16 Penyebab Sesak Nafas Saat Tidur Faktor Internal Dan Eksternal

3034

Penyebab sesak nafas saat tidur pada setiap individu berbeda dimana pemicu munculnya gangguan pernafasan berawal karena faktor internal dan eksternal tubuh.

Sesak nafas saat tidur dapat menyerang siapa saja dan relatif mudah disembuhkan jika segera ditangani dengan cara yang cepat dan tepat.

Penyebab

Faktor internal (dalam tubuh)

Faktor internal merupakan penyebab sesak nafas saat tidur yang muncul akibat adanya penyakit yang ada didalam tubuh dalam kondisi yang belum sembuh atau merupakan penyakit yang telah sembuh tetapi sewaktu waktu bisa kambuh kembali.

1.Asma kambuh

Seseorang yang memiliki riwayat penyakit asma, Maka ketika tubuh mengalami kelelahan, Stres dan akibat  kondisi cuaca yang terlalu panas atau dingin  maka penderita asma akan mudah mengalami sesak nafas yang berkaitan dengan kambuhnya asma seseorang  yang sebenarnya telah dinyatakan sembuh. Kondisi tersebut sangat dibutuhkan pertolongan pertama pada asma kambuh mendadak agar penderita tidak mengalami keluhan kesehatan yang lebih parah lagi.

2. Asam lambung naik

Salah satu penyebab sesak nafas saat tidur adalah seseorang yang memiliki penyakit asam lambung atau GERD. Penyakit asam lambung mengakibatkan Lemahnya otot yang berada diantara lambung dan tenggorokan  sehingga asam lambung mudah meningkat saat tidur lalu menyebabkan sesak nafas dan dada terasa nyeri. Penderita asam lambung sebaiknya hindari beberapa jenis makanan Penyebab asam lambung naik  misalnya makanan pedas atau terlalu asam.

3. Penyempitan pembuluh darah jantung

Penyempitan pembuluh darah jantung muncul akibat kebiasaan merokok yang berlebihan, Kadar gula yang sangat tinggi atau akibat penimbunan lemak pada area jantung. Seseorang menderita gangguan jantung tersebut agar lebih memperhatikan posisi tidurnya. Posisi yang kurang baik atau kebiasaan tidur tengkurap adalah yang terburuk, Dimana kondisi tersebut dapat menekan dada sehingga otot otot jantung jadi membutuhkan tenaga lebih besar lagi untuk tetap bisa memompa darah secara normal. Jika terjadi terus menerus maka penyempitan pembuluh darah jantung akan semakin parah dan muncul kasus sesak nafas .

4. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan kondisi dimana seseorang memimiliki gangguan pada pernafasannya yang disebabkan kendurnya dinding tenggorokan sehingga saluran pernafasan tersumbat lalu muncul penyumbatan pada saluran udara ditenggorokan. Kondisi ini menyebabkan seseorang sering atau kadang terserang sesak nafas saat tidur.

5. Tekanan darah rendah

Penyebab sesak nafas saat tidur yang paling menyerang dewasa dan orang tua adalah tekanan darah yang sangat rendah. Gejala tekanan darah rendah yang penting anda ketahui adalah bisa berupa kepala pusing, Keringat dingin atau kulit nampak pucat. Tekanan darah yang terlalu rendah  dapat menekan aliran darah seputar jaringan dada dan mengganggu sistem pernafasan sehingga seseorang mudah mengalami sesak nafasa saat tidur.

6. Gejala anemia

Gejala anemia atau penyakit anemia adalah kondisi dimana kadar hemoglobin dalam darah kurang dari 10 mg/dl sehingga fungsi hemoglobin yang biasanya dapat mengatur, Mengelola dan mengikat oksigen untuk kemudian disebarkan kejaringan tubuh termasuk pada sistem pernafasan menjadi terhambat. Rendahnya hemoglobin dalam darah menyebabkan pasokan oksigen pada sistem pernafasan menjadi berkurang, Kondisi inilah yang menjadi penyebab sesak nafas saat tidur.

7. Gangguan sinusitis

Munculnya ciri ciri sinusitis merupakan gangguan sinusitis serius yang awalnya disebabkan karena peradangan. Peradangan sinusitis dapat menjadi salah satu penyebab sesak nafas saat tidur . Gangguan sinusitis merupakan kondisi dimana area sinus mengalami luka dan  Iritasi  yangb akhirnya meluas kearah peradangan. Sinus yaitu rongga kecil yang berisikan udara dimana letaknya tepat dibelakang tulang dahi dan pipi .

8. Trauma tulang rusuk

Tulang rusuk berbentuk melingkar dan membentuk rongga dada. Saat tulang rusuk patah atau retak akibat benturan yang keras kemudian dilakukan serangkaian pengobatan guna untuk menormalkan kembali bentuknya dan ketika kembali melakukan aktivitas berat pasca pemulihan tulang,  Maka rasa sakit pada tulang tersebut bisa muncul kembali dan rasa nyerinya melebar ke arah dada. Ketika penderita berusaha untuk beristirahat maka menyebabkan munculnya sesak nafas saat tidur.

9. Reaksi alergi

Penyebab sesak nafas saat tidur paling banyak dialami pria dan wanita adalah karena memiliki sistem pernafasan yang terlalu sensitif sehingga tubuh seringkali menolaknya dengan berbagai cara yaitu dengan munculnya alergi, Misalnya nafas terasa sesak sesaat setelah menghirup debu, Bulu bulu hewan, Serbuk bunga, Asap kendaraan dan lain lain.

10. Infeksi paru paru

Infeksi paru paru  berkaitan dengan gangguan paru akibat peradangan. Ketika paru paru meradang maka sistem pernafasan akan ikut terhganggu karena aliran darah tidak lancar, Pasokan oksigen berkurang  dan fungsi paru parupun menurun. Kondisi inilah yang menjadi penyebab sesak nafas saat tidur yang sering dialami penderita infeksi paru.

Faktor eksternal (Luar tubuh)

Faktor eksternal merupakan penyebab sesak nafas saat tidur yang muncul akibat kebiasaan dan gaya hidup buruk seseorang yang tanpa sengaja menyerang sistem pernafasan bagian atas.

1.Makan terlalu banyak

Kebiasaan makan terlalu kenyang atau berlebihan 1 jam sebelum berangkat tidur adalah faktor eksternal yang paling sering menjadi penyebab sesak nafas saat tidur karena sistem pernafasan mengalami tekanan terus menerus akibat dinding perut yang juga mengalami desakan.

2. Minuman terlalu manis

Gemar minum minuman manis dengan pemanis buatan misalnya minuman bersoda atau kopi dalam jumlah yang berlebihan dapat menekan saraf, Pembuluh darah dan menyumbat jalan nafas disaluran udara bagian atas. Minuman manis seperti kopi dan soda mampu mengiritasi dinding saluran pernafasan dan menekan laju jalan nafas secara perlahan lahan hingga muncullah sesak nafas yang diiringi dada terasa sakit. Minuman manis adalah penyebab sesak nafas saat tidur yang sebaiknya dihindari 1 jam sebelum berangkat tidur.

3. Makanan berlemak

Mengkonsumsi makanan berlemak dengan kandungan minyak jenuh terus menerus dapat mempersempit pembuluh darah diseputar saluran pernafasan, Kondisi ini muncul karena penumpukan lemak jahat yang melekat dan bertahan pada area seputar rongga pernafasan bagian dalam sehingga ketika sedang tidur yang muncul adalah sesak nafas.

4. Kurang tidur

Sering begadang merupakan salah satu penyebab nafas sesak saat tidur karena ketika seseorang kurang tidur maka jaringan internal tubuh termasuk sistem pernafasan menjadi mengalami kemunduran fungsi.  Bahaya akibat kurang tidur malam bagi kesehatan salah satunya adalah beresiko mengacu pada munculnya sesak nafas saat tidur yang terjadi secara berulang.

5. Olahraga malam

Banyak orang yang melakukan olahraga malam yang ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh termasuk saluran pernafasan bagian atas.. Kondisi ini terjadi karena pada malam hari udara tidak lagi mengandung banyak oksigen melainkan zat karbon dioksida yang berbahaya jika terhirup terlalu banyak saat sedang melakukan kegiatan olahraga. Zat karbon dioksida akan menekan sistem pernafasan dan akibatnya akan menjadi penyebab sesak nafas saat tidur .

6. Obat obatan

Mengkonsumsi obat yang dijual bebas tanpa resep dokter atau penyalahgunaan obat obatan terlarang adalah penyebab sesak nafas saat tidur yang beresiko pada kematian. Zat kimia yang ada pada obat dapat menumpuk atau melekat pada dinding saluran pernafasan lalu mencederai hingga muncul peradangan  yang pada akhirnya menyumbat aliran darah diseputar rongga dada. Keadaan ini dapat menyebabkan dada terasa sakit, Sesak nafas, Jantung berdetak tidak beraturan bahkan mengalami mual dan muntah.