6 Cara Mengobati Radang Paru-Paru Paling Ampuh

610

Penyakit radang paru-paru adalah salah satu jenis penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang menyerang bagian alveoli atau kantung udara paru-paru. Infeksi yang menyerang kantung udara paru-paru ini jika tidak diobati, maka lama kelamaan akan memenuhi rongga paru-paru sehingga membuat cadangan oksigen menjadi berkurang.

Radang paru-paru dapat menyerang segala usia, mulai dari bayi hingga lansia. Apakah radang paru-paru menular atau tidak? Jawabannya iya. Radang paru-paru atau nama medisnya pneumonia dapat menular dan gejalanya akan lebih berat bagi mereka yang berusia balita dan anak-anak. Penularan ini dapat melalui udara maupun barang-barang dan makanan si penderita dengan penyakit radang paru-paru.

Untuk lebih jauh memahami penyakit radang paru-paru, pada artikel ini akan dijelaskan lebih jauh mengenai gejala , penyebab, hingga cara mengobati radang paru-paru yang terbukti ampuh menyembuhkan.

Gejala Radang Paru-Paru

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, radang paru-paru adalah salah satu jenis penyakit paru-paru yang disebabkan infeksi virus dan bakteri yang dapat menyerang segala usia, baik balita hingga lansia. Infeksi paru-paru ini dapat menyebabkan paru-paru menjadi kotor dan berair sehingga harus segera diobati.

Radang paru-paru ini dapat dikenali melalui gejala atau ciri-ciri yang ditimbulkannya, yaitu sebagai berikut:

  1. Batuk yang disertai demam tinggi
  2. Rongga dada terasa nyeri
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Sakit kepala atau pusing
  5. Ketika bernapas mengeluarkan bunyi
  6. Sesak napas
  7. Otot terasa nyeri
  8. Jantung berdetak lebih cepat

Delapan gejala pneumonia atau radang paru-paru di atas adalah biasanya yang paling umum dialami oleh penderitanya. Dengan mengetahui gejala-gejala tersebut, maka penderitanya dapat segera memeriksakan diri ke rumah sakit supaya radang paru-paru dapat diatasi dengan baik dan sedini mungkin sebelum semakin parah.

Penyebab Radang Paru-Paru

Jika sebelumnya sudah membahas mengenai gejala atau ciri-ciri radang paru-paru, maka kali ini akan membahas mengenai penyebab radang paru-paru. Penyebab radang paru-paru ini sangatlah berbahaya dan sebisa mungkin harus dihindari. Apa saja? berikut adalah penjelasannya.

  • Infeksi Virus

Infeksi virus merupakan salah satu penyebab utama penyakit radang paru-paru atau pneumonia, baik itu yang menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Virus penyebab radang paru-paru di antaranya yaitu RSV, parainfluenza, coronavirus, dan adenovirus. Infeksi virus bisa terjadi ketika seseorang berada pada kondisi imun yang sedang rendah sehingga infeksi virus pun dapat terjadi dengan mudah dan cepat.

  • Infeksi Bakteri

Selain disebabkan oleh virus, penyebab radang paru-paru juga bisa karena infeksi bakteri. Paru-paru yang diserang oleh bakteri dapat menimbulkan penyakit radang yang serius apabila tidak dideteksi lebih awal dan diobati. Bakteri yang umumnya menyebabkan radang paru-paru yaitu haemaphillus influenza, mycoplasma pneumoniae, streptococcus pneumoniae , dan chlamydophila pneumoniae. 

  • Asap Rokok

Jika sebelumnya disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, penyebab selanjutnya yaitu karena asap rokok. Asap rokok baik yang dikonsumsi langsung maupun yang dihirup dari asap rokok orang lain dapat menyebabkan radang paru-paru yang serius. Paparan asap rokok ini dapat mempermudah penyebaran bakteri penyebab radang paru-paru. Untuk mengatasi ini, Anda bisa menanggulanginya dengan mengonsumsi makanan pembersih paru-paru, baik bagi perokok aktif maupun pasif.

  • Alkohol

Selain asap rokok, alkohol juga dapat menjadi salah satu penyebab radang paru-paru. Seseorang yang mengonsumsi alkohol dapat berpotensi mengalami radang paru-paru. Alasannya karena alkohol dapat membuat penyebaran bakteri streptococcus pneumoniae dan mycobacterium tuberculosis yang turut andil dalam penyebab penyakit radang paru-paru.

  • Daya Tahan Tubuh Rendah

Infeksi virus dan bakteri memang merupakan penyebab langsung terjadinya radang paru-paru. Meskipun demikian, jika daya tahan tubuh seseorang itu tinggi, maka dapat menangkal infeksi virus dan bakteri tersebut. Sebaliknya, jika daya tahan sedang rendah, maka infeksi virus dan bakteri dapat terjadi dengan mudahnya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Cara Mengobati Radang Paru-Paru

Setelah sebelumnya sudah dibahas mengenai gejala dan penyebab radang paru-paru, kali ini saatnya membahas mengenai cara mengobati radang paru-paru supaya tidak semakin parah. Mengobati radang paru-paru harus dilihat dari tingkat keparahannya. Jika kondisi radang paru-paru sudah parah, maka tidak ada pilihan selain ditangani oleh medis. Namun, untuk tingkatan yang masih ringan dapat diatasi melalui beberapa cara, yaitu sebagai berikut.

1. Daun Sirsak

Daun sirsak dapat menjadi salah satu cara mengobati radang paru-paru dengan metode alamiah atau tanpa bantuan medis. Namun perlu diingat, ini hanya cocok untuk pengidap radang paru-paru yang masih ringan. Daun sirsak memiliki kandungan alami yang dipercaya dapat meredakan radang paru-paru, seperti kandungan fruktosa, protein, lemak, kalsium, zat besi, dan vitamin A. Tidak hanya kandungan tersebut, terdapat juga senyawa asetogenin, tanin, alkaloida dan fitosterol yang berfungsi sebagai anti-bakteri.

2. Kulit Manggis

Khasiat kulit manggis juga dipercaya sebagai salah satu cara mengobati radang paru-paru secara alami dan juga aman. Di dalam kulit manggis terdapat senyama Xanthone yang berkhasiat sebagai anti-oksidan, yaitu menangkal radikal bebas yang umumnya disebabkan oleh virus dan juga bakteri. Dengan mengonsumsi ekstrak kulit manggis secara rutin dipercaya dapat membuat paru-paru menjadi sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Daun Sambiloto

Cara mengobati radang paru-paru selanjutnya yaitu dengan menggunakan daun sambiloto. Daun sambiloto memiliki kandungan senyawa tanin yang berfungsi sebagai anti-bakteri sehingga jika dikonsumsi secara rutin dipercaya sangat berkhasiat menjaga kesehatan paru-paru agar terhindar dari infeksi bakteri yang dapat menyebabkan radang paru-paru atau pneumonia.

4. Ubah Pola Makan

Cara mengobati radang paru-paru selanjutnya yaitu dengan mengubah pola makan. Jika sebelumnya terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan berlemak, maka coba ubah ke pola makan yang lebih sehat. Cara ini memang tidak bisa benar-benar menyembuhkan radang paru-paru, namun bisa dijadikan sebagai cara pencegahan dan menekan penyebaran radang paru-paru agar tidak semakin parah. Mulailah konsumsi makanan yang mengandung anti-oksidan dan anti-bakteri agar kesehatan paru-paru tetap terjaga.

5. Sering Mencuci Tangan

Cara mengobati radang paru-paru yang kelima yaitu sering mencuci tangan setiap sebelum makan atau setiap buang air. Hal ini dapat menjadi cara pencegahan penyebaran virus dan bakteri melalui tangan. Harus selalu menjaga kebersihan tangan yang seringkali kita gunakan untuk makan. Selain itu, juga penting untuk menjaga peralatan makan tetap bersih agar virus dan bakteri tidak bersarang dan semakin menyebar.

6. Menggunakan Masker Mulut

Cara mengobati radang paru-paru yang keenam atau yang terakhir yaitu menggunakan masker mulut. Hal ini dapat mencegah penyebaran virus dan bakteri yang ditularkan kepada orang lain melalui udara. Yang perlu diperhatikan juga, gunakan masker sekali pakai. Jangan menggunakan masker yang sama selama beberapa hari karena dapat menyebabkan penyebaran virus dan bakteri semakin parah nantinya.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai radang paru-paru, mulai dari gejala, penyebab, hingga cara mengobati radang paru-paru agar penyebarannya tidak semakin parah. Pada kasus radang paru-paru yang sudah para, penderitanya akan mengalami gejala-gejala yang serius sehingga tidak bisa ditangani sendiri dan harus melalui pertolongan medis. Bagi yang belum mengalami radang paru-paru, hindari hal-hal yang menjadi penyebab atau pemicunya dan atur pola hidup sehat agar paru-paru juga tetap terjaga.