6 Gejala Skizofrenia Ini Tidak Boleh Dianggap Sepele

155

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar penyakit gangguan mental skizofrenia? Ya, penyakit ini cukup ditakuti karena sulit sekali untuk disembuhkan. Selain itu, perilaku yang dilakukan penderitanya sangat aneh, karena mereka kerap merasakan sesuatu yang tidak nyata namun dirasakan sangat nyata. Imajinasi mereka yang berlebihan membuat kontrol diri menurun dan ini dapat menyebabkan komunikasi dengan orang lain terganggu. Karena itu, penting sekali untuk memahami gejala apa saja yang dapat terjadi pada para penderita skizofrenia, agar kita dapat mengantisipasinya.

1. Tidak Mau Berinteraksi

Penderita skizofrenia sangat sulit untuk membangun hubungan dengan orang lain, berkomunikasi atau melakukan interaksi apapun dengan orang lain. Mereka lebih memilih untuk menyendiri dan cenderung tidak peduli dengan keadaan di sekitar. Justru mereka dapat menjadi marah jika mereka dipaksa untuk diajak berinteraksi, meskipun dengan anggota keluarga terdekat.

2. Enggan Berbicara

Selain tidak mau berinteraksi, para penderita skizofrenia juga sangat tidak menyukai untuk berbicara pada orang lain. Mereka tidak akan mau untuk memulai percakapan terlebih dahulu, dan jika diajak berbicara suaranya akan terasa pelan sekali hingga lawan bicaranya kesulitan untuk memahami maksudnya. Saat Anda benar-benar ingin mengobrol dengan penderita skizofrenia, pilihlah waktu yang cocok dan santai untuk membuatnya merasa nyaman terlebih dahulu.

3. Sering Melakukan Pengrusakan

Meski sangat jarang sampai melukai orang lain, penderita skizofrenia dianggap senang merusak segala sesuatu, dimana ini justru dapat melukai dirinya. Perilaku agresi yang seringkali memicu emosinya tidak stabil sehingga si penderita lebih mudah emosi dan melampiaskannya pada benda di sekitarnya.

4. Mengalami Delusi dan Halusinasi

Akibat gangguan yang terjadi pada neurotransmiter pada otak, penderita skizofrenia pun kerap seperti berkhayal dan mengalami delusi atau halusinasi. Hal ini perlu segera diatasi karena saat ia terlalu terjerumus dalam imajinasinya maka akan semakin sulit untuk menyembuhkannya. Kondisi ini juga sangat mempengaruhi fungsi seluruh panca indera, jadi penderitanya sebisa mungkin ditemani agar tidak melakukan hal yang berbahaya.

5. Mengabaikan Kebersihan Diri

Semua orang ingin menjadi orang yang bertubuh bersih, namun ini tidak akan dipikirkan oleh penderita skizofrenia. Mereka yang menderita gangguan ini sangat kotor penampilannya dan terkesan mengabaikan kebersihan dirinya sendiri. Jadi tidak heran kalau penampilannya kurang rapi dan bersih, juga malas membereskan rumah dan anggota tubuhnya.

6. Tidak Mau Beraktivitas

Selain tidak mau berinteraksi dengan orang lain dan menghindari kontak mata dengan siapapun, penderita skizofrenia juga kerap malas dalam melakukan sesuatu, dan lebih banyak mengurung diri di kamar. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi produktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

Nah, sekarang sudah tahu kan mengenai fakta skizofrenia di atas. Dengan begitu Anda akan lebih memperhatikan setiap gejala yang ada dan lebih peka terhadap kondisi orang lain. Penderita skizofrenia membutuhkan dorongan dan bantuan yang lebih dari orang-orang di sekitarnya. Jadi, pahami gejala di atas dengan baik dan bantulah penderitanya untuk bisa lebih cepat sembuh.