22 Penyakit Langka Di dunia Paling Mematikan

Penyakit langka didunia merupakan kelainan jaringan tubuh disebabkan faktor gen atau bukan yang menyebabkan seseorang tumbuh berbeda dari orang normal. Penyakit langka apapun bentuk dan jenisnya dapat menyerang pria atau wanita dengan rentan usia yang berbeda beda, tetapi mempunyai dampak buruk yang sama contohnya karakteristik bentuk tubuh nampak tidak wajar.

Jenis dan penyebab

Penyakit langka didunia merupakan jenis penyakit yang jarang menyerang manusia pada umumnya tetapi penyebabnya perlu di ketahui untuk meningkatkan pengetahuan anda tentang keberagaman penyakit yang sebenarnya tidak peru membuat anda merasa takut untuk berinteraksi dengan para penderitanya.

1. Penyakit Progeria

Penyebab : Kelainan kode genetik yang terbentuk saat bayi masih dalam kandungan
Penyakit progeria cenderung mempercepat kematian seseorang (paling sering menyebabkan kematian pada anak usia 13 tahun) karena penyakit ini terbentuk akibat jaringan tubuh mengalami kelainan kode genetik yang memicu munculnya proses penuaan dini misalnya munculnya kulit keriput dan kendur, Penglihatan berkurang dan menyebabkan munculnya penyakit jantung, Penurunan kepadatan tulang, Kemunduran kualitas daya ingat serta kerusakan persendian seperti yang sering dialami para lanjut usia pada umumnya. Progeria termasuk penyakit langka didunia yang sangat ditakuti para wanita yang memiliki anak yang berhasil lahir dari hasil bayi tabung.

2. Penyakit Werewolf Syndrome

penyebab :Kelainan DNA
Penyakit kelainan DNA yang bernama werewolf syndrome ini menyebabkan seluruh atau sebagian tubuh penderitanya ditumbuhi bulu bulu yang lebat dan menimbulkan sosoknya seperti binatang buas srigala. Penyakit langka didunia ini dapat menyerang bayi yang dilahirkan dari etnis dan ras apapun diseluruh di dunia.

3. Penyakit gajah

Penyebab: Cacing parasit jenis Brugia malayi, B. Timori, Wuchereria bancrofti yang dibawa oleh nyamuk betina dan menyebarkannya lewat aliran darah melalui gigitannya disiang ataupun malam hari.
Penyakit ini menyebabkan seseorang memiliki ukuran kaki yang besar seperti kaki gajah, Permukaan kulit menebal dan muncul kerutan kerutan yang bergelombang dimana hal tersebut dapat menimbulkan kesulitan untuk berjalan.

Artikel terkait:

  • Gejala Kaki Gajah
  • Cara Mencegah Kaki Gajah
  • Gejala Chikungunya

4. Penyakit Neurofibromatosis

Penyebab: Kelainan jaringan tubuh yang berkaitan dengan keelastisan kulit
Penyakit ini menyebabkan kondisi struktur kulit dan tubuh menjadi mengalami kekenduran, Turun seperti lilin meleleh, Hilangnya keelastisitas permukaan kulit dan menyebabkan berat tubuh yang sangat rendah kendati berusia dewasa atau tua yaitu 20 kilogram atau bahkan kurang . Penyakit neurofibromatosis masuk sebagai golongan penyakit langka didunia karena sedikit yang mengalaminya.

5. Penyakit Gigantisme

Penyebab: Hormon pertumbuhan yang terlalu aktif
Penyakit gigantisme merupakan penyakit langka didunia tetapi kemunculannya bukan dari faktor keturunan dan uniknya paling sering menyerang anak anak tetapi bisa muncul akibat hormon pertumbuhan yang abnormal (terlalu aktif tumbuh) sehingga menyebabkan tubuh seseorang menjadi cepat tinggi dengan ukuran seperti raksasa dimana gangguan pertiumbuhan tersebut membuat ukuran tangan, Kaki, Gigi, wajah dan lain lain menjadi lebih besar dan tidak simetris.

6. Penyakit kretinisme

Penyebab: Tubuh kekurangan hormon pertumbuhan atau somatotropin
Penyakit kretinisme merupakan penyakit langka didunia kebalikan dari gigantisme. Penyakit ini juga menyerang anak ank tetapi bukan penyakit keturunan karena munculknya kretinisme karena tubuh kekurangan hormon pertumbuhan yang menyebabkan kelainan metabolik yang menimbulkan tubuh menjadi kecil, Perawakan wajah yang seperti orang tua dan tidak bisa tinggi hingga usianya memasuki masa tua. (Baca juga: Jenis-Jenis Kelainan Metabolik)


7. Penyakit Blue skin disorder

Penyebab : Kelainan jaringan pigmen kulit secara genetik
Penyakit ini merupakan penyakit langka didunia yang muncul akibat kelainan jaringan pigmen yang menyebabkan warna kulit seseorang menjadi biru atau bahkan mengarah warna biru keungu unguan. Namun kondisi kulitnya baik baik saja karena tidak mengalami rasa nyeri atau sensitif terhadap bahaya radiasi sinar matahari.

Baca juga:

8. Penyakit Walking Corpse Syndrome

Penyebab: Mengkonsumsi obat obatan jenis cocaine atau narkoba jenis amphetamine
Penyakit ini muncul akibat seseorang menggunakan obat obatan terlarang selama bertahun tahun dan sudah masuk dalam kategori kecanduan. Resiko terbesar dari penyakit langka didunia ini adalah pecandu akan terserang halusinasi yaitu merasakan seluruh atau beberapa bagian anggota tubuhnya hilang atau cacat dimana pada kesempatan lain penderita Walking corpse Syndrome akan meyakini bahwa tubuhnya telah mengalami proses pembusukan, Terdapat borok yang menjijikan dan dihinggapi banyak ulat serta cacing. Kondisi tersebut menyebabkan stres berat yang lama kelamaan mengarah pada gejala sakit jiwa.

Artikel terkait:

  • Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba
  • Jenis Jenis Narkoba : Gambar, Efek dan dampak dan Pengertiannya
  • Cara Mencegah Narkoba dikalangan Pelajar

9. Penyakit Alien Syndrome

Penyebab: Kelainan gerak otot akibat infeksi jaringan otak
Tidak semua penderita infeksi jaringan otak akan mengalami penyakit langka alien Syndrome yang termasuk sebagai penyakit langka didunia, Karena penyakit ini hanya muncul pada penderita kelainan gerak otot yang mana didalam jaringan DNAnya telah memiliki gangguan. Ketika DNA mengalami gangguan maka infeksi jaringan otak akan menyebabkan munculnya komplikasi yang mengerikan yaitu seseorang tidak mampu mengontrol gerakan tubuhnya yang terus menerus bergerak dengan sendirinya. (Baca juga: Penyebab Badan Bergerak Sendiri Saat Tidur)

10. Penyakit Diley Syndrome

Penyebab: Kelainan genetika yang menyerang sistem saraf
Penyakit ini menyebabkan seseorang kehilangan indera pengecap, Mata yang kering, Tubuh tidak bisa merasakan rasa nyeri atau sakit kendati kulit sedang dalam kondisi terluka parah atau berkeringat ketika makan dan mengalami kesulitan berjalan. Diley syndrome merupakan penyakit langka didunia yang menyerang anak ank dan akan terus berlangsung hingga usia dewasa.

11. Penyakit kelainan motorik langka

Penyebab: Kelahiran prematur, Kelainan fungsi otot, Kelainan kromosom, kelainan metabolik atau masalah sindrom reitt.
Penyakit ini memnyerang bayi sejak dilahirkan dan akan mempengaruhi pertumbuhannya ketrika menginjak usia 2 tahun, Dimana bayi kehilangan kemampuannya untuk bisa belajar merangkak, Berjalan, Duduk, Belajar bicara dan dapat menyebabkan bayi memiliki tubuh yang layu atau gejala kelumpuhan. Penyakit langka didunia ini terbukti sebagai penyakit yang belum ada obatnya.

12.Penyakit Aquagenic Urticaria

Penyebab: Jaringan kulit yang terlalu Sensitif terhadap air
Penyakit langka didunia dan tergolong unik ini menyerang manusia akibat seseoerang memiliki alergi terhadap air. Kondisi ini menyebabkan seseoarng sulit atau takut berinteraksi dengan air. Bahkan ketika dipaksakan untuk mandi untuk meningkatakan kesehatan tubuh maka sipenderita akan mengalami kepanikan dan tersiksa.
Efek buruk dari tubuhnya yang terkena air adalah akan muncul ruan ruam kemerahan yang sangat gatal, Mudah mengalami tumbuhnya infeksi dan pendarahan ketika permukaan kulit digaruk dan mudah mengalami borok yang basah jika terlalu sering terkena air.

13. Penyakit peka terhadap berbagai benda

Penyebab: Jaringan tubuh terlalu peka pada semua benda benda yang ada disekitar
Penyakit ini aneh dan langka tetapi pernah menimpa beberapa manusia didunia yang muncul akibat kelainan jaringan tubuh yang menyebabkan seseorang tidak bisa berinteraksi dengan banyak material yang ada disekitarnya misalnya tidak bisa makan nasi, Ikan, Buah, Sayuran atau tidak bisa minum air soda, Susu, Kopi atau teh, Bahkan yang lebih parah lagi sipenderita ada yang tidak bisa berinteraksi dengan air hujan, asap rokok atau asap lain yang berasal dari kendaraan. Seseorang yang mengalami penyakit langka didunia ini maka akan merasakan kepanikan, Ketakutan dan rasa nyeri pada tubuh saat berinteraksi dengan semua benda yang ada disekitarnya tersebut.

14. Penyakit jumping Frenchman Disorder

Penyebab: Reaksi jaringan otak yang rusak
Penyakit ini tergolong sebagai salah satu penyakit langka didunia yang muncul hanya pada beberapa orang dimana Penyakit ini berhubungan dengan reaksi keterkejutan seseorang yang spontan dan berlebihan yang muncul akibat sinyal dari otak yang kacau yang memungkinkan seseorang untuk bertindakk diluar nalar misalnya mendengar suara gaduh atau melihat gerakan /kilatan cahaya yang melintas tiba tiba yang akhirnya menyebababkan sipenderita meresponnya tanpa sadar dengan menepuk wajahnya, Berbicara yang sama berulang ulang, Memukul bahunya atau sekedar berteriak dimana keadaan tersebut dimaksudkan untuk meyakinkan dirinya bahwa apa yang sedang terjadi itu adalah hanya halusinasi, Padahal yang terbentuk adalah bayangan atau suara suara yang nyata, yang ternyata sangat menyiksa kepala dan telinga.

15. Penyakit Sleeping Beauty Disease

Penyebab: Gangguan fungsi hipotelalus jaringan otak yang notabenya bertugas mengontrol nafsu makan
Penyakit ini merupakan penyakit langka didunia yang menyebabkan penderita menjadi sering mengantuk dan tidur selama berjam jam bahkan berminggu minggu tanpa adnya kegiatan fisdik seperti manusia pada umumnya.

16.Penyakit Head Syndrome

Penyebab : Kelainan jaringan otak
Head syndrome adalah saalah satu penyakit langka didunia yang menyebabkan seseorang merasa ada ledakan didalam kepalanya, mendengar suara gaduh yang berkepanjangna didalam kepalanya atau mendengar teriakan teriakan memilukan yang ada didalam kepalanya yang membuat penderitanya terjaga dari tidurnya dan jantungnya berdetak kencang lalu muncul kepanikan dan stres. Kondisi sering muncul ketika terlelap tidur dan menimbulkan penyakit insomnia karena penyakit ini menyerang seumur hidupnya.

Baca juga:

  • Dampak Insomnia Bagi Kesehatan
  • Penyebab Insomnia
  • Obat Insomnia

17. Penyakit Akromegali

Penyebab : Kelainan kelenjar hipofilis
Penyakit langka didunia ini muncul akibat kelenjar hipofilis memperoduksi hormon pertumbuhan yang menyebabkan seseorang mengalami pembesaran tulang yang tidak normal. Penyakit ini hampir sama dengan gigantisme tetapi memiliki perbedaan krena hanya menyerang orang dewasa( sedangkan gigantismne menyerang bayi /anak anak). Penyakit akromegali memiliki kadar bahaya diatas penyakit gigantisme karena dapat menyebabkan komplikasi munculnya penyakit diabetes, Masalah apnoesleep dan mudah terserang penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular.


18. Penyakit Akrodroplasia

Penyebab : Kelainan hormon pertumbuhan
Penyakit ini hampir sama dengan penyakit tretinisme yaitu seseorang menjadi kecil dan tidak bisa tinggi seperti anak anak sebaya usianya namun perbedaan dari penyakitini adalah si penderita menjadi cebol, Kerdil tetapi wajahnya tidak terlihat tua seperti halnya penyakit tretinisme) dan mengalami kelainan suara menjadi seperti anak anak.

19. Penyakit Blasctiko’s Lines

Penyebab : Adanya kelainan kromosom dan jaringan tulang
Penyakit ini menyerang bayi yang baru dilahirkan dan setelah memasuki usia culup dewasa maka akan muncul beberapa kelaiann pada tulangnya, Yaitu kaki yang membentuk huruf V, O, X atau perubahan tulang dad serta jaringan perut.

20.Penyakit Vampire disease

Penyebab: Kelainan jaringan DNA
Penyakit vampire disease merupakan penyakit langka didunia yang menyebabkan seseorang hidup layaknya seorang vampire atau drakula yaitu tidak bisa terkena sinar matahari karena kulitnya akan terasa sakit dan panas terbakar, Menyukai kamar yang gelap, Menyukai darah dan menghindari segala bentuk cahaya termasuk bahaya sinar matahari langsung atau bahkan cahaya lampu yang terlalu terang karena retina mereka sangat sensitif terhadap cahaya.

Baca juga:

21. Penyakit pica

Penyebab : Kelaian prilaku
Kelainan prilaku yang muncul sejak lahir merupakan penyakit langka didunia dan tergolong sangat unik yang hanya berkisar 10 persen menyerang anak anak diseluruh dunia dengan kebiasaan yang berkaitan dengan hal hal diluar nalar misalnya gemar makan kecoa, Makan tanah, Minyak tanah, Bensin,Tanah, Batu, Obat nyamuk bakar dan lain lain, namun anehnya sipenderita selalu nampak dalam kondisi yang baik tanpa adanya keluhan sakit perut atau terserang diare.

22.Penyakit Microcephaly

Penyebab: Paparan radikal bebas dan kerusakan DNA
Ibu hamil yang sering berinteraksi dengan bahan bahan kimia yang mengandung radilkal bebas secara terus menerus akan memicu munculnya penyakit langka didunia yang mengakibatkan kerusakan DNA yang akan berimbas pada kesehatan jaringan pada janin yang masih dalam kandungan. Ketika bayi dilahirkan maka akan timbul beberapa kelainan seperti bentuk kepala yang sangat kecil atau besar tetapi ukuran tubuhnya normal.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 31st, July 2017 / 02:54 Oleh :