Home Featured 5 Cara Menghindari Stres Untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

5 Cara Menghindari Stres Untuk Menjaga Kesehatan Jiwa

by Putri Yohani Masnun

Setiap orang berpotensi mengalami stres, entah itu karena pekerjaan, hubungan dengan pasangan atau lingkungan sosial di tempat tinggal. Namun tentu saja, stres bisa kita hindari dan dicegah sedini mungkin, agar kesehatan jiwa bisa selalu terjaga. Mengelola stres bukanlah perkara yang gampang, namun jika sudah tahu caranya tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Stres yang berujung pada depresi dan kecemasan yang tidak terkendali dapat menyebabkan munculnya gangguan kejiwaan yang sangat berbahaya. Karena itu, 5 cara berikut bisa dilakukan untuk menghindari stres dengan mudah.

1. Tersenyum Lebih Lama

Tubuh kita dapat memproduksi hormon sedih dan hormon bahagia, dan kedua hormon tersebut sangat dipengaruhi oleh perasaan dan ekspresi kita. Agar pikiran selalu bahagia, cobalah untuk tersenyum  setidaknya selama 30 detik untuk merangsang produksi hormon bahagia lebih banyak. Dengan begitu, perasaan tertekan atau cemas akan jauh berkurang dan pikiran pun akan kembali rileks. Sekalipun sulit untuk tersenyum, paksakan untuk mengeluarkan senyum palsu dengan durasi yang sama.

2. Berendam Dalam Air Hangat

Stres bisa muncul karena tubuh dan pikiran terlalu sibuk beraktivitas atau bekerja, dan untuk menghindarinya kita bisa berendam sejenak dalam bak yang berisi air hangat. Berendam dalam air hangat tidak hanya mengurangi rasa lelah pada tubuh, namun juga dapat membuat pikiran jauh lebih tenang. Ingin suasana lebih santai? Berendamlah sambil mendengarkan musik yang alunan musiknya cukup tenang, dan dijamin kepenatan akan hilang setelah ritual berendam selesai.

3. Menari

Aktivitas menari bukan hanya kegiatan yang melibatkan fisik saja, namun juga mempengaruhi perasaan orang yang melakukannya. Menari membuat orang lupa akan masalahnya dan fokus pada aktivitas fisik sehingga orang tersebut akan terhindar dari stres. Pilihlah lagu dan jenis tarian yang disukai agar kita dapat menikmatinya sepenuh hati.

4. Olahraga

Banyak olahraga yang dapat membantu mencegah dan mengatasi stres, seperti joging, jalan cepat, berenang, dan aktivitas outdoor lainnya. Olahraga di tempat terbuka membuat pikiran lebih rileks, karena suasana yang luas membuat mata mendapat pemandangan baru dan akhirnya pikiran tidak lagi terfokus pada masalah yang sedang membebani. Selain lebih tenang, tentunya olahraga membuat tubuh sehat dan kuat untuk beraktivitas lagi.

5. Pijat dan Spa

Nah, kalau ini memang membutuhkan dana lebih untuk melakukannya, namun tidak ada salahnya jika sesekali dijalani karena kesehatan tubuh dan pikiran tentu jauh lebih penting. Dengan terapi pijat dan spa, otot tubuh yang kaku akan kembali rileks. Begitu pula dengan pikiran yang kembali jernih sehingga terhindar dari tekanan yang menyebabkan stres.

Masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari stres, namun cara di atas terbukti ampuh dan layak untuk dicoba. Dengan mengelola stres dengan baik, pikiran akan selalu jernih dan tentu saja akan berdampak pada kesehatan tubuh dan produktivitas dalam bekerja.

You may also like