Home Penyakit dan KelainanGejala Penyakit 12 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri Paling Berbahaya

12 Penyebab Sakit Dada Sebelah Kiri Paling Berbahaya

by Henny Anugerah

Sakit dada sebelah kiri sangat berhubungan dengan organ tubuh bagian dalam, Karena jika salah satu menderita inflamasi maka rasa nyerinya akan meluas ke area rongga dada meskipun kondisi medis yang muncul berbeda beda.

Penyebab

1.Angina

Angina adalah ketika arteri jantung mengalami penyusutan atau penyempitan lalu menyebabkan aliran darah tertahan atau terhambat, Akibatnya jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang memadai. Kondisi ini adalah penyebab sakit dada sebelah kiri dimana rasa nyerinya bisa terasa sampai punggung belakang.

Sudah waktunya masyarakat mengetahui apa saja ciri ciri terkena angina dan faktor penyebabnya agar masyarakat lebih cerdas dalam menjaga kesehatan jantungnya. Disarankan untuk menjaga jantung senantiasa mendapatkan cukup pasokan darah sehingga otot jantung tetap kuat ketika memompa darah untuk kemuudian disebarkan keseluruh tubuh sehingga tidak perlu khawatir lagi akan muncul masalah angina.

2. Gangguan usus

Saat banyak gas yang berkumpul di dalam usus maka akan terjadi penumoukan gas yang akhirnya menyebbakan dorongan dinding usus secara berulang hingga dada terasa sangat nyeri dan terasa berat.

3. Serangan jantung

Serangan jantung terjadi karena alira darah ke otot jantung tiba tiba tertahan atau tersumbat sehingga menekan rongga dada sebelah kiri yang terdekat dengan jantung itu sendiri. Kondisi adalah penyebab sakit sebelah kiri yang biasnya di iringi dengan kesulitan bernafas dan rasa nyeri pada dad seperti sedang ditusuk tusuk.

4. Herpes zoster

Gejala herpes misalnya Herpes zoster adalah penyakit yang disebabkan karena perkembangan virus varicella zoster pemicu munculnya cacar air. Virus varicella dalam jumlah yang besar dan telah menyebar dapat menimbulkann tekanan pada rongga dada lalu mempengaruhi rongga dada dengan respon rasa nyeri yang luar biasa. Waspadalah pada penyebab herpes zoster paling menakutkan yang ternyata lebih berbahaya dari jenis herpes lainnya.

5. Trauma dada

Trauma fisik terutama pada dada akibat hantaman, Pukulan atau benturan keras dapat menyebabkan otot sekitar dada menjadi tegang dan meregang sedangkan saraf saraf menderita tekanan akibat aliran darah tidak lancar . Waspadalah karena kondisi ini dapat menjadi penyebabh dada sakit sebelah kiri dimana intensitas rasa nyerinya akan meningkat pada malam hari.

6. Refluks asam lambung

Efek asam lambung terhadap jantung berbahaya perlu diwaspadai karena berhubungan dengan otot jantung dan jaringan lain yang ada didekatnya. Refluks asam lambung atau bahasa medisnya gastroesophageal refluks terjadi saat kadar asam dalam lambung melonjak naik ke kerongkongan hingga menyemburkan sensasi rasa panas seperti terbakar disaluran tenggorokan dan di belakang tulang dada. Refluks asam lambung merupkan salah satu penyebab dada sakit sebelah kiri yang paling sering menyerang penderita maag atau radang lambung.

7. Perakerditis

Perakerditis adalah kondisi dimana dada sebelah kiri menderita rasa sakit seperti ditusuk tusuk yang berlangsung dengan durasi yang cukup panjang sehingga menyebabkan penderitanya bisa pingsan atau kehilangan kesadaran, Kondisi ini dipicu oleh masalah penyakit autoimun misalnya penyakit lupus dan Rkeumatoid arthritis yang tak kunjung sembuh.

8. Otot tegang

Ketegangan  pada otot dada akibat aktivitas terlalu berat atau olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan desakan dan tekana beruang pada romgga dada lalu menyebabkan rasa sakit dan berat saat sedang bernafas.

9. Radang paru

Waspada dengan ciri ciri radang paru paru yang tidak segera diobati karenan radang paru (pneumonia ) adalah peradangan yang terjadi pada paru paru yang telah berkembang menjadi infeksi sangat mempengaruhi fungsi paru paru itu sendiri yang bisa mengacu pada rusaknya jaringan paru paru.Penyebab sakit dada sebelah kiri merupakan tanda awal yang muncul pada gejala radang paru.

10.Stres

Stres yang berlangsung lama bukan hantya akan mempengaruhi prilaku penderitanya tetapi juga bisa merusak pembuluh darah terutama pada arteri sekitar jantung. Kondisi ini bisa mennjadi penyebab dada sakit sebelah kiri  yang diiringi keluarnya keringat dingin.

11. Kostokondritis

Kostokondritis adalah nyeri dada akut akibat terbentuknya inflamasi saat tuang rusuk bertemu dengan tulang rawan yang disebabkan karena pergerakan dan perkembangan virus yang bersarang disekitar rongga dada. Kostokondritis merupakan salah satu penyebab sakit dada sebelah kiri yang perlu diwaspadai karena bisa menyeba kan kesulitan bernafas dan penurunan kesadaran.

12. Pankreatitis

Panyebab Pankreatitis wajib diketahui lebih awal agar terhindar dari keluhan kesehatan yang berhubungan dengan gula darah atau masalah insulin, Kondisi ini menentukan karena pankreas merupakan organ kecil yang berkaitan dengan gula darah dan insulin. Pankreatitis adalah peradangan mendadak yang terjadi di pankreas yang menyebabkan rasa nyeri dimana rasa nyerinya menjalar ke bagian rongga dada. Pankreatitis juga sebagai penyebab sakit dada sebelah kiri yang wajib diwaspdai karena dapat menyebabkan fungsi pankreas berkurang. Kondisi ini dapat mempengaruhi insulin dan kestabilan kadar gula dalam darah.

You may also like