Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit Ulu Hati Terasa Panas Bisa Berbahaya, Begini Alasannya

Ulu Hati Terasa Panas Bisa Berbahaya, Begini Alasannya

by Henny Anugerah

Ulu hati adalah organ tubuh yang berada dibawah tulang dada namun diatas pusar dimana letaknya tepat diantara tulang rusuk.  Ketika ulu hati terserang senssai rasa panas bahkan seperti terbakar,  Maka jaringan yang ada didekatnya akan mengalami rasa yang tidak nyaman dimana kondisi tersebut dapat menyerang siapa saja yang  tidak memandang berapa usia dan apapun kegiatan harian anda.

Penyebab

Ulu hati terasa panas bisa menjadi indikasi  gejala awal terjadinya gangguan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh banyak fakto, Diantaranya:

1.Makanan

Ulu hati terasa panas dapat disebabkan karena makanan yang memilki cita rasa pedas, Terlalu asam atau bahkan terlalu banyak mengandung garam termasuk bumbu penyedap yang dikonsumsi terlalu banyak. Jenis makanan tersebut dapat menekan pembuluh darah dan lapisan luar dari ulu harti sehingga menyebabkan rasa nyeri, Dimana rasa nyerinya bisa terus menyebar ke area perut.

2. alkohol

Alkohol bersifat tajam , Panas dan  beresiko menggerus atau mencederai jaringan manapun yang ada ditubuh termasuk ulu hati. Alkohol mampu menekan jalan darah, Mempersempit pembuluh darah dan menekan ulu hati sehingga memberikan sensasi rasa panas seperti terbakar saat alkohol menembus lapisan dinding ulu hati.

3. Merokok

Bahaya tar pada rokok  dan Efek bahaya nikotin rokok untuk kesehatan  bersifat merusak jaringan apapun didalam tubuh termasuk melukai ulu hati. Zat beracun dari rokok dapat mengendap dan melekat pada ulu hati sehingga menimbulkan rasa panas sebagai bentuk respon alami bahwa zat yang ada pada rokok tidak cocok untuk masuk ke organ ulu hati.

4. Kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein tidak baik bagi kesehatan tubuh termasuk ulu hati. Kafein dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menyempitkan pembuluh darah  sehingga menghambat pasokan darah dan oksigen untuk mengali ke arah ulu hati secara normal. Hambatan mengalirnya darah terus menerus dapat memicu munculnya ulu hati terasa panas .

5.Reflux asam lambung

Reflux asam lambung adalah peristiwa dimana asam lambung naik ke kerongkongan hingga menyebabkan munculnya sensasi rasa panas bahkan seperti terbakar dimana rasa nyerinya bisa menjalar ke ulu hati sehingga organ tersebut ikut merasakan efek panasnya.

6.Obat obatan

Penyebab ulu hati terasa panas juga bisa disebabkan karean penggunaan obat obatan terutama obat pereda rasa nyeri dari jenis non steroid misalnya aspirin atau ibuprofen. Kedua obat tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak tepat dalam takaran dosisnya maka menyebabkan meningkatkan resiko organ ulu hati terasa panas, Nyeri ada keinginan untuk muntah.

7.Gastritis kronis

Gastritis adalah lambung yang mengalami peradangan akibat serangan bakteri helibacter pylori sehingga menyebabkan lapisan pelindungnya terkoyak . Tips mudah cara mencegah gastritis kronis satunya adalah tinggalkan kebiasaan merokok. Peradangan pada lambung yang telah berlangsung lama dapat mempengaruhi kondisi ulu hati menjadi terasa tidak nyaman.

8.Obesitas

Seseorang yang kena obesitas ternyata ulu hatinya rentan mengalami penumpukan lemak atau kolesterol yang dapat mengagnggu aliran darah serta jaringan lain yang berhubungan dengan perut. Penumpukan lemak berlebih akibat kegemukan dapat menekan ulu hatiu lalu menimbulkan rasa nyeri dan ulu hati terasa panas sehingga perut bagian atas bawah menjadi tidak nyaman, Perlu diperhatikan bahwa salah satu penyebab obesitas tubuh yang mudah terbentuk pada pria dan wanita adalah begadang malam  Dimana kebiasaan begadang adalah pemicu terbesar seseorang menjadi terobsesi untuk makan berlebihan bahkan pada malam hari menjelang tidur.

9.Sembelit

Ulu hati terasa panas bisa juga muncul akibat seseorang sedang mengalamisembelit dalam beberapa hari. Kesulitan buang air besar dalam waktu yang cukup lama dapat membahayakan jaringan perut lain dan menekan organ ulu hati sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman yang terdiri  dari munculnya rasa begah, Perut seolah olah penuh,  Nyeri atau Perut bagian bawah tegang dan nampak buncit.

Penanganan

Cara mengatsi  ulu hati terasa panas adalah upaya meredakan panas pada ulu hati sehingga jaringan perut akan terasa nyaman kembali.

1.Pola makan

  • Membiasakan diri untuk menghindari apapun berbentuk makanan yang rendah gizi , Misalnya jeroan dan jenis junkfood.
  • Mengkonsumsi makanan yang berstandar 4 sehat 5 sempurna setiap hari dengan menu masalan yang berbeda .
  • Hindari makanan yang masih mentah atau setengah matang untuk menghindari masuknya berbagai macam bakteri dan  radikal bebas yang melekat padamasakan tersebut kedalam tubuh.
  • Hindari pemakaian gula berlebihan, Agar tubuh  tetap sehat bisa menggunakan gula jagung untuk campuran minuman atau masakan.
  • Kurangi mengkonsymsi makana yang terlalu pedas, Terlalu asam atau banyak mengandung garam dan penyedap rasa yang terlalu banyak.

2.Gaya hidup

Kurangi rokok bagi pecandu rokok yang belum belajar untuk tidak merokok dan merasa sulit untuk meninggalkan rokok secara tiba tiba namun tinggalkan rokok bagi seseorang yang memilki niat kuat untuk tidak merokok lagi demi kesehatan.

3.Kendalikan stres

  • Belajar dan berusaha secara bertahap mengendalikan stres dengan terlebih dulu memahami bahaya dan ciri ciri stres yang mengancam kesehatan tubuh.
  • Melakukan relaksasi disela sela kesibukan misalnya melakukan peregangan otot agar aliran darah di kepala kembali lancar dan jaringan otak lebih tenang.
  • Mendengarkan musik kesukaan, Acara televisi, Membaca buku sesuai dengan minat lalu lupakan sejenak beban pikiran atau aktivitas rutin dirumah.
  • Berendam atau mandi air hangat lalu melakukan pijat refleksi atau massage seluruh tubuh agar tubuh kembali bugar, Pikiran lebih tenang dan pegal pegal hilang.  Ini adalah salah satu metode klasik atau cara terapi menghilangkan stres yang mudah dilakukan dan berlaku untuk pria dan wanita, Usia remaja, Dewasa hingga orangtua.
  • Melakukan  kegiatan berdasarkan minat dan bakat atau hobi yang disukai diluar rutinitas harian agar stres dapat dikendalikan merupakan salah satu tips penghilang stres ampuh wajib dicoba.
  • Berkumpul dan beradptasi dengan ornag orang yang memilki bakat dan minat yang sama sepertti organisasi pecinta hewan, Komunitas motor, Komunitas sepeda dan lain lain
  • Melakukan  perjalanan atau petualagan yang sesuai dengan hobi atau selera misalnya yang membutuhkan dukungan adrenalin yang tinggi misalnya terjun payung, Menyelam dan lain lain.

4.Jaga berat badan

Menjaga berat badan tetap ideal adalah yang terbaik untuk terhindar dari ulu hati terasa panas. Berat badan akan selalu stabil jika disiplin dan secara konsisten menjaga pola makan agar selalu dalam kondisi yang baik.

5.Hindari obat obatan

Mengkonsumsi obat bebas diwarung boleh boleh saja tetapi tidak untuk terus menerus dan berlebihan. Hendaknya konsultasikan pada dokter yang terkait  jika ingin mengkonsumsi obat tertentu karena alasan kondisi medis, Agar kasus ulu hati terasa terasa panas tidak perlu terjadi. Obat obatan yang didapat  dari resep dokter sudah pasti  nantinya diberikan oleh dokter berdasarkan kondisi tubuh yang telah dianalisa melalui pemeriksaan fisik.

You may also like