jangan terlalu lama serta hindari bahaya lari di siang hari agar tubuh Anda bisa pulih total lebih dulu.

  1. Naik Turun Tangga

Olahraga ini pun termasuk sangat ringan bukan? Para pasien setelah operasi usus buntu bisa mencoba olahraga teringan satu ini apabila memungkinkan. Tak perlu harus naik turun tangga secara cepat, pelan-pelan saja supaya tubuh tak mengalami guncangan terlalu hebat. Lakukanlah beberapa minggu latihan ringan seperti ini sebagai cara meningkatkan daya tahan tubuh juga.

  1. Step Up

Step up adalah latihan aerobik yang sangat baik melatih kekuatan otot bokong, perut, serta kuadrisep Anda. Cukup dengan menyediakan sebuah kotak atau kursi pendek di depan Anda, Anda bisa naik dan turun dalam beberapa kali repetisi, tapi jangan sampai memaksakan diri.

  1. Aerobik Dance

Lewat beberapa minggu, aerobik dance bisa Anda lakukan pasca operasi usus buntu, tentu dengan gerakan yang jangan terlalu cepat dan memberi efek peregangan terlalu besar bagi otot. Melakukan aerobik dancing sekitar 30-45 menit bisa dilakukan mulai dari gerakan-gerakan yang ringan dan aman.

  1. Berenang

Perlu waktu lama pasca operasi baru Anda bisa melakukan olahraga ini, khususnya bila Anda telah dinyatakan pulih. Itu pun tidak lantas menjadi tanda bahwa Anda bisa berenang sepuas mungkin sebab sebagai permulaan Anda perlu mengambil sesi pendek saja dan juga cukup melakukan gaya bebas lebih dulu.

Hal tersebut bertujuan supaya otot perut tak mengalami peregangan terlalu banyak, namun jangan khawatir sebab seiring waktu Anda bisa meningkatkan variasi gerakan, jumlah putaran dan durasi. Tak lupa, hindarilah selalu bahaya berenang tanpa pemanasan.

  1. Bulu Tangkis

Olahraga satu ini cukup aman dilakukan apabila Anda sudah terbiasa olahraga lari dan juga bersepeda apalagi berenang setelah operasi usus buntu. Olahraga jenis aerobik ini bisa Anda lakukan dalam durasi yang pendek lebih dulu bila belum yakin, asal pastikan bahwa tubuh Anda tidak diforsir untuk olahraga ini.

  1. Tenis

Selain bulu tangkis, permainan olahraga tenis dapat Anda coba lakukan beberapa bulan setelah menempuh operasi usus buntu. Sama halnya dengan bulu tangkis, Anda bisa bermain tanpa harus berlebihan pada permulaan supaya otot perut tak terlalu mendapatkan peregangan.

  1. Lompat Tali

Olahraga lompat tali bagi wanita dan pria atau skipping juga merupakan jenis olahraga aerobik yang bisa coba Anda lakukan beberapa bulan setelah operasi usus buntu. Ini adalah salah satu olahraga yang tergolong aman bagi Anda melakukannya setidaknya 2-3 bulan setelah operasi, khususnya bila sebelumnya sudah didahului dengan banyak berlari.

Itulah beberapa olahraga setelah operasi usus buntu paling mudah dilakukan yang bisa Anda coba di rumah sambil juga menghindari bahaya olahraga yang berlebihan. Perlu paling tidak 2 minggu sampai dengan 2 bulan untuk memulai peregangan hingga olahraga yang sesungguhnya, namun untuk pastinya cobalah konsultasikan hal ini dengan dokter.

You may also like