Home Penyakit dan KelainanBatuk Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh pada Anak : Penyebab, Bahaya dan Cara Mengatasi

Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh pada Anak : Penyebab, Bahaya dan Cara Mengatasi

by Lia Yuliana

Taukah kamu mengapa batuk sering sekali menyerang sesorang apalagi ketika terdapat perubahan musim yang sangat signifikan ? hal ini dikarenakan ketika seroang mengalami perubahan musim maka sistem kekebalan tubuh mereka juga harus segera menyesuaikan dengan lingkungannya. Jika tubuh tidak mampu menyesuaikan dirinya dengan perubahan lingkuangan maka dapat menyebabkan berabagi penyakit baik itu demam, sakit kepala, asma, maupun batuk.

Pada dasarnya terdapat beberapa jenis batuk pada manusia, seperti batuk kering, batuk biasa maupun batuk berdahak. Kadang kala seseorang mengalami batuk berdahak sering sulit untuk sembuh atau biasa disebut dengan batuk berkepanjangan.

Batuk berdahak tak kunjung sembuh pada anak atau batuk berkepanjanan ini tentu disebabkan oleh berbagai hal. Dan setiap batuk berdahak tak kunjung sembuh ini memiliki bahaya sesuai penyebabnya dan tentu ada cara untuk mengatasinya.

Maka dari itu disini kami akan memberikan informasi mengenai penyebab mengapa batuk berdahak tak kunjung sembuh pada anak dan apa bahya yang ditimbulkan serta bagaimana cara mengatasinya satu persatu agar lebih jelas. Adapun penyebab, bahaya dan cara mengatasi batuk berdayak tak kunjung sembuh pada anak meliputi

Penyebab dan Bahaya Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh pada Anak

1. Disebabkan oleh Flu

Salah satu penyebab yang sering terjadi sebelum batuk adalah virus penyebab flu, biasanya virus penyebab Flu ini akan membuat batuk berdahak menjadi berkepanjangan apabila virus peyebab flu tersebut tidak segera di atasi. Hal ini tentu dapat menimbulkan bahaya seperti flu berkepanjangan. Tentu hal ini akan membuat penderitanya menderita.

2. Batuk Rejan

Salah satu penyebab mengapa batuk tidak kunjung sembuh ini dapat disebakan karena adanya atau menderita batuk rejan. Batuk rejan merupakans alah satu penyakit batuk yang disebabkan virus atau bakteri, sehingga batuk ini sangat mungkin untuk menular. Untuk anak tentu batuk rejan ini sangat berbahaya. Sehingga menyebabkan batuk menjadi berkepanjangan

3. Penyakit Asma

Salah satu penyakit yang juga menyebabkan batuk berkepanjangan adalah asma karena penyakit asma ini biasanya menyerang bagian dada sehingga dada merasa tertekan dan membuat penderitanya sering mengalami batuk. Selama asma tidak kunjug sembuh tentu batuk tidak akan akan kunjjung sembuh. Apalagi bila itu bagi anak.

4. Alergi Dingin

Seorang yang menderita alergi dengin tentu akan mengalami batuk berkepanjangan pula apabila alergi dingin tidak segera di atasi. Alergi dingin ini hampir sama seperti asma karena ia menyerang bagian dada. Sehingga dapat menyebabkan batuk pada seseorang. Maka dari itu ketika alergi dingin ini mulai menyerang harus segera di atasi dengan benar. Agar tidak mengakibatkan penyakit yang lebih parah lagi seperti angin duduk. 

5. Bronkitis

Brotikis merupakan salah satu penyakit akibat adanya infeksi pada saluran pernafasan yang dimana hal ini akan menyebabkan batuk baik itu batuk berdahak maupun batuk biasa. Bronktiits lebeih sering disebabkan karena adanya infeksi virus pada saluran pernafasan sehinga membuat pernafasan terganggu dan menyebabkan batuk. Tidak hanya virus saja tetapi beberapa bakteri juga dapat menyebabkan bronkitis.

6. TBC

TBC merupakan salah satu jenis batuk yang mengeluarkan dahak berupa darah. Biasanya TBC ini merupakan salah satu penyakit batuk yang berbahaya dan membutuhkan penanganan serius. Tentu jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius lagi. 

7. Rinitas Alergi

Rinitas Alergi merupakan kondisi dimana tenggorokan selalu merasa gatal dan sering keluar cairan pada hidung atau biasa disebut dengan ingusan. Penyakit ini tentu disebabkan karena adanya alergi pada saluaran tenggorokan sehingga menyebabkan tenggorokan menjadi gatal. Hal ini lah yang membuat batuk terjadi

Cara mengatasi Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh Pada Anak

Untuk mentasi batuk berdahak yant tak kunjug sembuh pada anak ini tentu harus mengatahui penyebabnya terlebih dahulu. Cara terbaik untuk mengatasi berbagai penyakit adalah mengetahui penyebab dari penyakit tersebut. Maka dari itu pada cara mengasi ini akan dibahas sesuai penyebab yang telah di uraikan diatas

1. Flu

Untuk mengatasi penyakit batuk berdahak tak kunjung sembuh yang diakibatkan karena virus flu adalah dengan cara menghindari makanan yang menyebabkan flu seperti makanan dingin.

2. Batuk Rejan

Untuk mengatasi batuk tak kunjung sembuh karena batuk rejan dapat diatasi dengan memberikan vaksin atau antibiotik, karena batuk rejan merupakan batuk yang menular. Jadi agar tidak tertular maka perlu diberikan vaksin atau antibiotik. Selain agar tidak tertular, untuk mereka yang mengalami batuk rejan ini berfungsi untuk menurunkan gejala batuk rejan.

3. Asma

Untuk mengatasi penyakit batuk berkepanjangan pada anak yang disebabkan karena menderita penyakit asma adalah dengan cara berkonsultasi dengan dokter. Agar dokter dapat melakukan serangkaian tes yang digunakan untuk mengatahui jenis asma. Atau dapat pula menggunakan beberapa obat herbal seperti daun kelor dan dedaunan herbal lain yang baik untuk asma.

4. Alergi dingin

Untuk mengatasi batuk yang disebabkan karena alergi dingin maka perlu penanganan yang cukup khusus. Karena ini disebabkan karena alergi tentu hal yang pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan alergi dingin tersebut atau mengantisipasi agar alergi dingin tidak terus menyerang. Sepeti dengan cara menggunakan pakaian hangat ketika malam hari.

5. Bronkitis

Untuk mengatasi batuk akibat bronkitis  adalah dengan tidak mengkonsumsi makanan berminyak, makanan manis dan konsumsi obat secara rutin. Obat yang dikonsumsi bisa obat yang dianjurkan oleh dokter ataupu obat herbal buatan sediri.

6. TBC

Untuk mengatasi batuk akibat penyakit TBC perlu penangan yang serius, karena TBC merupakan penyakit batuk yang cukup serius dan biasanya durasi waktunya sangat lama. Untuk itu dalam pemberantasan batuk TBC harus mengetahui peyebabab batuk TBC dan membasmi virus penyebab TBC. 

7. Rinitas Alergi

Untuk mengatasi batuk yang disebabkan karena rinitas alergi pada tenggorokan maka cara megatasinya adalah dengan menghindari makanan yang dapat menyebabkan tenggorokan terganggu. Dengan demikian akan dapat membantu agar rinitas alergi pada tenggorokan berkurang.

Itulah beberapa pembahasan mengenai batuk berdahak tak kunjung sembuh pada anak mulai dari penyebab, bahaya dan juga cara mengaasinya. Semoga hal ini akan membantu anda apabila anak mengalami batuk berkepanjangan. Yaitu mengatahui bagaimana pengobatannya sesuai dengan penyebab yang terjadi pada penderitanya.

You may also like