31 Tanda Adanya Parasit dalam Tubuh Manusia Patut Diwaspadai

Parasit merupakan sebuah makhluk hidup yang pada dasarnya memakai jaringan organisme lain untuk dijadikan sebagai tempat tinggal sekaligus sumber makanan. Parasit sangat dikhawatirkan karena saat ada di dalam tubuh manusia, maka parasit biasanya bakal merusak seluruh organ dan juga memakan nutrisi yang ada di dalam tubuh kita. Bagaimana kita tahu akan tanda adanya parasit dalam tubuh supaya mampu mencegah serta mengatasinya?

  1. Tubuh Kelelahan

Memang kelihatannya sebagian besar dari kita kelihatan begitu segar bugar dan tak ada masalah dengan kesehatan. Hanya saja ada kemungkinan bahwa kitalah yang tak sadar bahwa ada banyak parasit yang hidup di dalam tubuh, contohnya saja cacing.

Bila Anda merasakan bahwa tubuh cepat lelah, ini bisa saja berarti bahwa ada parasit yang memakan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda sehingga nutrisi yang seharusnya cukup bagi tubuh menjadi kurang. Tubuh akan kelelahan dengan mudah karena hal tersebut yang juga berakibat pada lemahnya tubuh.

  1. Masalah Suasana Hati/Mood

Suasana hati memang terkadang bisa bermasalah pada beberapa orang dan ternyata gangguan seperti ini bisa menjadi tanda adanya parasit di dalam tubuh kita. Contoh masalah mood atau suasana hati yang dimaksud di sini antara lain adalah:

  • Kecemasan berlebihan
  • Kegelisahan
  • Mudah bingung
  • Mudah lupa
  • Depresi
  1. Anemia

Tanda lainnya yang juga perlu untuk diwaspadai adalah timbulnya kondisi kekurangan zat besi sehingga berdampak pada munculnya anemia. Zat besi yang kurang bisa terjadi karena parasit yang tinggal di dalam tubuh bakal menyedot, menarik atau memakan segala nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh supaya bisa bekerja dengan maksimal.

  1. Gangguan Tidur

Ada banyak masalah gangguan tidur dan rupanya gangguan tidur ini bisa menjadi indikator adanya parasit di dalam tubuh. Sulit tidur pada umumnya terjadi ketika kita banyak mengonsumsi kafein atau terlalu banyak pikiran. Berikut ini adalah beberapa jenis masalah tidur yang dapat menandakan adanya parasit yang mengganggu di dalam tubuh.

  1. Masalah Kulit

Adanya parasit di dalam tubuh kita juga akan memicu beberapa hal yang berhubungan dengan kesehatan kulit. Parasit yang melakukan serangan di saluran pencernaan atau usus, maka akan terjadi peradangan di dalam tubuh sehingga berdampak pula pada kulit kita. Berikut adalah sejumlah masalah kulit yang kiranya tak disepelekan:

  • Muncul ruam
  • Kulit terasa gatal-gatal
  • Eksim
  • Kulit kering

Tampak seperti tanda atau gejala alergi memang, namun sebaiknya jangan abaikan atau menyepelekannya karena siapa tahu parasit makin menjadi-jadi di dalam tubuh dan memperburuk gejala gangguan kulit ini. Segera periksakan apabila selain dari gangguan kulit tersebut, Anda juga mengalami tanda lain adanya parasit.


  1. Nyeri Otot

Otot yang terasa nyeri bukan selalu berarti Anda mengalami bahaya olahraga yang berlebihan. Parasit tertentu yang bertahan hidup di dalam tubuh kita bisa melakukan serangan terhadap jaringan lunak, seperti halnya otot dan sendi. Rasa sakit dan iritasi pun dapat dialami pada otot Anda di mana sering dianggap sebagai kondisi arthritis padahal bukan. Contoh kondisi rasa sakit pada otot lainnya antara lain:

  • Mati rasa pada tangan
  • Mati rasa pada kaki
  • Kram otot
  • Rematik
  • Nyeri di bagian pusar

Parasit di dalam tubuh kita juga dapat mengeluarkan racun di mana racun ini cukup berbahaya memang. Racun inilah yang kemudian menjadi penyebab respons inflamasi atau peradangan di dalam tubuh yang memunculkan rasa nyeri. Segera periksakan bila Anda mencurigai bahwa nyeri pada otot disebabkan oleh faktor adanya parasit.

  1. Ketidakstabilan Berat Badan dan Nafsu Makan

Perubahan dadakan pada selera makan Anda bisa juga disebabkan oleh adanya parasit mengganggu dalam tubuh, khususnya nafsu makan yang meningkat. Pada beberapa kasus, hal ini tampak tak wajar karena saat nafsu makan meningkat, justru berat badan malah menurun. Waspadai adanya cacing kremi kutu atau cacing pita di dalam tubuh Anda karena rata-rata tanda seperti ini disebabkan oleh kedua jenis cacing tersebut.

  1. Sakit Perut

Masalah perut juga menjadi tanda yang umum disebabkan oleh parasit. Iritasi dan peradangan dapat dipicu oleh parasit yang tinggal di usus kecil bagian atas sehingga muncul kemudian gangguan pencernaan. Bagian produk limbah dapat juga terblokir untuk keluar dari tubuh yang akan menjadikan perut terasa sangat sakit karenanya, khususnya perut bagian atas.

  1. Diare Kronis

Peradangan dapat disebabkan oleh parasit kutu yang bersarang di usus kita di mana parasit ini pun akan membuat lapisan usus hancur dan mengakibatkan diare kronis. Sebelum diare kronis terjadi, rutinlah dalam men-screening parasit usus supaya mampu mencegah dengan baik.

  1. Gatal pada Area Anus

Tanda lainnya yang patut untuk diketahui adalah gatal-gatal pada daerah sekitar anus. Anal yang gatal bisa dikarenakan infeksi parasit, khususnya bila disebabkan oleh cacing kremi sehingga bagian dubur sering tak nyaman. Pada umumnya, gatal akan terjadi pada malam hari karena waktu itulah cacing kremi betina sedang bertelur.

  1. Masalah Reproduksi

Tanda lainnya bisa saja berkutat pada kesehatan reproduksi Anda. Berikut ini adalah kondisi-kondisi yang layak dicurigai sebagai ciri adanya parasit bersarang di dalam tubuh.

Hasil studi yang diterbitkan dalam Journal of Biology di tahun 2015 menyatakan bahwa screening parasit usus adalah hal yang perlu dilakukan secara rutin. Tujuannya adalah untuk membuat tingkat diagnostik diare parasit bisa meningkat. Dengan cara tersebut jugalah Anda bisa menjauhi tanda-tanda adanya parasit dalam tubuh.

, , ,
Post Date: Saturday 04th, November 2017 / 14:06 Oleh :
Kategori : Cacingan