Tangan Ngilu Sebelah Kanan : Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi

Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat penting bagi kehidupan manusia apalagi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, makadari itu dikarenakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau sering kali dipergunakan maka tangan akan sangat memungkinkan untuk terkena berbagai gangguan kesehatan seperti kram, ngilu, terkilir dll.

Dalam kesempatan kali ini kan dijelaskan tentang salah satu gangguan kesehatan tersebut yaitu tangan ngilu dibagian sebelah kanan. Dalam permasalahan tersebut tangan ngilu bisa dikarenakan atau disebabkan oleh berbegai hal baik itu terjadi secara alami karena ada gangguan kondisi tubuh ataupun dikarenakan kecerobohan seseorang pada saat melakukan berbagai aktifitas ataupun kegiatan.

Kondisi tangan ngilu ini merupakan sebuah gangguan kondisi kesehatan tubuh yang bisa menyerang siapa saja artinya tidak hanya kalangan umur tertentu saja yang bisa mengalaminya namun bisa dialami oleh berbagai umur baik itu dewasa ataupun muda, selain bisa dialami oleh berbagai kalangan umur tangan ngilu ini khususnya sebelah kanan juga bisa dialami oleh laki-laki ataupun perempuan tidak ada syarat khusus untuk orang dapat mengalaminya.

Penyebab tangan ngilu sebalah kanan

Setiap berbagai jenis penyakit terdapat beberapa hal yang digunakan sebagai pemicu utama ataupun digunakan sebagai faktor utama sehingga gangguan kesehatan tersebut dapat dirasakan oleh penderitanya. Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa penyebab  tangan ngilu ini bisa disebabkan oleh kesalahan atau kecerobohan dalam gerak atupun faktor yang lain. Beberapa penyebab lain akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Kebiasaan

Kebiasaan yang dimaksudkan disini ialah kebiasaan yang buruk yang sering dilakukan oleh penderitanya, kebiasaan ini tidak hanya yang bersifat satu atau dua kali dilakukan namun kebiasaan yang dilakukan sudah lama ataupun yang sudah bertahun-tahun. Kebiasaan buruk ini seperti  posisi tidur dan duduk yang tidak seseuai dengan anjuran kesehatab yang benar.

2. Patah tulang

Patah tulang merupakan hal yang sangat serius untuk ditangani, terkadang orang sering menganggap bahwa dirinya hanya terkilir biasa namun ternyata penderita tersbeut bisa saja mengalami patah tulang. Biasanya patah yulang ini bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terpeleset, terjatuh dll. Dalam hal ini patah tulang sering dialami oleh seseorang dikarenakan orang tersebut tidak hati-hati ataupun ceroboh. Dalam kondisi patah tulang ini seseorang harus segera mendapatkan penanganan yang serius oleh dokter agar tidak semakin parah keadaannya, dalam prosese penyembuhan pasien akan merasakan berbagi hal rasa salah satunya ialah rasa ngilu dan linu.

3. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan suatu ondisi dimana terjadi penurunan kepadatan tuang, biasanya osteoporosis ini sering dialami oleh seseorang yang sudah mengalami lanjut usia. Keadaan dimana tulang mengalami penurunan kepadatan ini mengakibatkan perseian ditangan menjadi ngilu hal ini juga bisa terjadi pada tangan sebelah kanan sehingga pada keadaan ini tangan sebelah kanan seseorang juga bisa mengalami ngilu. Osteoporosis ini dapat diatasi dengan memahami bagaimana cara mencegah osteoporosis yang dilakukan sejak sedini mungkin 


4. Carpal tunnel syndrome

Carpal tunnel syndrome ini merupakan sebuah syndrome dimana dialami oleh seseorang ketika telah melakukan aktifitas yang terlalu lelah, aktifitas ini bisa saja merupakan aktifitas yang dilakukan secara terus menerus oleh penderita tersebut. Contoh aktifitas yang mudah kita temui ialah mengetik, latihan piano.

Bisa dilihat bahwa akatifitas-aktifitas diatas merupakan suatu aktifitas yang biasa dilakukan dengan angsur yang lama. Dalam syndrome ini seseorang akan merasakan nyeripada lengan pada bagian bawah dan lama-kelamaan bisa merambat ke tangan baik kanan atupun kiri. Carpal tunnel syndrome merupakan salah satu jenis sakit sendi jari tangan yang juga perlu diketahui 

5. Penyakit trigger finger

Terkadang banyak orang yang belum mengetahui istilah ini namun perlu diketahui bahwa penyakit ini merupakan penyakit biasa yang sering dialami oleh sebagian orang. Trigger finger merupakan suatu penyakit dimana seseorang merasakan rasa ngilu dimana rasa ngilu tersebut terjadi pada tangan, selain itu rasa ngilu ini juga terjadi seacara berulang-ulang, ngilu ini bisa juga terjadi disebelah kanan. Biasanya penyakit ini dialami oleh seseorang karena sering menganggkat beban yang terlalu berat dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

6. Gangguan fungsi syaraf

Seseorang yang mengalami gangguan fungsi syaraf dan gangguan pembuluh darah yang terjadi pada tangan akan merasakan rasa nyeri atau sakit. Jika yang terjadi gangguan pada tangan sebelah kanan maka penderita juga akan merasakan ngilu pada bagian kanan ini. Efek dari adanya gangguan fungsi syaraf ini tangan seseorang menjadi lebih kaku dan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama penderita tidak mampu untuk mengangkat beban yang berat.

7. Syaraf terjepit

Dalam kondisi syaraf terjepit apalagi jika terjadi ditangan sebelah kanan juga bisa memicu rasa ngilu ataupun sakit pada tangan bagian tersebut. Biasanya syaraf terjepit bisa terjadi akibat posisi atau postur tubuh yang salah dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Biasanya syaraf terjepit sangat berpotensi terjadi jika seseorang melakukan posisi tidur yang salah dimana tangan menjadi mengalami penekananan yang cukup berat. Ketahui pula cara mengobati syaraf kejepit yang paling ampuh dan paling cepat agar dapat mengatasi sakit pada tangan.

8. Serangan jantung

Memang jika dilihat tangan ngilu sebelah kanan ngilu seblah kanan lalu kemudian mengalami serangan jantung, namun itulah yang bisa terjadi ternyata tangan ngilu juga bisa digunakan sebagai pertanda jika seseorang tersebut bisa mengalami serangan jantung. Biasanya rasa ngilu yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami penyakit jantung ini diikuti dengan tanda-tanda lain seperti gelisah, berkeringat dan mual. Makadari itu jika anda mengalami rasa nyeri yang dialami secara lama maka anda harus segera memastikan ke dokter agar bisa segera ditangani.

Gejala ngilu sebelah kanan

1. Ngilu

Ngilu ini merupakan gejala pokok yang dialami dan dirasakan pada tangan seblah kanan, rasa ngilu ini bisa terjadi pada lengan tangan kanan bagian bawah maupun lengan tangan bagian atas. tidak hanya ngilu pada tangan bahkan penyebab kaki ngilu juga sangat banyak yang menjadi gejala penyakit tertentu.

2. Kesemutan

Biasanya seseorang yang megalami tangan ngilu apalagi pada tangan bagian kanan hampir selalu diikuti dengan rasa kesemutan, kesemutan ini mengakibatkan tangan seseorang  sedikit kram sehingga pada kondisi sedang kesemutan dan kemudian mengalami gesekan suatu sentuhan maka akan terasa sakit.

3. Tangan kaku

Dalam kondisi tangan kanan sedang mengalami ngilu maka tangan juga akan menjadi kaku sheingga seseorang dalam jangka waktu tersebut tidak mampu untuk mengangkat benda-benda yang terlalu berat.

Pengobatan tangan ngilu sebalah kanan

Untuk mengatasi tangan ngilu seblah kanan maka seseorang penderita harus segera melakukan pengobatan, hal ini dikarenakan agar kondisi tidak menjadi semakin parah dan menghindari berbagai jenis penyakit lain yang mungkin bisa saja terjadi. Beberapa pengobatan akan dijelaskan sebagai berikut. 


1. Mengkonsumsi kunyit

Kunyit merupakan sebuah jenis tanaman yang berkhasiat makadari itu kunyitjuga bisa dimanfaatkan sebagai obat dari tangan ngilu ditangan ini, caranya pun sangat mudah hanya dengan menghaluskankunyit kemudian ditambah dengan minyak kelapa dan sesendok bubuk lada hitam kemudian diampbil sarinya dan diminum airnya, lama kelamaan tangan ngilu ditangan anda akan hilang. Selain kunyit baik untuk kesehatan tangan tapi peru pula mengetahui apa saja yang menjadi efek samping kunyit yang mempengharuhi kesehtan.

2. Mengkonsumsi teh hijau sencha

Seperti yang telah diketahui saat ini bahwa the hijau merupakan suatu jenis tanaman yang berkhasiat, salah satu khasiatnya ialah bisa menyembuhkan rasa ngilu yang terjadi pada tangan sebelah kanan.

3. Mengompres dengan air hangat

Cara ini merupakan cara yang mudah untuk meredakan rasa ngilu yang terjadi pada tangan sebelah kanan, air hangat ini dapat membantu merileksasikan otot-otot yang terdapat dalam tangan sebelah kanan.

4.  Memperbaiki postur tubuh

Memperbaiki postur tubuh ini ialah tidak hanya memperbaiki potur saat tidur saja namun juga memperbaiki posisi-posisi tubuh yang benar saat melakukan kegiatan sehari-hari, hal ini dikarenakan agar otot-otot yang terdapat didalam tangan tidak berubah posisinya atau mengalami berbagai gangguan kesehatan yang bisa mngakibatkan rasa ngilu ditangan seblah kanan.

Itulah bebearapa hal yang penting yang harus kamu ketahi mengenai tangan ngilu sebelah kanan, dengan mengetahui penyebab, gejala dan cara mengobati maka akan lebih mudah untuk menangain tangan ngilu, baik tangan ngilu sebelah kanan maupun tangan ngilu sebelah kiri.

,
Post Date: Friday 06th, October 2017 / 12:59 Oleh :
Kategori : Gejala Penyakit