Home Featured 9 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein yang Perlu Segera Diatasi

9 Tanda Tubuh Kelebihan Kafein yang Perlu Segera Diatasi

by Erlita

Banyak orang yang bisa sangat menikmati kopi serta teh tapi tidak tahu seberapa batas konsumsi normal dan wajarnya sehingga berlebihan. Padahal di dalam kopi maupun teh ada kandungan kafein yang tinggi di mana mengonsumsi keduanya berlebihan dapat membuat tubuh mendapat kelebihan kafein. Nah ini dia tanda-tanda tubuh kelebihan kafein yang perlu diketahui serta segera diatasi.

  1. Susah Tidur

Sulit tidur di malam hari atau bahkan sudah tidur tapi mudah terbangun, ada kemungkinan ini adalah efek dari kafein berlebih yang didapat oleh tubuh. Ketika asupan kafein sampai berlebih, akibatnya kualitas tidur jadi berkurang lho, maka jika sudah begini atasi dengan mengurangi minuman berkafein ya.

  1. Tubuh Lemas Menjelang Sore

Orang-orang yang punya kebiasaan minum kopi setiap pagi memang akan membuat tenaga meningkat dan bikin ngantuk hilang. Hanya saja saat siang hari menjelang sore, justru energi bisa menurun secara drastis sehingga di waktu-waktu itulah rasa lemas dan ngantuk mulai datang.

  1. Sakit Kepala

Kelebihan kafein juga dapat ditandai dengan rasa sakit kepala yang tiba-tiba timbul dan dirasakan usai menikmati kopi atau teh. Sakit kepala ini bisa jadi karena tekanan darah yang meningkat atau bisa juga sebagai efek dari rutin minum kopi yang kemudian berhenti meminumnya sama sekali.

  1. Mata Kedutan

Seringkali mata berkedut dihubung-hubungkan dengan mitos tertentu, padahal bisa saja lho mata kedutan karena asupan kafein berlebihan. Kafein mampu membuat hormon serotonin terlepas banyak bersama dengan noradrenalin di mana hormon-hormon ini akan menaikkan reaktivitas berlebih ke bagian saraf dan otot.

  1. Merasa Cemas

Cemas dalam kondisi genting itu biasa, namun ketika sedikit-sedikit merasa cemas, coba ingat-ingat lagi deh seberapa banyak asupan kafein hari ini. Karena kafein mampu menstimulasi kelenjar adrenal supaya hormon stres keluar lebih banyak, hal ini pun berpengaruh juga pada timbulnya rasa cemas dengan mudah.

  1. Jantung Berdebar

Jantung berdebar tak hanya terjadi di kala sedang berada di dekat seseorang yang kita suka atau di kala kita sedang marah saja. Hormon stres seperti adrenalin dapat terlepas lebih banyak karena efek kafein, maka inilah yang memicu detak jantung lebih keras dan bahkan terkadang tak teratur iramanya.

  1. Sakit Perut

Kelebihan kafein dapat pula menyebabkan perut sakit walau seringkali hal ini tidak disadari dan kerap dianggap sebagai efek makanan tertentu atau gejala PMS pada wanita. Padahal sebenarnya, minum kopi pun bisa jadi alasan sakit perut seperti rasa mulas yang cukup mengganggu.

  1. Diare

Selain sakit perut, ada pula yang sampai mengalami diare sebagai tanda bahwa tubuh memperoleh kelebihan kafein. Perlu diketahui bahwa kopi atau minuman berkafein lainnya mampu membuat pencernaan lebih lancar karena ada zat diuretik atau zat pencahar; jadi kalau dikonsumsi berlebih, hati-hati diare bisa terjadi lho.

  1. Kenaikan Asam Lambung

Di dalam kopi ataupun teh ada senyawa tertentu yang akan membuat sekresi asam lambung terangsang yang berujung pada peningkatan asam lambung. Biasanya, asam lambung naik akan ditandai dengan rasa sakit di bagian perut atas, dada nyeri, mual dan muntah, hingga sering bersendawa.

Itulah dia beberapa tanda tubuh kelebihan kafein dan kita perlu segera mengatasinya agar tak makin berlebih. Sebagai solusi, cobalah mengurangi konsumsi kafein pelan-pelan sambil juga memerhatikan asupan makanan harian kita. Selalu nikmati kopi atau teh dengan kadar yang cukup dan aman agar kafein tidak menjadi berlebihan di dalam tubuh.

You may also like