11 Ciri – Ciri Terkena Angina dan Faktor Penyebabnya

963

Angina atau yang biasa disebut dengan angin duduk merupakan sebuah kondisi dimana akan muncul rasa tidak nyaman yang disebabkan suplai darah ke jantung berkurang. Angina ini biasanya nya disebabkan karena terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Angina sendiri memiliki 3 jenis yaitu

  • angina stable yang terjadi ketika jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Kondisi ini akan membaik dengan istirahat dan obat – obatan.
  • Angina unstable yang bisa terjadi walau tanpa melakukan aktivtas fisik. Ini merupakan jenis angina yang paling berbahaya dan juga bisa menjadi tanda jika anda bisa terkena serangan jantung.
  • Angina variant merupakan kondisi angina yang terjadi pada saat anda sedang istirahat. Ini merupakan jenis angina yang jarang terjadi.

Angina atau angin duduk bisa menjadi berbahaya apabila terlambat dalam penangannya. Untuk itulah sangat penting bagi kita untuk mengetahui ciri – ciri terkena angina atau angin duduk ini agar kita bisa melakukan tindakan yang tepat dengan segara dan terhindar dari angin duduk mematikan. Beberapa ciri – ciri terkena angina yang harus kita waspadai adalah :

  1. Muncul Rasa nyeri pada dada
    Hal yang paling umum dan mendasar dari ciri – ciri terkena angina adalah munculnya rasa nyeri pada bagian dada. Penderita angin duduk ini akan merasa dada seperti tertekan. Hal ini muncul karena adanya penyumbatan pada daerah jantung yang menyebabkan munculnya rasa  nyeri pada dada.
  2. Rasa nyeri pada dada yang menyebar
    Ciri – ciri angin duduk lainnya adalah ketika rasa nyeri pada dada tersebut mulai menyebar. Rasa nyeri ini bisa menyebar  sampai bagian lengan kiri, punggung, bahu. rahang, dan bahkan sampai leher. Penyebaran rasa sakit ini terjadi sebagai akibat dari pasokan darah pada otot – otot jantung yang berkurang
  3. Mudah lelah
    Mereka yang terkena angina biasanya akan merasakan tubuh mereka menjadi mudah lelah. Tubuh lelah ini akan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi rendah dan membuat tubuh menjadi lebih murah diserang penyakit.
  4. Sering sesak nafas
    Pada dasarnya sesak nafas ini memang bisa menandakan berbagai macam masalah pada tubuh. Pada kasus angina ini rasa sesak nafas akan disertai dengan rasa mual dan nyeri dada
  5. Mual
    Tanda – tanda lain angin duduk adalah munculnya rasa mual. Mual ini terjadi karena ada gangguan pada bagian pencernaan. Selain itu, rasa mual yang terjadi pada angin duduk ini juga disertai dengan sesak nafas dan nyeri dada.
  6. Tubuh berkeringat berlebihan
    Gejala angin duduk atau angina yang lain adalah tubuh yang berkeringat secara berlebihan. Keringat yang berlebihan ini berkaitan dengan masalah pada jantung.
  7. Keringat dingin
    ciri – ciri angin duduk juga adalah munculnya keringat dingin. Keringat yang muncul pada saat kondisi tubuh anda sedang dingin ini menandakan bahwa ada masalah pada tubuh anda. Terlebih jika munculnya keringat dingin ini disertai dengan rasa sakit pada dada dan juga sesak nafas
  8. Sakit kepala
    Pada dasarnya rasa sakit kepala ini memang bisa terjadi dan merupakan hal yang biasa. Namun jika rasa sakit kepala ini disertai dengan perasaan seperti melayang dan juga tubuh lemas maka kemungkinan ini merupakan tanda – tanda angin duduk atau angina. Hal ini akan lebih parah apabila disertai dengan rasa nyeri, sesak nafas, dan juga mual.
  9. Sakit pada bagian leher
    Tanda – tanda lain dari terkena angina atau angin duduk ini adalah muncul nya rasa sakit pada bagian lehr. Sakit pada bagian leher yang terjadi pada mereka yang terserang angina merupakan rambatan dari nyeri pada dada.
  10. Tubuh menggigil
    Mereka yang terkena angin duduk juga akan merasakan tubuh mereka menggigil. Terlebih tubuh menggigil ini muncu tanpa sebab yang jelas. Kondisi ini juga akan lebih parah jika sudah disertai dengan nyeri pada bagian dada.
  11. Mudah panik
    Angin duduk ini juga akan menyebabkan munculnya rasa panik yang berlebihan. Rasa panik ini muncul setelah kita mengalami rasa sesak nafas, rasa nyeri pada dada, dan juga rasa nyeri pada bagian tubuh lain.

Itulah beberapa ciri – ciri terkena angin duduk yang harus kita perhatikan. Selain mengetahui beberapa gejala dari munculnya angina ini, kita juga harus mengetahui beberapa faktor penyebab angin duduk atau angina ini. Beberapa faktr yang bisa menjadi penyebab dari angina atau angin duduk ini antara lain adalah :

  • Tubuh kelelahan
    Tubuh yang terus menerus bekerja akan membuat pasokan oksgen berkurang karena kelelahan. Akibatnya otot jantung pun menjadi tertekan.
  • Kurang istirahat
    Kurangnya istirahat akan memperparah kondisi tubuh. Kurangnya istirahat ini akan membuat tubuh mengalami gejala angina seperti lemas, mual, nyeri, dan juga jantung tidak sehat.

Selain itu faktor lain yang bisa menyebabkan angina atau angin duduk adalahkadar kolesterol yang tinggi, infeksi pada pembuluh darah, merokok, kadar gula dalam darah tinggi, dan juga darah tinggi.