12 Penyebab Nafas Sesak Tiba Tiba Paling Sering Terjadi

242

Sesak nafas bisa menyerang siapa saja dan jika tidak segera diatasi dengan tepat maka dapat mengancam jiwa penderitanya atau mengalami komplikasi yang hanya akan memperburuk sesak nafas itu sendiri.

Penyebab

1.Asma

Penyebab sesak nafas tiba tiba yang paling sering terjadi adalah paparan bakteri dan virus yang menyebabkan asma kambuh. Asma yang kambuh tiba tiba  kerab ditandai dengan munculnya sesak nafas. Waspadalah pada tanda tanda asma awal karena jika tidak segera mendapatkan perhatian berikut  pengobatan yang cepat dan tepat maka kasus munculnya sesak nafas akan selalu muncul pada tiap tiap kambuhnya asma .

2. Keracuna zat kimia

Menghirup udara yang telah terkontiminasi zat kimia beracun dan berbahaya misalnya  melalui rongga hidung atau mulut secara tidak sengaja dalam kadar yang sedikit atau banyak sama sama dapat menjadi pemyebab sesak nafas tiba tiba . Adapun zat kimia beracun itu adalah sianida, Karbon monoksida, Merkuri, Strychnine dan lain lain.

3. Gagal jantung kongestif

Gagal jantung kongestif  terjadi karena otot jantung mengalami kelainan yang mengakibatkan otot jantung melemah dan akhirnya kehilangan kemampuannya dalam memompa darah dan menyebarkannya ke seluruh jaringan tubuh.

4. Tersedak

Tersedak merupakan salah satu penyebab nafas sesak.  Pada dasarnya jarak antara saluran yang dilalui makanan dan lokasi masuknya udara sangat berdekatan. Ketika terjadi gesekan sedikit saja misalnya karena makan terburu buru atau makan sambil bicara maka dapat menyebabkan tersedak.

5. Radang paru paru

Munculnya gejala radang paru paru atau pneumonia cenderung ditandai dengan batuk batuk, Demam ringan hingga berat dan sesak nafas. Penyebab nafas sesak pada penderita radang paru paru adalah lebih banyak disebabkan karena infeksi yang terjadi pada paru paru.

6. Saluran nafas tersumbat

Penyebab sesak nafas tiba tiba dapat juga disebabkan karena adanya saluran nafas yang tersumbat. Saluran nafas yang tersumbat disebabkan banyaknya debu dan radikal bebas yang masuk dalam organ pernafasan atau akibat peradangan yang telah terbentuk secara luas di area saluran pernafasan bagian atas.

7. Fibrilasi atrium

Fibrilasi atrium adalah kondisi jantung yang berdetak secara tidak beraturan dan relatif lebih cepat dari keadaan normal. Kondisi ini memicu munculnya sesak nafas tiba tiba yang jika dibiarkan akan menyebabkan dada terasa berat.

8. Hiperventilasi

Hiperventilasi adalah kondisi dimana tubuh dan pikiran sedang dalam keadaan yang tidak stabil secara bersamaan misalnya pada penderita kanker yang bertahun tahun tidak mengalami kesembuhan,  sehingga kondisi ini menimbulkan depresi . Pada situasi tertentu hiperventilasi dapat menjadi penyebab sesak nafas tiba tiba yang bisa mengancam jiwa seseorang.

9. Komplikasi diabetes

Komplikasi diabetes tipe 1 wajib diwaspadai karena dapat menimbulkan  keluhan kesehatan dalam bentuk lain akibat penyakit diabetes yang tidak kunjung sembuh salah satunya adalah melonjaknya kadar asam dalam darah dan urine. Keadaan ini bisa menjadi penyebab nafas sesak.

10. Obesitas

Penyebab obesitas tubuh kerab dihubungkan dengan kebiasaan dan gaya hidup yang buruk termasuk pada pola makan yang salah. Obesitas adalah kasus kegemukan yang sudah diluar batas kenormalan yang menyebabkan penumpukan lemak berlebih didalam tubuh. Lemak dapat melekat pada semua jarimgan tubuh termasuk pada sistem pernafasan bagian atas. Obesitas merupakan penyebab sesak nafas tiba tiba akibat gumpalan lemak yang menyumbat saluran pernafasan dan mendesak jaringan dada sehingga jantung tidak mampu berfungsi dengan maksimal.

11. Anemia

Gejala anemia dapat menjadi penyebab sesak nafas tiba tiba ketika pasokan sel darah merah sudah semakin berkurang didalam tubuh.  Sel sel darah merah yang sangat minim menyebabkan pasokan oksigen juga ikut menurun akibatnya mengagnggu kelancaran sistem pernafasan dan saluran pernafasan bagian atas.

12. Penyakit akibat merokok

Waspada pada macam macam penyakit akibat merokok , Salah satunya adalah munculnya penyakit paru obstruktif kronik. Penyakit paru obstruktif kronik adalah kerusakan paru paru akibat merokok yang telah dilakukan dalam jangka panjang. Penyakit ini ditandai dengan batuk batuk berkepanjangan dan menjadi penyebab sesak nafas tiba tiba yang berdampak pada kondisi  lemahnya fungsi paru paru.