Intip 7 Cemilan Pasca Operasi Usus Buntu Aman dan Membantu Pemulihan !

1258

Setelah usus buntu diangkat melalui operasi, mungkin Anda akan begitu ingin kembali mengonsumsi makanan-makanan yang sebelumnya tak bisa dikonsumsi bukan? Namun pasca operasi pun, Anda perlu memerhatikan makanan yang tak terlalu kasar dan berat bagi usus. Bahkan masalah cemilan pun Anda harus memilih dengan baik, pilihlah cemilan pasca operasi usus buntu seperti berikut.

  1. Susu

Susu bisa jadi cemilan yang aman bagi kondisi pemulihan pasca operasi usus buntu karena mudah dicerna dan tak akan memberatkan sistem pencernaan. Jadi bila Anda merasa lapar, minum susu bisa menjadi cemilan yang bisa diandalkan meski dalam bentuk cairan. Susu juga menawarkan kalsium serta protein tinggi yang akan menutrisi tubuh untuk pulih jauh lebih cepat.

  1. Yogurt

Cemilan lainnya yang juga aman bagi sistem pencernaan setelah menjalani operasi usus buntu adalah yogurt karena teksturnya yang lembut. Kandungan kalsium serta protein yang ada di dalam yogurt tak kalah tinggi dengan yang ditawarkan oleh susu, jadi Anda juga tetap bisa menutrisi tubuh supaya lebih cepat pulih karena protein mendukung pemulihan jaringan tubuh lebih baik.

  1. Coklat

Bagi Anda yang suka coklat, sah-sah saja untuk memasukkan makanan ini ke dalam cemilan setelah melalui prosedur operasi usus buntu. Coklat pun bisa membantu agar perut lebih kenyang ketika Anda butuh cemilan. Baik itu coklat susu, coklat hitam ataupun coklat putih, Anda bisa mengonsumsi sesuai pilihan dan selera.

  1. Salad Buah

Untuk keamanan sistem pencernaan dan membantu supaya proses pemulihan bisa lebih cepat dan sempurna, mengonsumsi makan buah dan sayur pun bisa jadi cemilan yang dianjurkan, khususnya salad buah.

  • Sediakan bahan-bahan yang diperlukan, mulai dari buah melon, apel, mangga, anggur, semangka, pepaya, dan stroberi masing-masing 200 gram banyaknya.
  • Setelah dikupas buah-buah tersebut, potong dadu semuanya.
  • Siapkan pula sekaleng vanilla manis serta mayones secukupnya.
  • Taruh dulu hasil potongan buah di dalam lemari es supaya nantinya lebih segar saat hendak dikonsumsi.
  • Setelah dingin, keluarkan dari lemari es, tambahkan keju (jika suka), serta mayones untuk kemudian Anda nikmati.
  • Pemilihan buah bisa disesuaikan dengan selera, berikut topping yang ingin Anda beri.
  1. Salad Sayur

Selain salad buah, salad sayur pun bisa Anda buat secara sederhana di rumah dengan bahan-bahan dan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Sediakan sebuah wortel dan juga sebuah timun, serta daun selada 300 gram sekaligus tomat 1 buah.
  • Boleh juga bila Anda ingin menambahkan jenis sayur lain sesuai selera.
  • Tak lupa juga air limau dan mayones bisa disiapkan.
  • Seluruh bahan bisa Anda cuci, lalu timun dan wortel Anda iris atau parut, sementara tomatnya Anda potong kasar saja.
  • Air limau dan mayones secukunya bisa dicampur rata untuk dijadikan saus salad sayur Anda.
  • Tuang seluruh bahan sayuran ke atas mangkuk atau piring, dan terakhir Anda lumuri dengan saus yang sudah jadi; salad sayur sudah jadi untuk dinikmati.
  1. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber makanan yang mengandung serat tinggi lainnya yang bisa dijadikan alternatif bagi salad buah tadi. Meski serat tinggi, tekstur oatmeal setelah dimasak sangat lunak jadi bisa Anda coba di rumah. Namun bila ingin bervariasi, membuat pancake oatmeal juga akan makin nikmat.

  • Sediakan oatmeal 100 gram saja, berikut juga terigu 50 gram, susu 175 ml, garam 1/8 sendok teh, gula sesendok makan, serta margarin yang sudah dicairkan 2 sendok makan, sekaligus telur 1 butir.
  • Aduk seluruh bahan kecuali margarinnya hingga tercampur rata dan menjadi adonan pancake.
  • Tuang margarin pada teflon, lalu tuang adonan pancake secukupnya untuk dipanggang hingga tampak pori-pori.
  1. Biskuit Almond

Anda bisa mencoba memperoleh biskuit almond yang bisa membantu mengenyangkan sebagai camilan aman setelah operasi usus buntu sekaligus membantu masa pemulihan lebih cepat sebab nutrisinya yang sangat kaya. Ini karena kacang almond memiliki kandungan-kandungan baik, seperti vitamin B, vitamin A, lemak tak jenuh, zat besi, zinc, kalsium, serat dan magnesium.

Itulah daftar cemilan pasca operasi usus buntu yang tak hanya melegakan rasa lapar tapi juga mendukung supaya masa pemulihan berjalan sempurna dan lebih baik. Jika Anda sulit memilih apa yang baik bagi kondisi tubuh Anda, konsultasikan dengan dokter terkait cemilan apa yang paling baik.