Pemasangan Pen Pada Tulang, Metode, Biaya dan Perawatan Penting Anda Ketahui

Patah tulang tentu menjadi sesuatu yang menakutkan bagi semua orang. Sebab hal dapat berpengaruh buruk terhadap tubuh. Namun, hal ini kita tidak bisa memprediksinya, sebab patah tulang bisa terjadi kapan saja, dimana saja tanpa kita ketahui. Seperti ketika kita sedang santai naik sepedah, kemudian tiba-tiba dari belakang sepedah motor menabrak, mengakibatkan salah satu tulang patah. Atau ketika hendak masuk ke toilet dan tanpa sengaja kaki terpleset, kemudian secara spontan tangan menyangga.

Namun, karena kerasnya benturan hal ini pun bisa berakibat fatal, seperti patah tulang. Dalam berbagai aktivitas, seseorang selalu selalu berhati-hati agar hal ini tidak terjadi dalam diri. Namun sebab takdir kita tidak bisa memprediksinya. Meskipun begitu kita harus belajar metode, cara perawatan, serta harga penanganan pemasangan pen pada tulang. Meskipun kita semua tidak berharap hal ini terjadi, paling tidak sebagai antisipasi, kalau saja nyaris (semoga saja tidak) terjadi patah tulang. Kita sudah paham akan metode, biaya, dan cara perawatannya. Itu akan sedikit menolong beban mental Anda. Untuk itu dalam artikel ini akan dibahas beberapa metode yang perlu diperhatikan, biaya, serta cara-cara perawatan pemasangan pen pada tulang. Baca juga penyembuhan patah tulang.

Metode

Pertama, akan dijelaskan 9 Metode pemasangan pen pada tulang, yaitu:

  1. Memperhatikan Kondisi Tubuh yang Mengalami Patah

Memperhatikan kondisi tubuh yang mengalami patah tulang menjadi hal terpenting yang harus diketahui. Sebab hal ini akan berpengaruh besar terhadap kesehatan, serta kondisi mental korba. Hal ini bisa dilakukan dengan cara melihat luka patah tulang, yakni dengan melihat posisi tulang, atau bisa juga menggunakan teknilk modern yakni dengan CT Scan, cara ini dirasa paling mudah dan tepat sasaran. Sebab luka bisa terlihat dengan jelas. Artinya penangananya akan tepat sasaran dan tidak membuat korban merasakan sakit yang luar biasa. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam penanganan ini, diantaranya  rasa nyeri yang tak tertahankan, tulang mengalami pembengkakan, bagian tubuh yang patah mengalami memar, beberapa kasus ditemukan membuat tak sadarkan diri, ada suara patah yang terdengar saat terjadi kecelakaan, terdapat pendarahan yang terjadi pada potongan tulang, serta kepala pusing. Baca juga kepala sering pusing.

  1. Membuat Korban Merasa Nyaman

Metode selanjutnya yang tidak kalah penting dalam usaha pemasangan pen pada tulang adalah membuat korban dalam kodisi yang nyaman atau tenang. Sebab kondisi nyaman bisa membantu jalannya pemasangan pen. Jika tidak, artinya korban dalam kondisi yang tidak nyaman. Ditakutkan akan mengakibatkan kontraksi, dan hal ini tentu akan berdampak lebih buruk bagi korban. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar korban merasakan nyaman saat pemasangan pen, yakni

a. Manfaatkan es sebagai kompres

Metode ini dapat dilakukan untuk membuat korban merasa nyaman, sebab es bisa bermanfaat mengurangi rasa sakit yang sedang dialami oleh korban. Sekaligus, es juga mampu berperan dalam mengurangi pembekakan yang kemungkinan terjadi pada luka. Langkah ini mudah dilakuakn, sebab cukup membungkus es dengan kain, kemudian diletakkan pada bagian luka secara pelan, dan tidak berlebihan.

b. Menyangga Bagian Tubuh

Hal ini juga penting dilakukan untuk menciptakan suasana nyaman pada korban yang mengalami patah tulang. Sebab dengan menyangga tubuh akan membuat tubuh tidak bergerak secara berlebihan, yang dampaknya bisa semakin membuat rasa sakit pada luka. Penyangga ini dapat memanfaatkan kain atau benda-benda lain yang kiranya mampu menopang bagian tubuh.

  1. Eksekusi

Tahap ini merupakan tahap terpenting dalam metode pemasangan pen pada tulang patah. Eksekusi artinya tahap pemasangan pen. Tahap ini dilakukan ketika sudah melalui tahap-tahap sebelumnya. Sebab tahap sebelumnya akan berpengaruh terhadap tahap eksekusi. Ekseskusi dapat dilakukan ketika sudah mengetahui semua kondisi tubuh korban, serta korban sudah merasakan nyaman, baru tahap ini bisa dilakukan. Di bagian ini dapat menggunakan beberapa media sebagai penunjang agar tahap eksekusi bisa berjalan dengan baik, diantaranya.

a. Memanfaatkan Kain Lembut

Kain lembut, atau yang sering disebut sebagai plester ini memiliki pengaruh positif dalam tahap eksekusi pemasangan pen pada tulang yang patah. Kain ini bertujuan untuk melindungi kulit korban dari gangguan iritasi.

b. Bantalan Lembut

Bantalan lembut bertujuan untuk membantu tubuh menopang, sehingga korban akan merasakan situasi yang nyaman.

c. Plaster Perekat

Plester perekat ini bertujuan untuk meminimalis pergerakan yang ditimbulkan oleh korban. Sebab semakin sedikit gerakan yang ditimbulkan akan semakin cepat pula proses penyembuhannya, karena tulang akan mudah mengalami proses penyambungan

  1. Periksa Secara Berkala

Metode ini yang tidak boleh ditinggalkan, sebab dengan melakukan pemeriksaan secara berkala kita bisa mengetahui sejauh mana perkembangan pemasangan pen pada tulang.

(Baca juga cara menjaga kesehatan peredaran darah)

Biaya

Kedua, selain itu yang perlu diketahui selain metode pemasangan pen juga mengenai biayanya.  Untuk pemasangan Pen Platina bekas, dengan ukuran 13 cm, lebar 1,5 cm dan tebal 0,5 cm serta yang berbobot 60 gram tanpa menggunakan baut berkisar sampai 2.000.000. Namun jika menggunakan pen yang baru dengan ukuran yang sama maka harga bisa naik menjadi 6.000.000.

Perawatan

Ketiga, yang tidak kalah penting dipahami juga adalah cara-cara merawat setelah pemasangan pen pada tulnag yang patah, berikut cara-caranya.

  1. Selalu jaga kebersihan luka bekas operasi, serta taati anjuran pengobatan dari dokter dengan baik
  2. Biasakan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein seperti putih telur, daging dada ayam, dan susu.
  3. Lakukan gerakan sederhana pada tangan dalam tiga hari pertama setelah operasi, hal ini untuk mencegah kekakuan pada tangan dan melatih tangan untuk bergerak kembali. Anda disarankan juga untuk membaca cara mencegah tulang keropos.