Home Penyakit dan KelainanSakit Kepala Pusing Tiba-tiba saat Duduk – Bahaya dan Cara Mengatasi

Pusing Tiba-tiba saat Duduk – Bahaya dan Cara Mengatasi

by Erlita

Pusing tiba-tiba saat duduk atau tidur terlalu lama bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit yang cukup perlu diwaspadai. Pusing memang tampak wajar dan sering dialami, namun sensasi yang dirasakan oleh setiap orang kemungkinan berbeda antara satu dan yang lain. Bila saat duduk atau dalam posisi tidur mendadak pusing datang, ada berbagai kemungkinan bahaya yang dibaliknya.

  1. Vertigo

Vertigo merupakan sebuah jenis gangguan kesehatan yang bisa terjadi walau saat kita sedang duduk. Dalam kondisi vertigo, seseorang bisa secara mendadak merasakan keadaan seperti sedang melayang atau berputar dengan jangka waktu tertentu.

Cara mengatasi: Sebagai langkah pertolongan pertama, segeralah cari tempat yang nyaman untuk membaringkan diri. Gerakkanlah kepala secara pelan-pelan dan jangan mendongak dulu. Secepatnya juga mintalah tolong orang lain untuk mengambilkan minum karena tubuh penderita vertigo perlu terhidrasi.

  1. Tekanan Darah Rendah

Pusing tiba-tiba khususnya juga dalam posisi duduk bisa saja pertanda bahwa tekanan darah Anda sedang rendah. Tekanan darah rendah artinya tekanan darah ada di bawah normal dan biasanya akan mulai terasa pusing ketika kadar berada di bawah 120/80 mm Hg.

Cara mengatasi: Apapun yang sedang dikerjakan sewaktu sedang duduk, hentikan lebih dulu dan pilihlah untuk berbaring. Sama seperti pertolongan pertama pada vertigo, minum air putih juga merupakan cara terbaik untuk membantu meredakan pusing akibat tekanan darah rendah.

  1. Kadar Gula Darah Rendah

Bila kadar gula di dalam tubuh rendah, hal ini bisa mengakibatkan pusing secara tiba-tiba walaupun sedang dalam posisi duduk santai. Kadar gula rendah ini bisa terjadi sebagai akibat dari diet yang sangat ketat atau bahkan sengaja tidak makan.

Cara mengatasi: Beristirahat adalah kunci dari mengatasi pusing tiba-tiba sewaktu duduk. Ambil posisi berbaring yang nyaman dan isilah perut dengan makanan yang mudah dicerna. Ikuti tips diet sehat dan seimbang dengan pola makan yang benar serta bernutrisi agar kadar gula darah kembali normal. Makanan dengan kalori dan karbohidrat tinggi akan membantu.

  1. Efek Samping Obat Tertentu

Pusing saat duduk dan terjadi tiba-tiba, cobalah ingat-ingat lagi apakah Anda baru saja mengonsumsi atau tengah dalam penggunaan obat tertentu? Efek samping obat-obatan dapat menjadi pemicu pusing yang tiba-tiba, jadi perhatikan lagi obat apa yang tengah diminum.

Cara mengatasi: Bila obat yang sedang dikonsumsi merupakan bahaya dibalik dari pusing tiba-tiba tersebut dan hal ini terjadi cukup sering, segera konsultasikan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan dosis yang lebih rendah atau bahkan mengganti dengan obat lainnya yang lebih aman namun dengan fungsi yang sama.

  1. Penyakit pada Otak

Jika pusing mendadak sewaktu sedang duduk menjadi hal yang terlalu sering dialami, ada kemungkinan pusing ini berasal dari penyakit yang tengah menyerang otak. Karena ada berbagai jenis penyakit otak yang ditandai dengan pusing mendadak, sebaiknya dipastikan saja.

Cara mengatasi: Periksakan diri segera ke dokter dengan melalui beberapa tes, seperti rontgen, tes darah hingga CT scan. Dengan metode diagnosa tersebut dokter mampu mendeteksi penyakit apa yang sedang menyerang pada otak dan mampu memberikan solusi perawatan paling baik.

  1. Tumor Otak

Ada kemungkinan rasa pusing tiba-tiba padahal sudah cukup beristirahat dan tidak minum obat apapun justru merupakan tanda dari keberadaan tumor di dalam otak. Sebelum menjadi lebih serius dan berkembang menjadi kanker ganas, pastikan dengan memeriksakannya.

Cara mengatasi: Tes darah serta metode pemeriksaan pencitraan adalah yang paling baik untuk dilakukan demi mengetahui benar tidaknya keberadaan tumor otak. Ada kemungkinan pemeriksaan lanjutan lainnya juga turut perlu dilakukan, namun barulah setelah itu dokter bisa memberi perawatan medis paling tepat.

Bahaya Lain dari Pusing Mendadak saat Duduk

Ada kemungkinan selain dari faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas, ada bahaya pusing mendadak lainnya, yakni sebagai berikut ini:

Untuk mengatasi masalah pusing tiba-tiba saat duduk maupun ketika tidur karena bahaya-bahaya tersebut, otomatis gaya hidup sehat adalah cara paling baik untuk meredakan pusing dan membuatnya tak mudah kembali kambuh. Tetap minum banyak cairan, hindarilah kafein dan alkohol berlebih, carilah cara mengatasi stres yang mudah dan aman, dan beristirahatlah secara cukup setiap harinya.

You may also like