Home Penyakit dan KelainanTBC 10 Ciri-Ciri Penyakit Flek Paru-Paru yang Penting Anda Ketahui

10 Ciri-Ciri Penyakit Flek Paru-Paru yang Penting Anda Ketahui

by Nur Wachid, S.Pd

Memiliki badan yang sehat tentu sudah menjadi impian setiap orang. Sebab badan yang sehat akan berpengaruh terhadap kesehatan yang lain. Namun jika sebaliknya jika badan tidak sehat hal ini juga berpengaruh mengganggu yang lainnya. Salah satu gangguan kesehatan tubuh adalah penyakit flek pada paru-paru. Penyakit ini merupakan gangguan pada sistem pernafasan. Paru-paru merupakan salah satu organ yang memiliki peran yang sangat penting. Ibarat motor adalah karburatornya, yang memberikan amunisi tubuh yang memberikan sebagian nyawa. Penyakit yang dalam ilmu dokter disebut dengan istilah tuberkulosis atau TBC, tentu penting menjadi perhatian. Agar tubuh tidak sampai terkena penyakit yang satu ini. Sebab jika sampai menyerang tubuh, dan kita biarkan lama efeknya sangat negatif. Akan menyerang organ lainnya. Untuk itu agar lebih tau lebih detailnya tidak ada salahnya kita mengetahui ciri-ciri penyakit ini dalam tubuh. Dengan begitu Anda bisa mendeteksinya dengan cepat, dan juga dengan cepat pula mengambil lagkah penyembuhannya. Berikut beberapa ciri yang dapat dijadikan penanda akan penyakit flek pada paru-paru.

  1. Munculnya Batuk Berdahak

Ciri pertama yang dapat dijadikan penanda akan adanya penyakit ini di dalam tubuh adalah munculnya batuk berdahak. Ciri ini yang secara umum muncul bagi mereka yang mengalami penyakit yang satu ini. Batuk berdahak ini muncul dikarenakan paru-paru mengalami iritasi pada bagian brokus. Namun yang perlu dipahami dengan ciri-ciri ini adalah bahwa batu berdahak tidak selalu sebagai tanda akan penyakit ini, masih ada tanda lain yang menyertai yakni sering ada dahak di tenggorokan yang berwarna kuning atau kehijauan. Untuk itu perlu memperhatikan ciri yang satu ini agar lebih cekatan dalam menghindarkan tubuh dari penyakit yang dapat mengganggu sistem kerja tubuh.

  1. Sesak Nafas

Ciri kedua yang tidak kalah penting dijadikan pemahaman adalah terjadinya sesak nafas. Meskipun penderita tidak memiliki riwayat asma. Hal ini yang sering dikeluhkan oleh penderita flek paru-paru. Sebab hal ini disebabkan karena bakteri myobacterium tuberculosis mulai menginfeksi paru-paru. Tepatnya di bagian selaput pembungkus paru-paru atau yang sering disebut dengan pleura. Infeksi ini yang kemudian akan mengakibatkan peradangan yang ada di paru-paru sehingga penderita akan mengalami sulit bernafas. Selain sulit, biasanya penderita akan mengalami sakit saat menarik nafas, karena adanya gesekan selaput pembungkus baru-paru saat menarik nafas dengan tulang rusuk serta dinding paru-paru.

  1. Nafsu Makan Menurun

Ciri ketika yang dapat dijadikan pemahaman untuk menanggulangi penyakit ini agar tidak menyerang tubuh terlalu lama adalah nafsu makan yang menurun. Penderita penyakit ini umumnya akan mengalami hal demikian. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi yang terjadi di dalam paru-paru yang berakibat menurunkan nafsu makan kepada penderitanya.

  1. Berat Badan Mengalami Penurunan

Ciri keempat yang bisa menjadi tanda akan adanya penyakit ini di dalam tubuh adalah berat badan mengalami penurunan. Ini dampak dari ciri yang ketiga, di aman penderita mengalami kehilangan nafsu makan, maka secara otomatis akan mengalami penurunan berat badan. Namun penurunan yang menjadi penanda kuat bagi penderita penyakit ini adalah penurunan secara drastis, penderita biasanya akan terlihat sangat kurus.

  1. Berkeringat Ketika Malam Hari

Ciri selanjutnya bagi penderita flek paru-paru adalah berkeringat ketika malam hari. Ini disebabkan dari pengaruh demam yang diderita oleh penderita penyakit ini, yang umumnya tidak hanya demam biasa melainkan diiringi dengan keringat ketika malam hari. Hal demikian yang selanjutnya akan mengganggu seseorang untuk tidur. Keluarnya keringat ini secara berlebihan, bahkan seperti ketika ia melakukan aktivitas berlebih.

  1. Batuk Berdarah

Selanjutnya yang tidak kalah penting dikenali sebagai ciri akan adanya penyakit flek paru-paru adalah batuk yang disertai dengan darah. Ciri ini yang penting menjadi perhatian yang serius. Sebab batuk yang disertai degan darah ini menandakan bahwa penyakit paru-paru yang dialami seseorang sudah mencapai taraf parah. Sehingga dapat melukai paru-paru. Darah yang dikeluarkan bersama batuk tersebut menandakan akan reaksi luka yang ada di dalam paru-paru. Untuk itu ketika seseorang sudah mengalami ciri demikian. Pemeriksaan dokter menjadi langkah baiknya.

  1. Melaise

Melaise atau yang dalam istilah medisnya mewakili keadaan ketidaknyamanan yang dialami seseorang yang ditandai dengan cepat lelah, menurunnya rasa semangat, lemas, tidak terlalu fit, dan merasa sakit. Ciri ini juga tidak kalah penting dijadikan perhatian khusu agar agar tidak berangsur mengganggu aktivitas tubuh dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.

  1. Munculnya rasa sakit di Dada

Sakit ini yang bisa menjadi ciri umum penderita flek paru-paru. Sakit ini disebabkan dari inveksi yang terjadi di paru-paru, dan ketika bernafas akan mengalami penekanan. Hal ini yang kemudian membuat rasa sakit yang luar biasa.

  1. Demam dengan Intensitas Lama

Demam yang dimunculkan oleh penderita penyakit ini biasanya disertai dengan meriang dengan waktu yang relatif lama. Bisa mencapai satu bulan bahkan lebih. Umumnya demam ini akan mencapai suhu di atas suhu  normal. Namun tidak semua demam bisa secara langsung bisa menjadi ciri flek paru-paru. Namun bisa juga menjadi bagiannya. Pemeriksaan dokterlah yang lebih jelas menentukan apa sebabnya.

  1. Batuk yang Lama

Selain demam, ciri

selanjutnya bagi penderita flek paru-paru adalah batuk yang lama. Batuk ini biasanya berlangsung mencapai dua minggu bahkan lebih. Batuk ini biasanya tidak mempan diobati dengan obat batuk biasa, sebab tidak mampu membunuh penyakit tuberkolosis.

You may also like